social media ads

9 Tips Membuat Social Media Ads yang Efektif

elajari cara membuat social media ads yang memikat konsumen dengan strategi yang tepat dan visual yang menarik.

Promosi melalui media iklan menjadi salah satu strategi marketing yang telah digunakan banyak orang, baik secara tradisional atau modern.

Hal ini dilakukan mengingat promosi melalui iklan menjadi salah satu cara efektif untuk mengenalkan produk kepada target konsumen dengan visual dan tulisan yang mudah dipahami.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini strategi beriklan tidka hanya dilakukan menggunakan baliho atau membagikan flyer di pinggir jalan.

Namun, mulai merambah dunia digital melalui social media, seperti Instagram ads, Facebook ads, Tiktok ads, dan masih banyak lagi.

Strategi ini dilakukan mengingat banyak orang yang mengakses social media setiap hari dari pagi hingga malam.

Di tambah lagi, marketer bisa mengatur budget iklan yang ditayangkan, mulai dari durasi penayangan, target penonton, hingga jenis iklan yang disajikan.

Sehingga tidak mengherankan mulai banyak brand besar atau sedang berkembang berbondong-bondong untuk memulai promosi melalui social media ads.

Namun, sebelum menggunakan social media ads untuk pertama kali maka ketahui dulu langkah-langkah membuat iklan digital yang mudah dan efektif.

ketahui tujuan membuat social media ads

Ketahui Tujuan Membuat Iklan 

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum membuat social media ads adalah mengetahui tujuan iklan yang ingin ditayangkan.

Hal ini dilakukan mengingat anda bisa melakukan berbagai kegiatan promosi di social media, seperti meningkatkan brand awareness, mempromosikan event atau acara yang akan dilakukan, atau mempromosikan produk baru yang telah diluncurkan.

Di samping itu, tujuan iklan juga akan menentukan foto produk yang akan digunakan serta isi caption yang akan dibuat untuk memikat konsumen.

aYjk4Q0SAWydnejjiDBj

Seperti yang dilakukan oleh brand pakaian @erigostore yang mempromosikan produk yang dimiliki menggunakan media instagram ads.

Iklan satu ini menggunakan fitur carousel yang menampilkan banyak gambar produk sekaligus serta mencantumkan link produk yang bisa diakses apabila konsumen tertarik pada produk yang dipromosikan serta diskon yang diberikan.

Penggunaan social media ads sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan produk terbaru, namun juga memberikan keuntungan bagi akun social media yang anda miliki dengan membuat campaign yang dapat meningkatkan jumlah pengikut, menarik konsumen ke halaman website atau akun social commerce yang anda miliki.

Sehingga marketer perlu mengetahui jenis audience yang akan dituju, mengingat setiap social media memiliki konsumen yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya Tiktok yang dikelilingi dengan pengguna anak muda yang menyukai tantangan atau komedi tertentu atau Instagram yang menjangkau kalangan usia 20-30 tahun yang menyukai konten yang estetik.

Karenanya anda juga perlu memikirkan anda perlu memikirkan platform social yang menjadi tempat berkumpulnya calon konsumen anda, sekaligus campaign, format iklan, desain, serta konsep yang tepat.

Contohnya jika tujuan dari iklan adalah meningkatkan penjualan produk dan mengetahui konsumen di Instagram menyukai kegiatan belanja di marketplace, maka anda bisa menggunakan strategi seperti yang dilakukan oleh Erigostore untuk mempromosikan akun marketplace yang anda miliki.

Pastikan juga anda memikirkan desain yang akan digunakan dan fokus pada pengambilan foto produk sehingga penonton iklan anda semakin tertarik untuk mulai belanja di akun marketplace tersebut.

Di sisi lain, jika tujuan anda ingin mempromosikan sebuah video edukai dari layanan yang anda miliki, maka anda bisa membuat iklan yang sesuai dengan konten edukasi anda, dan tentunya memberikan cuplikan dari pembelajaran yang akan anda berikan ke konsumen, sehingga mereka lebih tertarik untuk membeli.

Dengan mengetahui tujuan promosi di social media ads maka akan membantu anda dalam membuat desain iklan yang sesuai.

ketahui target audience yang dituju

Ketahui Target Audience yang Dituju 

Seperti yang telah disebutuhkan sebelumnya, memilih platform social media yang tepat akan membantu untuk promosi social media ads yang efektif.

Selain itu, biasanya kelompok konsumen akan berkumpul di social media yang berbeda, tergantung dari jenis konten yang disukai serta tempat dimana teman seumurannya berkumpul

Pengetahuan mengenai target audience juga penting dipahami agar anda bisa membuat jenis konten yang disukai oleh calon konsumen, sehingga social media ads lebih mudah diterima.

innisfree indonesia

Salah satunya yang dilakukan oleh brand kecantikan @innisfreeindonesia yang mempromosikan akun marketplace yang dimiliki melalui layanan instagram ads.

Pemilihan instagram sebagai media promosi juga dilakukan mengingat sebagian besar target audience innisfree yang berasal dari kalangan wanita juga banyak menggunakan Instagram sebagai salah satu social emdia utama. 

Di sisi lain, dengan mengetahui target audience yang dituju juga akan membantu anda dalam memilih influencer yang akan diajakan kolaborasi promosi produk tertentu.

Sehingga promosi menjadi lebih efektif dan menjangkau lebih banyak target audience yang memiliki minat yang sama.

Proses memilih target audience di social media juga cukup mudah, anda bisa memulai dengan mengetahui target usia konsumen yang ingin membeli produk anda.

Setelah itu, anda bisa mulai memilih social media yang biasa mereka gunakan untuk promosi melalui social media ads.

tentukan jenis iklan yang ingin digunakan

Tentukan Jenis Iklan yang Ingin Anda Gunakan 

Saat pertama kali mencoba menggunakan social media ads, marketer mungkin akan merasakan kebingungan dalam memilih jenis iklan yang sesuai.

Hal ini dikarenakan berbagai social media ads memikiki format yang berbeda-beda yang bisa digunakan untuk menarik audience.

Contohnya Instagram yang menggunakan jenis promosi berupa foto dan video pendek atau Twitter yang mengandalkan iklan berupa tulisan.

Apakah anda ingin membuat iklan video, instagram story, atau konten carousel? atau anda ingin mencoba mempromosikan konten yang telah anda unggah?

Karenanya penting bagi anda untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh konsumen anda agar promosi social media ads menjadi lebih efektif.

Guna mengetahui jenis konten yang tepat dan biasa dilihat oleh target audience, maka anda bisa memulai dengan melakukan analisa melalui layanan insight di akun business.

Analisa ini dilakukan untuk melihat jenis konten yang biasa dilihat oleh pengikut anda dan mungkin juga ditonton oleh target audience yang lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempelajari penyampaian yang disukai oleh konsumen anda, sehingga bisa digunakan untuk promosi yang lebih kreatif.

Agar konten promosi yang anda lakukan menjadi lebih efektif, maka anda bisa menggunakan dua format iklan di konten yang berbeda.

Contohnya adalah menggunakan format video untuk konten instagram story ads serta tiktok ads.

Hal ini dilakukan agar anda lebih menghemat waktu dalam membuat konten social media ads untuk platform yang berbeda.

iklan podcast spotify

Penggunaan jenis iklan yang tepat untuk promosi juga dilakukan oleh brand streaming lagu Spotify, dimana layanan ini mempromosikan podcast terbarunya melalui Twitter.

Platform Twitter sendiri dipilih mengingat social media ini digandrungi oleh anak muda yang suka mencari informasi terbaru di Twitter.

Tidak hanya itu, layanan podcast ini juga memiliki target konsumen yang sama, sehingga sesuai dengan tujuan promosi yang dilakukan.

pilih jenis promosi social media ads yang efektif

Pilih Jenis Promosi Social Media Ads yang Efektif

Jenis konten social media ads yang beragam serta pilihan harga iklan sesuai durasi yang lebih murah, mungkin saja membuat marketer akhirnya merasa gelap mata dengan memilih jenis iklan yang beragam namun tidak efektif.

Sehingga penting bagi marketer untuk memilih jenis promosi yang tepat untuk menghemat budget yang anda miliki.

Karenanya dalam melakukan promosi melalui social media ads, anda juga perlu memilih untuk meningkatkan engagement atau impresi.

Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tujuan yang berbeda dengan jenis iklan yang tidak sama.

Apabila anda ingin membayar social media ads untuk setiap orang yang melihat iklan anda, maka pesan anda dapat menyebar lebih luas.

Meskipun begitu, promosi satu ini akan membuka peluang untuk menghabiskan budget social media ads yang lebih besar.

Namun, jika anda ingin menghemat budget iklan yang efektif, maka anda bisa memilih jenis iklan engagement, dimana anda akan membayar target konsumen yang menyukai produk anda,

Meskipun begitu, penggunaan iklan untuk menarik engagement ini juga lebih rumit karena anda perlu mengetahui jenis target konsumen yang akan anda tuju berdasarkan lokasi, gender, serta usia.

Perbedaan dua jenis campaign iklan ini tentunya berguna bagi brand anda, sehingga marketer perlu memilih tujuan yang tepat agar bisa bersanding dengan tujuan promosi serta anda hanya membayar untuk hasil iklan yang anda inginkan.

3mYdSLaIQIeJJqHDnvtB

Penggunaan jenis iklan untuk meningkatkan engagement konsumen juga dilakukan oleh brand kecantikan @wardahofficial yang menggunakan layanan tiktok ads untuk menjangkau konsumennya.

Dengan jenis iklan yang tepat serta konten video yang menarik menjadikannya konsumennya tertarik untuk melakukan interaksi sehingga membuat tujuan promosi menjadi lebih berhasil.

Pemilihan jenis konten yang tepat juga dapat membantu menyukseskan starategi promosi yang anda lakukan.

Contohnya apabila anda mempromosikan konten edukasi yang telah anda unggah, maka akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang dapat menaikkan interaksi, karena anda telah menyasar jenis konsumen yang sesuai sebelumnya.

Gunakan Konten Video Sebagai Media Promosi

Gunakan Konten Video Sebagai Media Promosi

Beberapa tahun lalu, konten foto mungkin menjadi konten promosi yang disukai oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan konten tersebut menyajikan tampilan yang menarik sehingga membuat konsumen tertarik pada iklan yang ditayangkan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan konten foto semakin menurun dan digantikan oleh konten video.

Perubahan tren ini terjadi dikarenakan naiknya popularitas dari platform Tiktok sehingga semakin banyak social media yang berbondong-bondong membuat jenis konten yang sama.

Beberapa diantaranya adalah Instagram dengan reels serta Youtube dengan fitur shortsnya.

Munculnya berbagai jenis konten baru ini juga membuat pengguna social media tertarik untuk menggunakannya untuk media ekspresi diri atau mempromosikan produk yang dimiliki.

@thenblank

Salah satunya yang dilakukan oleh brand baju @thenblank yang mempromosikan produknya melalui layanan instagram reels untuk menjangkau lebih banyak target konsumen.

Di sisi lain, penggunaan konten video sebagai media promosi juga membantu kreator membebaskan sisi kreatifnya untuk menghasilkan konten promosi yang menarik untuk dilihat oleh konsumen.

Hal ini juga di dukung oleh fakta dari website Hubspot yang menyatakan bahwa sebanyak 54% pengguna social media lebih menyukai konten video dibandingkan format lainnya, ditambah lagi konten tersebut juga mampu meningkatkan impresi hingga 1200% lebih tinggi dibandingkan jenis konten lainnya.

Sehingga menginvestasikan waktu untuk membuat konten video di social media ads menjadi salah satu langkah yang bisa anda gunakan.

Salah satu jenis fitur video ads yang bisa anda gunakan adalah layanan story yang disediakan oleh Instagram.

Dimana dengan durasi yang pendek anda bisa membagikan informasi mengenai produk atau promosi yang anda lakukan.

website semrush

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh brand pengembangan website @semrush yang melakukan promosi melalui konten instagram story.

Sehingga bisa dilihat oleh konsumen yang telah mengenal produk mereka namun belum menggunakan layanannya sama sekali.

Di sisi lain, penggunaan konten video sebagai social media ads juga tidak hanya digunakan di platform Instagram atau Tiktok, namun juga bisa dipakai di Twitter yang terkenal akan konten tulisannya.

Penggunaan konten video di Twitter bisa meningkatkan interaksi 10x lebih banyak dibandingkan konten tweet biasa.

Tambahan lainnya adalah, melakukan promosi tweet menggunakan video juga bisa menghemat budget social media ads, sehingga bisa anda gunakan untuk promosi lainnya di masa yang akan datang.

Jadi dimanapun social media yang akan anda gunakan, maka menggunakan konten video bisa menjadi promosi strategis yang mampu memikat banyak orang.

buat iklan yang mudah diakses di handphone

Buat Iklan yang Mudah Diakses di Handphone

Saat sedang berkerumun menunggu kedatangan bis atau tengah berkumpul bersama teman-teman, biasanya salah satu kegiatan yang mudah anda temui adalah mengakses social media di handphone.

Kegiatan ini dilakukan mengingat berbagai aplikasi social media sudah bisa diakses melalui handphone, sehingga banyak orang yang mudah mengakses akun social media mereka dimana saja dan kapan saja asal memiliki handphone di tangan.

Fakta ini juga di dukung oleh penelitian dari Datareportal yang menyatakan sebanyak 3.25 miliar orang mengakses social media melalui handphone dibandingkan platform lainnya.

Di samping itu, penggunaan handphone dengan spesifikasi yang bagus juga akan memudahkan seseorang untuk membuat konten social media yang keren.

Kebiasaan ini juga bisa menjadi catatan bagi kreator untuk membuat konten iklan yang mudah dilihat di handphone.

Hal ini dilakukan agar konten yang dibuat tidak terpotong sehingga menyulitkan penonton untuk memahami pesan yang ingin anda sampaikan serta membuat iklan menjadi lebih efektif.

Kreator juga perlu mematsikan bahwa konten social media anda dibuat untuk layar yang kecil sehingga mudah dibaca oleh target audience, kecuali anda memang membuat iklan untuk pengguna dekstop.

instagram @in.jisoo

Penggunaan format iklan yang tepat juga digunakan oleh brand baju bayi @in.jisoo yang menggunakan jenis iklan carousel untuk mempromosikan akun instagram yang dimiliki.

Dengan penggunaan foto produk yang beragam juga membuat konsumen dapat melihat jenis barang yang ditawarkan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti akun instagram serta membeli produk yang ditawarkan.

gunakan branding yang konsisten di social media ads

Gunakan Branding yang Konsisten di Social Media Ads

Berbagai jenis iklan yang anda tayangkan di social media tidak akan memberikan hasil yang terbaik apabila tidak terikat pada brand yang anda miliki.

Hal ini dikarenakan audience anda membutuhkan kehadiran visual yang konsisten sehingga mereka bisa mengenali identitas brand anda saat membuka berbagai aplikasi social media

Sehingga untuk memberikan tampilan yang konsisten, maka setiap postingan anda perlu menampilkan ciri khas dari brand yang anda miliki, baik berupa warna atau caption yang biasa anda gunakan di konten social media.

Anda juga bisa mencantumkan watermark logo di setiap iklan yang anda tayangkan atau menggunakan pilihan warna serta font yang biasa anda cantumkan di postingan social media.

Hal ini juga dilakukan oleh akun brand peralatan makan bayi @farlin.indonesia yang menggunakan watermark berupa logo produk serta foto produk yang mendukung promosi tersebut.

CbR8cUgnQVKAuYG12dfJ

Tidak hanya itu, saat anda mengunjungi akun social media brand tersebut maka anda juga akan menemukan berbagai postingan yang menggunakan jenis konten yang sama.

Hal ini akan memudahkan pengikut akun tersebut untuk mengidentifikasi jenis iklan yang diberikan, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk atau mengunjungi akun instagram profil tersebut.

Meskipun begitu, anda juga bisa membuat iklan yang memiliki tampilan yang berbeda dengan konten instagram anda namun memiliki tampilan yang hampir mirip dengan brand yang anda usung.

C7R00tqFRgmaJLovL0Sw

Agar anda mampu menampilkan konten iklan yang lebih baik, maka anda bisa menggunakan website Adobe Express untuk memastikan iklan anda sesuai dengan brand yang anda usung.

website Spark

Anda juga bisa menggunakan website Sparkbrand untuk menghasilkan logo, font, dan merk yang menarik dan secata otomatis menerapkan identitas brand anda ke template iklan apapun.

uji coba iklan social media

Uji Coba Iklan Social Media

Berbagai format iklan yang dimiliki social media ads tentunya menguntungkan bagi kreator untuk membuat tampilan iklan yang memikat konsumen.

Meskipun begitu, tidak semua jenis iklan bisa anda gunakan untuk promosi, mengingat biasanya target konsumen hanya menyukai beberapa jenis konten saja.

Karenanya untuk mengetahui jenis konten iklan yang disukai oleh konsumen, maka beberapa strategi berikut bisa anda gunakan.

Pertama, adalah mengecek jenis konten social media yang mendapatkan metrik engagment dan impression yang lebih banyak dibadingkan postingan lainnya.

Dimana anda bisa mengeceknya dengan melakukan analisa melalui fitur insight yang hanya tersedia akun business.

Kedua, jika anda telah menemukan jenis konten yang mendapatkan hasil yang anda inginkan, maka anda bisa menggunakannya untuk konten iklan awal guna mengetes hasil yang akan di dapatkan setelahnya.

Ketiga, apabila sebuah social media mulai meluncurkan fitur iklan terbaru maka anda bisa menggunakannya sebagai media iklan, hal ini dilakukan mengingat biasanya konsumen akan penasaran pada promosi yang dilakukan serta platform tersebut juga akan menaikkan jenis konten iklan tersebut ke konsumen yang lebih sesuai.

Keempat, sesekali anda juga bisa menggunakan format iklan lain untuk campaign yang berbeda, untuk memberikan informasi yang lebih mudah dipahami serta hasil yang memuaskan.

Anda bisa memulai mengujinya dengan mengetes pada jumlah audience yang lebih sedikit agar menghemat pengeluaran serta melihat hasil yang di dapatkan.

Kelima, setelah semua jenis iklan sudah anda gunakan, maka anda bisa melihat hasil yang di dapatkan setelah periode waktu tertentu dan digunakan sebagai variasi iklan yang lebih menarik.

gunakan caption yang menarik

Gunakan Caption yang Menarik

Meskipun visual menjadi daya tarik utama dalam konten social media ads, namun anda juga perlu memastikan menggunakan caption yang menarik.

Hal ini dilakukan mengingat penonton juga membaca informasi yang anda sampaikan untuk memahami promosi yang anda lakukan serta penawaran yang diberikan.

Di sisi lain, beberapa fitur social media ads seperti Instagram story ads atau tiktok ads juga memberikan keleluasaaan bagi penggunaanya untuk mencantumkan caption di konten iklan.

Sehingga memudahkan konsumen untuk memahami isi konten yang diberikan serta tertarik untuk melihat social media ads tersebut.

Karenanya penting bagi kreator untuk memilih jenis font yang mudah dibaca serta warna yang sesuai agar tidak menabrak foto background yang digunakan.

Sumber :

https://later.com/blog/create-social-media-ads/

https://www.socialmediaexaminer.com/create-social-media-ads-that-stand-out/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.