fitur youtube

12 Fitur Youtube Untuk Menambah Viewers Youtube

Tingkatkan jumlah penonton secara signifikan menggunakan fitur youtube yang sesuai.

Youtube telah menjadi tempat bagi banyak kreator untuk menyalurkan kreatifitasnya melalui unggahan konten video yang menarik dan di tonton oleh banyak orang.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda menemukan variasi video yang beraneka ragam sesuai dengan topik yang anda inginkan.

Di sisi lain, jumlah kreator yang sangat banyak menjadikan youtuber pemula kesulitan untuk menambah jumlah penonton karena persaingan yang cukup sengit.

Namun, masalah tersebut bisa diatasi melalui berbagai macam fitur youtube yang dapat membantu meningkatkan jumlah viewers secara stabil dan gratis.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi fitur youtube penambah viewers yang bisa digunakan oleh kreator.

fitur youtube playlist

Youtube Playlist

Guna menjangkau audience yang lebih luas dan pengikut yang lebih banyak, tentunya seorang kreator tidak hanya mengunggah sebuah video, namun berbagai konten dengan topik yang variatif.

Sehingga saat pengguna youtube menemukan channel anda, maka mereka juga akan menemukan berbagai konten yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Di sisi lain, banyaknya video yang diunggah dan tidak terorganisir dengan baik juga akan membuat penonton merasa bingung untuk menentukan konten video yang sesuai keinginannya.

Karenanya penting bagi kreator untuk membuat youtube playlist guna mengumpulkan berbagai video yang memiliki topik khusus.

Youtube playlist juga memiliki kekuatannya sendiri dimana banyak orang yang menemukan bahwa fitur youtube ini membantu untuk memilah dan memilah konten video yang sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya penonton hari ini ingin melihat video mendaki gunung dan besoknya ingin melihat video petualangan ke hutan, semua keinginan tersebut lebih mudah dipenuhi dengan menemukan konten yang sesuai di fitur youtube playlist.

Cara kerja fitur youtube playlist sendiri mengumpulkan berbagai macam video yang memiliki kaitan dengan topik dan tema tertentu, kemudian saat penonton selesai menonton sebuah video, maka mereka akan direkomendasikan konten lain dari playlist yang sama.

Rekomendasi video dari playlist yang sama ini akan membantu meningkatkan jumlah penonton dari konten lain yang belum pernah dilihat oleh penonton sebelumnya.

Selain itu, penonton juga lebih mudah melihat episode selanjutnya dari konten video yang telah dilihat sebelumnya, sehingga saling bersambung satu sama lain.

Youtube playlist sendiri bisa ditemukan dalam dua cara, yakni masuk ke halaman profil youtube kreator dan mencari konten yang sekiranya sesuai dengan minat atau pengguna dapat berkunjung youtube playlist untuk menemukan berbagai koleksi video yang dikumpulkan dalam satu tempat khusus.

Agar youtube playlist menjadi lebih menarik, maka anda bisa membuat kolom khusus yang berisi tutorial khusus, sehingga terlihat seperti video episode yang saling bersambungan satu sama lain.

Strategi ini akan membantu penonton akan melihat video anda secara berurutan sehingga dapat meningkatkan jumlah viewers yang sama dan membuat mereka tidak berhenti menontonnya sampai video terakhir.

socialmediamarketer

Cara ini juga dilakukan oleh akun youtube Socialmediamarketer yang membuat youtube playlist berdasarkan topik khusus yang membuat penonton tertarik untuk melihat serangkaian video yang diberikan.

youtube end screen

Youtube End Screen

Saat selesai melihat sebuah video youtube, maka penonton biasanya akan mendapatkan rekomendasi video lain dari kreator yang sama atau topik yang berbeda.

Rekomendasi ini akan membuat penonton betah berlama-lama melihat berbagai video yang disajikan oleh Youtube.

Penggunaan fitur youtube end screen ini juga membantu untuk meningkatkan jumlah penonton secara signifikan dan membuat penonton tertarik melihat video lain dari kreator yang berbeda.

Agar fitur youtube end screen semakin efektif maka anda bisa memberikan jeda sekitar 10 detik untuk memberi waktu bagi penonton untuk menentukan melihat video tersebut atau beralih ke konten lainnya.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten youtube yang saling bersambungan satu sama lain, sehingga anda bisa merekomendasikan video di youtube end screen untuk meningkatkan jumlah penonton.

youtube brand watermark

Youtube Brand Watermark

Kemudahan dalam mengunduh video youtube terkadang membuat kreator khawatir videonya dicuru oleh orang lain dan diunggah ke aplikasi lain.

Apalagi jika video tersebut berasal dari kreator yang belu diketahui banyak orang, tentunya akan semakin sulit di deteksi oleh pengguna youtube lainnya.

Karenanya penting bagi kreator untuk memasang tanda air di setiap video yang diunggah agar tidak mudah dicuri oleh orang lain.

Proses pembuatan youtube brand watermark juga cukup mudah, anda bisa mengambil logo gratis di website penyedia foto gratis, sehingga bisa dipasang di konten video yang anda miliki.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan logo brand dan kreator yang dimiliki sebagai penanda sendiri yang tidak bisa ditiru oleh orang lain.

Pembuatan logo brand juga cukup mudah, bahkan anda bisa menggunakan template yang disediakan oleh aplikasi atau website edit video gratis yang tersedia di internet.

Pastikan juga untuk menggunakan logo transparan di video sehingga tidak menggangu penonton saat melihat video yang disajikan.

Namun, berian juga warna-warna yang cerah untuk menarik perhatian penonton melalui logo yang dimiliki.

Keuntungan lainnya dari menggunakan youtube brand watermark adalah memancing penonton untuk mengikuti channel youtube yang dimiliki sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah viewers.

Caranya adalah dengan membuat logo video dengan ukuran kecil dan menyerupai ikon Youtube, sehingga membuat penonton tidak menyadari untuk melakukan klik pada ikon tersebut dan membuat mereka masuk ke halaman profil youtube.

Selain itu, anda juga memerlukan strategi khusu peletakan youtube brand watermark agar video anda memancing lebih banyak penonton dan pengikut.

Pertama adalah meletakkan youtube brand watermark di video sejak detik pertama hingga akhir video, namun pastikan untuk tidak mengganggu tampilan video yang menarik.

Kedua adalah menaruh watermark di menit-menit akhir video sehingga tidak mengalihkan perhatian penonton dari awal, namun memikat rasa penasaran penonton saat melihat tanda tersebut di akhir video.

youtube auto play

Youtube Auto Play

Saat melihat sebuah video youube, mungkin tanpa sadar konten yang anda lihat langsung memutar video lain dari kreator yang sama.

Kegiatan ini bisa terjadi karena kreator memasang fitur youtube auto play, dimana setelah video berakhir maka akan muncul video lain yang memutar secara otomatis.

Cara ini tentunya membantu kreator untuk mendapatkan jumlah viewers yang lebih banyak untuk video lainnya.

Agar penonton betah untuk melihat video yang anda rekomendasikan, maka anda bisa memberikan episode dari video lain yang memiliki kaitan satu sama lain.

Sehingga penonton akan menghabiskan banyak waktu untuk melihat video dari kanal youtube tersebut dan akhirnya tertarik untuk mengikuti channel youtube tertentu.

Selain itu, anda juga bisa merekomendasikan video dengan topik yang sama, sehingga penonton tertarik untuk melihat lanjutan vidoe lainnya.

youtube studio

Youtube Studio

Biasanya sebelum mengunggah sebuah konten di sosial media, pengguna akan diberikan kesempatan untuk mengedit terlebih dahulu menggunakan fitur editor.

Layanan ini juga tersedia di youtube dengan nama youtube studio, dimana anda bisa mengedit video secara sederhana sebelum akhirnya diunggah di channel youtube yang dimiliki.

Kreator juga bisa memanfaatkan kolom caption di fitur youtube studio untuk optimasi konten dengan memberikan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi video serta youtube hashtag yang sesuai.

Selain itu, kreator juga bisa menganalisa jumlah uang yang di dapatkan dari setiap konten video yang memiliki iklan tertentu atau mendapatkan stiker gift dari penonton.

Fitur youtube studio bisa diakses secara mudah dengan melakukan klik pada kolom bagian kiri halaman youtube, layanan youtube studio juga memiliki tambahan dashboard khusus yang memberikan informasi mengenai aktivitas di kanal youtube anda serta trending terbaru saat ini.

Beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan di youtube studio adalah :

  • Daftar konten yang telah diunggah serta siaran langsung yang dilakukan sebelumnya.
  • Membuat dan mengatur youtube playlist.
  • Youtube analisa untuk mengetahui kinerja konten youtube dengan metrik dan laporan terbaru.
  • Daftar komentar dan mention yang masuk di setiap video.
  • Penambahan subtitle untuk video serta komunitas youtube.
  • Kolom monetisasi untuk mengetahui penjualan merchandise serta pengaturan membership.
  • Kolom untuk mengatur layout video, branding, dan berbagai informasi tambahan lainnya.
  • Perpustakaan audio, dimana anda dapat menemukan lagu atau efek suara yang bisa dimasukkan ke video yang dimiliki.
  • Pengaturan perubahan judul video deskripsi, dan pengaturan lainnya.
  • Informasi video melalui metrik tertentu.
youtube dashboard

Youtube Dashboard

Fitur youtube studio juga memiliki fitur dashboard yang akan membantu untuk menganalisa performa konten dan kanal youtube yang dimiliki.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai trend serta berita terbaru yang bisa menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kinerja konten dan channel youtube.

Kreator juga akan mendapatkan pemberitahuan mengenai komentar baru yang masuk sehingga anda dapat menaikkan interaksi dengan membalas berbagai komentar tersebut.

Salah satu kelebihan menggunakan fitur youtube dashboard adalah kreator dapat menganalisa konten yang memiliki performa terbaik serta perkembangan channel youtube dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga anda dapat mengetahui topik yang bisa dikembangkan untuk konten video selanjutnya.

Cara mengakses fitur youtube dashboard juga cukup mudah, anda cukup masuk ke halaman profil youtube, kemudian klik ikon youtube dashboard.

Pada kolom tersebut anda akan melihat fitur youtube dashboard yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.

youtube analytics

Youtube Analytics

Setelah mengunggah berbagai konten video serta melakukan interaksi dengan pengguna youtube lainnya, maka jangan lupa menganalisa kinerja channel youtube yang dimiliki.

Youtube memudahkan penggunanya untuk menganalisa kinerja konten menggunakan fitur youtube analytics.

Dimana anda akan mendapatkan informasi mengenai kinerja konten youtube dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan berbagai informasi mengenai topik dan jenis video yang mendapatkan kinerja paling tinggi dan bisa digunakan untuk strategi konten youtube selanjutnya.

Misalnya apabila anda mengunggah konten tutorial mengenai produk tertentu dan mendapatkan jumlah penonton tertinggi diantara video lainnya, dan mengunggah video ulasan produk yang malah mendapatkan jumlah penonton yang menurun.

Informasi ini menunjukkan bahwa penonton lebih menyukai konten tutorial dibandingkan ulasan produk, sehingga anda bisa menggunakan topik tersebut untuk memikat lebih banyak penonton.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tab analisa yang menunjukkan berbagai kinerja youtube yang dibutuhkan :

  • Rata-rata jumlah penonton di setiap video
  • Jumlah penonton dan pengikut secara spesifik
  • Waktu penonton keluar dari video
  • Demografi mengenai audience dan kesukaannya.

Berbagai informasi tersbeut bisa menjadi pertimbangan untuk strategi konten youtube di waktu yang akan datang.

rekomendasi video youtube

Rekomendasi Video Youtube

Berbagai video yang telah diunggah oleh kreator menjadikan penonton bingung untuk memilih konten yang ingin dilihat untuk pertama.

Guna mengatasi kebingungan penonton, maka kreator bisa mengatur halaman profil sebagai acuan menonton video yang dimiliki.

Caranya adalah dengan mengelompokkan video ke dalam kelompok tertentu, misalnya video yang memiliki jumlah penonton tertinggi atau memiliki playlist khusus.

Pemisahan ini akan memudahkan penonton untuk memilih video yang akan dilihat untuk pertama kali saat mengunjungi channel youtube tertentu.

Selain itu, kreator juga bisa mengelompokkan video dalam bentuk short video, video yang baru diunggah, playlist, serta konten khusus untuk penggemar.

qmM80klTyKaQvNwnEHZw

Tambahkan Link di Deskripsi Video

Youtube tidak hanya digunakan untuk membagikan wawasan mengenai topik tertentu atau menjadi sarana ekspresi diri yang efektif.

Jumlah pengguna youtube aktif juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk promosi produk dan layanan tertentu untuk sebuah brand.

Selain itu, beberapa kreator juga memanfaatkan channel youtube untuk mempromosikan produk dan layanan tertentu menggunakan influencer marketing dan mendapatkan uang dari setiap transaksi yang berlangsung.

Agar promosi semakin maksimal maka anda bisa menyematkan link khusus yang bisa diakses oleh penonton setelah melihat berbagai video ulasan produk.

Semakin banyak orang yang melakukan transaksi menggunakan link tersebut maka akan meningkatkan jumlah uang yang di dapatkan oleh kreator.

Kreator juga mempromosikan akun sosial media atau blog yang dimiliki untuk menambah jumlah pengikut serta pengunjung yang tertarik pada konten yang disajikan.

Sedangkan bagi akun youtube brand, penggunaan link di kolom caption juga akan membantu meningkatkan jumlah pembelian di halaman website dan akun marketplace yang dimiliki.

Guna memancing minat penonton, maka anda bisa meminta penonton untuk mengecek link di kolom caption agar pengguna youtube melirik bagian deskripsi video.

youtube seo

Youtube SEO

Youtube telah menjadi platform kedua yang digunakan untuk mencari topik dan informasi tertentu.

Hal ini dikarenakan kemudahan melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang akan memberikan rekomendasi konten yang sesuai keinginan.

Fakta tersebut juga bisa digunakan kreator untuk melakukan optimasi konten agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna youtube lainnya.

Caranya adalah memanfaatkan kolom caption yang berisi deskripsi, judul, serta hashtag yang memudahkan kinerja youtube seo.

Dimana anda perlu memasukkan kata kunci yang relevan dengan pencarian youtube, sehingga saat pengguna melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu, maka mereka akan menemukan konten anda di pencarian teratas.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan kolom caption di video agar penonton mengetahui video yang ditonton sesuai dengan topik yang ingin dilihat.

Keuntungan lainnya dari menggunakan youtube seo adalah membuka peluang bagi pengguna youtube untuk melihat konten anda ketika mereka melakukan pencarian konten menggunakan kata kunci tertentu.

Karenanya guna mendapatkan kata kunci yang sesua dan memiliki pencarian tertinggi, maka anda bisa menggunakan website tertentu untuk analisa kata kunci yang sesuai dengan topik yang dimiliki.

Sehingga saat anda membahasanya di channel youtube, maka anda akan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak serta audience yang menyukai konten yang diberikan.

rTq35u3qRfmMUdfPgBFj

Youtube Share

Saat melihat sebuah konten youtube yang menarik dan sesuai dengan minat orang lain, maka anda tentunya akan membagikan link tersebut ke sosial media lainnya.

Pembagian link youtube ini juga menguntungkan bagi kreator untuk menambah jumlah penonton serta kunjungan, sehingga channel youtube anda dikenal oleh banyak orang.

Karenanya pastikan untuk mengatur fitur youtube share yang akan memudahkan penonton untuk membagikan konten youtube ke sosial media lain atau link tertentu.

Cara ini juga menjadi sistem promosi yang gratis namun dapat menjangkau target audience yang lebih luas dan menyukai konten yang disuguhkan.

ik1J3vv3Te6PItWT7mdF

Halaman Beranda Youtube

Saat membuka aplikasi youtube maka anda akan mendapatkan berbagai rekomendasi video yang variatif dan tentunya sesuai dengan minat dan kesukaan.

Di sisi lain, rekomendasi konten youtube terkadang tidak sesuai saat anda pertama kali menggunakannya, hal ini dikarenakan platform ini belum memiliki data pengguna untuk merekomendasikan konten yang sesuai.

Hal ini akan membuat pengguna youtube melakukan pencarian mandiri menggunakan kata kunci tertentu atau mencari rekomendasi video yang sesuai keinginan.

Keberadaan halaman beranda youtube juga menguntungkan bagi kreator, karena video tersebut akan menjangkau target audience yang lebih luas serta pengikutnya tidak ketinggalan konten terbaru yang telah diunggah sebelumnya.

Agar mendapatkan peluang masuk ke halaman beranda youtube, maka kreator perlu memaksimalkan youtube seo agar konten mudah direkomendasikan oleh algoritma youtube.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/youtube-features/

https://blog.hubspot.com/blog/tabid/6307/bid/5886/5-youtube-features-to-get-more-video-views.aspx

https://sproutsocial.com/insights/youtube-tools/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *