youtube trend

8 Youtube Trend 2023, Cocok Bagi Youtuber yang Ingin Viral

Ketahui berbaai youtube trend terbaru yang bisa digunakan untuk meningkatkan eksistensi channel youtube yang dimiliki.

Saat suntuk dan bosan melanda, youtube bisa menjadi penghibur dengan berbagai suguhan konten video yang menarik dari kreator kesukaan, sehingga anda bisa menghabiskan waktu untuk menonton berbagai konten yang disuguhkan.

Tidak hanya itu, youtube juga menyediakan berbagai konten edukasi yang membantu penonton untuk mempelajari berbagai topik terbaru dengan lebih mudah dan efektif.

Berbagai konten tersebut tentunya disajikan oleh kreator youtube yang aktif mengunggah variasi postingan yang menarik setiap harinya dan selalu ditunggu oleh penontonnya.

Konten yang menarik dan ditonton oleh banyak orang juga membuka peluang bagi kreator untuk mendapatkan hasil yang menggiurkan melalui youtube ad sense atau endorsement.

Penawaran ini tentunya menggiurkan bagi pengguna youtube untuk memulai jalan sebagai youtuber yang disukai penontonnya.

Namun, sebelum memulai karir menjadi youtuber maka ketahui dulu berbagai youtube trend yang bisa digunakan sebagai pembuka jalan sebagai kreator youtube.

youtube short

Youtube Short Semakin Dilirik Pengguna Youtube

Konten video pendek semakin populer beberapa tahun terakhir dan disukai oleh penggunanya.

Hal ini terlihat dari banyaknya konten video pendek yang tersebar di berbagai social media dan disambut dengan baik oleh penggunanya.

Salah satu alasan konten video pendek disukai oleh banyak orang kemudahan dalam menerima informasi dalam bentuk video durasi pendek dengan visual yang menarik, sehingga penonton rela menghabiskan waktu untuk menonton berbagai referensi video yang diberikan.

Youtube juga tidak mau ketinggalan trend tersebut hingga akhirnya merilis layanan youtube short, dimana penonton dan pengguna bisa melihat konten video pendek dengan durasi tertentu.

Guna memberikan hasil konten yang lebih menarik, maka youtube juga merilis berbagai fitur tambahan yang membuat interaksi semakin menyenangkan.

Misalnya saja terdapat fitur balas video yang memungkinkan kreator membalas interaksi penonton dengan video terbaru, sehingga penonton tertarik untuk melakukan komunikasi dua arah.

Youtube juga mencatatkan bahwa penonton youtube short terus bertambah dari hari ke hari, tercatat sekitar 15 miliar pengguna setiap harinya yang menonton melalui handphone.

Pencapaian ini tentunya menjadi penanda bahwa youtube short disukai oleh banyak orang dan bisa digunakan untuk strategi youtube marketing ke depannya.

Meskipun begitu, kreator juga perlu merancang pendekatan dengan konsumen melalui konten youtube short yang menarik.

Anda bisa memulai dengan membuat konten youtube short yang memancing interaksi dengan penonton, dimana anda bisa memulainya dengan membuat konten yang berisi pernyataan tertentu dan menambahkan kalimat call to action di bagian akhir.

Cara ini akan membuat penonton tertarik untuk mengungkapkan pendapatnya, sehingga dapat muncul interaksi dua arah.

Menyajikan konten dalam bentuk komedi bisa menjadi pilihan terbaik, karena penonton juga mencari hiburan dengan menonton konten video pendek.

Anda bisa memulainya dengan menambahkan sound youtube short yang relevan dengan isi video, sehingga membuat penonton memahami isi konten tersebut.

Selain itu, agar jangkauan video semakin luas maka anda bisa memadukan konten yang dimiliki dengan trend terbaru yang sedang naik daun.

Cara ini akan membuka peluang bagi algoritma youtube untuk menaikkan konten anda berkat masuk ke trend tersebut.

Penggunaan youtube short sebagai media promosi juga digunakan oleh brand spotify yang mengunggah video pendek untuk memasarkan event yang diikuti.

Dimana spotify merilis youtube short yang memberikan detail tempat serta memberikan pengalaman baru bagi konsumennya yang tidak sempat mengikuti acara tersebut.

youtube live streaming

Interaksi Melalui Youtube Live Streaming

Salah satu cara agar konten youtube semakin menjangkau banyak orang adalah aktif melakukan interaksi dengan penonton dan pengikut yang dimiliki.

Semakin banyak komunikasi dua arah yang dilakukan akan membuat algoritma youtube mengetahui bahwa konten anda disukai oleh banyak orang, sehingga tertarik untuk menyebarkannya ke penonton yang lebih banyak.

Pendekatan lain yang bisa dilakukan untuk membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki adalah melakukan komunikasi dua arah melalui siaran langsung.

Dimana kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan penonton yang masuk sehingga audience bisa merasakan interaksi dengan kreator kesukaan.

Youtube juga memiliki fitur siaran langsung bernama youtube live streaming yang memungkinkan penonton dan kreator melalukan interaksi dua arah.

Penggunaan fitur ini tidak hanya membangun hubungan dengan pengikut yang dimiliki, namun juga membuka peluang untuk mendapatkan uang tambahan dari youtube.

Dimana kreator akan menghasilkan uang tambahan apabila ada penonton yang mengirimkan hadiah berupa stiker yang memiliki nominal uang tertentu.

Selain itu penonton juga bisa memberikan hadiah berupa uang tunai secara langsung yang dikirimkan melalui jasa pengiriman uang tertentu dengan jumlah yang tidak terbatas.

Berbagai hadiah yang diberikan juga akan membuat kreator mengadakan siaran langsung secara rutin untuk membangun interaksi dengan penonton serta mendapatkan stiker berbayar.

Namun, agar penonton tertarik untuk menonton siaran langsung dalam waktu lama, maka kreator juga bisa menyiapkan berbagai suguhan konten yang menarik.

Bagi kreator yang mengembangkan akun youtube untuk memasarkan produk yang dimiliki, maka anda bisa menggunakan fitur siaran langsung untuk memamerkan produk terbaru dengan mengundang influencer yang sesuai.

Cara ini akan membuat penonton tertarik untuk menonton siaran langsung untuk melihat produk terbaru yang dimiliki serta melakukan interaksi dengan influencer tertentu.

Penggunaan fitur youtube live streaming juga biasa digunakan oleh youtuber gaming untuk mengadakan pertandingan game dalam jangka waktu lama.

Pertandingan yang menarik dan memicu adrenalis juga membuat penonton tertarik untuk menonton siaran langsung sambil mengirimkan sejumlah stiker tertentu.

Namun, apabila anda memiliki konten youtube tertentu maka anda bisa mengajak penonton untuk ikut serta dalam proses pembuatan video.

Misalnya apabila anda adalah youtuber yang memiliki konten wisata, maka anda bisa mengajak penonton untuk ikut serta dalam perjalanan tersebut melalui siaran langsung.

Salah satu brand yang menggunakan fitur youtube live streaming untuk promosi adalah event musik internasional Choacella yang menyiarkan acara yang dimiliki dalam bentuk siaran langsung di Youtube.

Cara ini menarik perhatian penggemar yang tinggal jauh dari tempat terselenggaranya acara dan membuat brand lain berlomba-lomba untuk melakukan strategi promosi tersebut.

social commerce

Youtube Sebagai Media Social Commerce

Trend transaksi di social media telah menjaid kebiasaan baru bagi pengguna social media, dimana anda bisa membeli barang yang dilihat di siaran langsung tanpa meninggalkan konten kesukaan.

Penggunaan social commerce sudah banyak digunakan oleh berbagai social media, misalnya Instagram, Facebook, serta Tiktok untuk memudahkan penggunanya melakukan transaksi dengan akun business tertentu di social media.

Youtube juga tidak mau ketinggalan trend tersebut dan merilis fitur social commerce yang memudahkan penggunanya untuk membeli merchandise unik dan menarik dari youtube kesukaan.

Selain itu, channel youtube brand juga memanfaatkan layanan ini untuk menjual produknya di youtube, sehingga memudahkan konsumen yang menemukan mereka melalui rekomendasi video.

Guna memudahkan transaksi di Youtube shop, maka platform ini juga melakukan kerjasama dengan platform Shopify untuk memudahkan konsumen dalam membeli berbagai produk yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat.

Sedangkan bagi pelaku usaha sendiri kerjasama ini akan memudahkan dalam menyusun berbagai produk yang dimiliki ke kategori yang tepat serta menguntungkan konsumen untuk melihat barang yang diinginkan menggunakan pencarian kata kunci tertentu.

Agar promosi menjadi lebih menarik, maka kreator bisa menggunakan fitur live shopping yang memudahkan pelaku usaha untuk menunjukkan kepada penonton mengenai produk yang dimiliki dengan jelas serta memudahkan konsumen untuk melihat barang yang ingin dibeli.

Sayangnya penggunaan youtube shop ini masih belum digunakan di Indonesia, mengingat pembeli harus melakukan pembelian menggunakan kartu kredit yang membutuhkan berbagai data khusus.

Namun, keberadaan youtube shop sudah dilirik oleh brand luar untuk melakukan promosi sekaligus transaksi di tempat yang sama.

sephora

Salah satunya yang dilakukan oleh brand kecantikan Sephora yang memanfaatkan layanan youtube shop untuk mempromosikan berbagai produk yang dimiliki, sehingga setelah konsumen melihat video penggunaan produk di youtube, mereka bisa membeli berbagai barang yang diinginkan dengan mudah.

Cara ini juga memudahkan kreator untuk membeli barang keinginan tanpa perlu kehilangan waktu untuk melihat berbagai video lainnya.

youtube influencer marketing

Promosi Menggunakan Youtube Influencer Marketing

Strategi promosi menggunakan influencer masih digunakan oleh berbagai brand saat ini.

Hal ini dikarenakan influencer memiliki pengaruh yang lebih besar dan dapat mempengaruhi pengikutnya untuk mencoba berbagai produk yang telah diulas sebelumnya.

Cara ini dinilai ampuh untuk meningkakan penjualan dari konsumen yang ingin mencoba berbagai produk yang dipromosikan oleh influencer tertentu.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand besar dan berkembang yang melakukan kolaborasi dengan influencer untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Apabila anda baru saja memulai channel youtube baru maka melakukan kolaborasi promosi dengan influencer bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah jumlah penonton dan pengikut lebih cepat. 

Dimana anda bisa mengajak influencer tersebut untuk membuat konten bersama membahas dan mencoba produk yang dimiiki, sehingga memikat banyak orang untuk mencoba produk yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengadakan siaran langsung dengan jenis konten yang sama, sehingga membangun interaksi dengan cepat dan efektif.

Namun, dalam memilih influencer youtube yang tepat, maka anda perlu melakukan beberapa analisa terlebih dahulu.

Pertama adalah memilih influencer yang memiliki minat pada topik dan industri yang sama, sehingga pengikut yang dimiliki bisa ditarik sebagai target konsumen potensial.

Kedua adalah mengetahui jenis konten yang disajikan dan mencocokkan dengan ide konten yang dimiliki.

Ketiga adalah mengecek interaksi pada setiap konten yang telah diunggah sebelumnya, guna memastikan bahwa kreator tersebut memiliki jumlah pengikut yang banyak dan tertarik pada setiap konten yang disajikan.

Setelah memastikan setiap analisa tersebut sudah sesuai dengan target yang diinginkan, maka anda bisa menghubunginya melalui contact person yang disediakan.

Dalam proses promosi menggunakan influencer youtube, maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan beberapa kreator menggunakan konsep dan konten yang berbeda.

Hal ini dilakukan mengingat setiap kreator memiliki ciri khas sendiri yang disukai oleh penggunanya, sehingga ada baiknya untuk membuat konten yang sesuai untuk memikat banyak orang.

storytelling marketing

Penggunaan Konten Cerita yang Menarik

Durasi konten youtube yang panjang memungkinkan kreator untuk menyajikan konten yang membuat penonton untuk bertahan lebih lama.

Salah satu caranya dengan membuat video dengan model storytelling, dimana kreator akan menceritakan latar belakang brand yang dimiliki serta menceritakan proses pembuatan di balik layar.

Meskipun memakan banyak waktu dan durasi, namun ide bercerita ini disukai oleh banyak orang karena seperti mendapatkan cerita latar belakang dari brand yang disukai.

Selain itu, konten cerita juga lebih mudah diingat dalam jangka waktu lama dibandingkan konten promosi yang akan dilupakan dengan cepat.

Di sisi lain, penggunaan konten cerita yang menarik juga telah digunakan oleh berbagai influencer dengan membuat konten vlog yang menceritakan kegiatan sehari-hari atau rutinitas yang dilakukan dengan tema tertentu.

Namun, apabila anda ingin membuat konten cerita yang menarik, maka anda perlu mempertimbangkan berbagai unsur-unsur tambahan yang memikat penonton.

Pertama adalah anda bisa membuat konten cerita berdasarkan pengalaman konsumen dalam menghadapi masalah tertentu dan bisa selesai menggunakan produk yang dimiliki.

Dengan menggali lebih dalam mengenai cerita konsumen maka anda akan menemukan daya tarik yang membuat penonton tertarik untuk menontonnya hingga habis.

Selain itu, cara ini lebih memikat calon konsumen yang memiliki masalah yang sama namun masih ragu untuk menggunakannya karena tidak menemukan testimoni yang serupa.

Guna menemukan testimoni konsumen yang sesuai, maka anda bisa mencarinya di akun social media yang dimiliki untuk menemukan ulasan konsumen yang dikirimkan di kolom komentar atau pesan langsung.

Anda juga perlu memperhatikan berbagai komentar yang masuk di Youtube untuk menemukan cerita penggunaan produk yang menarik perhatian.

Selain itu, anda juga perlu menggali sisi emosional penonton dari konten cerita tersebut guna membuat penonton lebih tertarik pada konten cerita yang dipilih.

gaming influencer

Pesatnya Pertumbuhan Konten Gaming

Topik gaming menjadi salah satu tema yang banyak dicari oleh penggemarnya di Youtube, sehingga tidak mengherankan apabila topik ini memiliki kolom khusus di social media ini.

Pengguna youtube bisa menemukan berbagai konten gaming yang beragam, mulai dari konten pertandingan game online tertentu atau ulasan mengenai game yang baru saja rilis di pasaran.

Berbagai rekomendasi konten ini membuat penonton semakin betah untuk melihat variasi konten gaming yang disajikan di Youtube.

Di samping itu, interaksi yang dibangun oleh kreator serta pengikutnya membuat penonton tertarik untuk melihat konten yang disajikan guna melakukan interaksi dengan kreator atau mempelajari berbagai teknik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berbagai reaksi yang diberikan oleh kreator saat bermain game tertentu yang memacu adrenalin, juga membuat penonton tertarik untuk melihat berbagai konten gaming yang disajikan di Youtube.

Perkembangan topik gaming yang terus berkembang dari waktu ke waktu, membuka peluang bagi youtube trend untuk menganggkat konten gaming ke jangkauan yang lebih luas dan disukai oleh banyak.

Pertama adalah tentukan game yang dikuasai dan disukai sehingga membuat anda bersemangat untuk mengular dan membuat konten yang berkaitan dengan game tersebut.

Kedua adalah memilih tipe konten yang sesuai keinginan, apakah anda hendak membuat konten ulasan game atau merekam pertandingan game tertentu, semua tergantung keinginan dan kemauan.

Ketiga adalah membangun interaksi dengan pengikut dan pengguna youtube lainnya dengan berbagai fitur youtube.

Misalnya adalah mengaktifkan fitur community tab yang bisa menjadi tempat khusus bagi pengikut anda untuk bertanya mengenai strategi game tertentu dan membangun interaksi dua arah.

Selain itu, anda juga perlu membalas berbagai komentar yang masuk di setiap kontennya dan memenuhi permintaan penonton yang sekiranya bisa dilakukan.

Melakukan siaran langsung secara rutin juga menjadi cara efektif membangun interaksi serta membuka peluang untuk mendapatkan uang dari youtube.

asmr

Konten ASMR dan Relaksasi 

Youtube telah menjadi tempat bagi banyak orang untuk mencari hiburan di kala penat dan jenuh dengan kegiatan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan youtube memiliki berbagai konten relaksasi yang menarik dan bisa ditonton saat butuh hiburan.

Salah satunya adalah konten ASMR dimana anda akan mendengarkan suara dengan desibel tertentu yang dapat menenangkan pikiran melalui variasi suara yang tenang.

Konten ASMR ini banyak ditemukan di Youtube dengan berbagai variasi yang menarik, sehingga bisa dipilih sesuai keinginan.

Uniknya lagi beberapa konten ASMR juga bisa dibuat tanpa menunjukkan wajah, sehingga cocok bagi anda yang ingin membuat konten youtube namun malu untuk menunjukkan diri.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten ASMR dari berbagai hobi yang sedang dijalani namun dengan format yang berbeda.

Misalnya saja anda memiliki hobi makan dalam jumlah banyak, maka anda bisa membuat konten ASMR saat memakan berbagai makanan tertentu yang menenangkan pikiran serta membuat penonton tertarik untuk melihat makanan yang disajikan.

Tidak hanya konten ASMR yang akan menjadi youtube trend yang disukai oleh banyak orang, begitu juga dengan konten relaksasi.

Dimana penonton bisa melakukan berbagai gerakan yang dapat menenangkan pikiran secara efektif.

Contohnya adalah konten relaksasi dengan melakukan yoga yang dipandu oleh profesional yang ahli di bidangnya.

Agar konten relaksasi semakin disukai oleh banyak orang, maka anda bisa menambahkan lagu yang menenangkan untuk membangun suasana yang lebih menenangkan.

p6bMvw65RDaPn4IgJZdM

Konten Tutorial 

Youtube tidak hanya menghadirkan berbagai konten hiburan yang menarik, namun anda juga bisa menemukan berbagai konten tutorial mengenai pembuatan barang tertentu.

Misalnya saja anda mengalami kesulitan dalam membentuk bungkus kado yang menarik, maka anda bisa mencari cara membungkus kado yang estetik dan mudah dilakukan oleh penonton.

Kemudahan dalam memahami pembuatan barang tertentu di Youtube menjadikan konten tutorial masih menjadi youtube trend yang bertahan lama.

Konten tutorial juga menjadi ide konten yang menarik bagi seseorang yang hobi membuat barang tertentu dan mengunggahnya di Youtube.

Namun agar konten youtube tutorial mendapatkan perhatian penonton yang lebih banyak, maka anda perlu melakukan optimasi konten yang lebih baik.

Misalnya saja membuat konten tutorial berdasarkan kata kunci yang banyak dicari di Youtube.

Cara ini dilakukan agar konten anda berada di daftar pencarian teratas saat pengguna youtube melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, sehingga anda dapat menjaring penonton dan audience yang lebih banyak.

Guna menemukan kata kunci yang banyak dicari di youtube, maka anda bisa menggunakan website khusus untuk melakukan analis kata kunci dengan volume pencarian paling banyak saat ini.

Semakin besar volume pencarian maka menjadi indikator bahwa topik tersebut sedang naik daun di kalangan audience.

Selain itu, anda juga perlu melakukan optimasi konten dengan menyematkan kata kunci tersebut di judul serta deskripsi video, agar mempermudah algoritma youtube menaikkan konten anda ke jangkauan yang lebih luas.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten tutorial berdasarkan permintaan penonton untuk dapat membangun hubungan yang lebih baik.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/youtube-trends/

https://youtubedownload.minitool.com/youtube/youtube-trends-2022.html

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *