youtube trend

Youtube Trend Terbaru Untuk Ide Konten dan Interaksi

Jadikan konten youtube anda menjadi lebih menarik dengan penggunaan youtube trend yang sedang naik daun.

Siapa yang disini memulai pagi dengan membuka youtube? yups, dengan sajian konten yang beragam menjadikan youtube sebuah moodbooster untuk memulai hari.

Di sisi lain, Youtube juga telah menjadi bagian hidup semua orang dalam memulai hari, teman dalam berkegiatan atau perjalanan, serta hiburan di kala suntuk.

Hal ini juga di dukung dengan tersedianya berbagai konten youtube sesuai dengan minat dan tujuan yang diinginkan oleh penggunanya.

Di tambah lagi, Youtube telah menjadi platform streaming video juga telah menjadi pusat budaya video modern yang terus diperbarui setiap hari.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak marketer telah beralih ke Youtube untuk memacu strategi pemasaran video yang lebih optimal.

Namun, untuk menguasai konsumen di youtube, maka anda perlu mengetahui youtube trend terbaru sebagai inspirasi membuat konten yang memacu interaksi dengan konsumen secara maksimal.

ide konten youtube trend

13 Ide Konten Youtube Trend

Beberapa tahun belakangan, strategi video marketing telah mencuri perhatian banyak konsumen dan marketer.

Konten video yang menarik, segar, serta mudah untuk dipahami menjadi salah satu alasan postingan video memiliki daya tarik tersendiri.

Di sisi lain, Youtube sebagai platform streaming video menjadi salah satu media pemasaran yang mencuri perhatian banyak orang.

Hal ini dikarenakan Youtube memiliki durasi video yang lebih panjang sehingga bisa dimanfaatkan untuk media pemasaran melalui konten edukasi dan hiburan yang menarik.

Tertarik untuk memulai promosi produk di Youtube? Berikut 13 ide konten youtube trend yang bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan marketing sehari-hari.

Video Pendek

Ketenaran tiktok di kalangan anak muda menjadi salah satu alasan munculnya konten video pendek di berbagai social media.

Dengan durasi yang pendek diiringi pilihan lagu yang beragam serta konten yang menarik, menjadikan konten video pendek digandrungi oleh banyak orang.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak social media yang mengikuti trend tersebut, seperti instgram dan facebook dengan reels serta youtube dengan shorts.

Melalui konten shorts tersebut, seorang pengguna youtube dapat membuat konten video pendek yang diunggah di youtube dan dinikmati oleh pengguna youtube lainnya.

Tidak mengherankan apabila youtube shorts menjadi konten youtube trend yang sedang naik daun dengan jumlah penonton hingga 1.5 Miliar setiap bulannya.

Di sisi lain, konsumen kini lebih menyukai konten video pendek 2,5x dibandingkan video dengan durasi yang panjang.

Keuntungan inilah yang bisa menjadi alasan kuat bagi marketer untuk menggunakan konten video pendek sebagai youtube trend yang dapat mendorong subscribers baru serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

gDPD3dOQnCHhfkjFg8tA

Strategi pemasaran melalui youtube shorts ini juga digunakan oleh brand flimty fiber yang mempromosikan produknya melalui youtube shorts ads untuk menjangkau konsumen yang lebih luas di Youtube.

Tidak hanya itu, Spotify juga menggunakan konten video pendek sebagai media promosi event yang akan diadakan serta mengunggah kembali konten podcast yang menjadi kesukaan banyak orang di Spotify.

Spotify juga menggunakan youtube shorts dalam bentuk konten series yang menjelaskan keuntungan apabila mengikuti acara tersebut.

Di sisi lain, banyak juga agensi musik yang mempromosikan trailer lagu terbaru atau video klip dari penyanyinya di Youtube agar lebih mudah dijangkau oleh penggemar serta bisa diputar berkali-kali sembari menemani kegiatan sehari-hari.

Konten Siaran Langsung

Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki adalah aktif melakukan komunikasi secara langsung dan konsisten.

Namun, bagaimana jika konsumen kita berada di tempat yang jauh dan sulit untuk berinteraksi dengan langsung?

Tenang saja, konten siaran langsung bisa menjadi solusi dari masalah interaksi dengan konsumen anda.

Melalui konten siaran langsung, anda bisa melakukan komunikasi dengan penggemar atau konsumen anda via video, sehingga pengikut anda bisa melihat wajah anda secara langsung, serta anda bisa menjawab berbagai pertanyaan yang masuk melalui kolom komentar.

Sesi siaran kangsung yang menyenangkan juga seru tidak hanya mendekatkan diri dengan konsumen anda, namun juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Tidak hanya itu, anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui hadiah berupa stiker yang dikirimkan oleh penonton anda yang bsia dikonversikan dalam nominal uang dengan jumlah tertentu.

Semakin banyak stiker yang dikirimkan maka akan membuka kesempatan bagi anda untuk memiliki penghasilan tambahan selain dari monetisasi video youtube.

Di sisi lain, penggunaan youtube live streaming juga bisa digunakan untuk menyiarkan acara, talkshow, atau event yang anda adakan sehingga bisa ditonton oleh konsumen anda serta menjangkau pengguna youtube yang lebih luas.

Strategi satu ini juga diminati oleh 70% pengguna youtube yang lebih menyukai konten live streaming di tahun 2020.

Penonton youtube juga 10-20x  lebih lama menonton video anda dibandingkan konten video, sehingga bisa anda gunakan untuk memberikan impresi terbaik bagi mereka serta melakukan interaksi dengan konsumen secara langsung, serta membangun komunitas dengan memberikan mereka tanya jawab saat siaran berlangsung.

Cara ini juga dilakukan oleh event musik Choacella yang mengadakan siaran langsung di akhir pekan.

Pemberian siaran langsung ini juga mampu penonton dari rumah yang jauh dari venue untuk menikmati sajian hiburan gratis serta eksklusif dalam menyaksikan performa artis kesayangan.

Social Commerce

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat menjadikan banyak kebiasan baru yang memudahkan banyak orang.

Salah satunya adalah kebiasan berbelanja secara online di social media yang jamak dilakukan oleh banyak orang.

Yups, kebiasaan yang sering disebut dengan social commerce ini juga telah dilakukan oleh berbagai social media, seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Munculnya social commerce ini berawal dari banyaknya akun social media brand yang melakukan promosi serta interaksi dengan konsumen hingga akhirnya kembali diperluas dengan membuka layanan jual beli khusus.

Melalui ide tersebut, Social commerce akhirnya menuai reaksi positif dengan 68% konsumen yang melakukan jual beli di social media.

Kesuksesan social commerce ini, juga membuat youtube tergiur hingga akhirnya membuka layanan yang sama dengan kerjasama bersama Shopify, dimana kreator bisa menjual barang jualan atau merchandise yang dimiliki di Youtube.

Melalui layanan ini, kreator yang memiliki banyak penggemar dapat menjual merchandise eksklusif.

Banyaknya pengguna youtube yang aktif melihat konten video dan tergiur dengan produk yang ditampilkan menjadikan banyak brand akhirnya membuka akun social commerce di Youtube.

BljQZKzlQbqaqVIqLf6Z

Hal ini juga dilakukan oleh brand beauty shopping Sephora yang akhirnya memutuskan untuk membuka akun youtube social commerce guna memudahkan konsumennya melakukan jual beli setelah melihat konten video yang disajikan.

Pemberian akun jual beli ini tentunya menguntungkan konsumen untuk langsung membeli barang keinginan tanpa perlu beralih ke website marketi place yang tentunya membutuhkan lebih banyak waktu.

Konten Ulasan Produk

Keberadaan youtube tidak hanya dapat digunakan sebagai media hiburan, namun juga bisa dipakai untuk melihat ulasan produk dari brand tertentu.

Hal ini dikarenakan banyaknya kreator atau influencer yang membuat konten berisi testimoni produk yang sedang naik daun atau brand terkenal yang memiliki minat yang sama dengan mereka.

Ulasan yang jujur serta persamaan masalah yang dimiliki menjadikan banyak orang tertarik untuk melihat ulasan produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Kelebihan lainnya adalah kreator atau influencer tersebut dapat dengan mudah membangun komunitas penggemar dengan melakukan interaksi bersama penonton yang mengunjungi akun mereka serta memberikan pendapat di kolom komentar.

Sehingga tidak mengherankan apabila 17% pengguna setia youtube adalah kreator yang membuat berbagai konten dan menjadikannya youtube trend yang menarik perhatian.

Ide konten youtube trend ini juga bisa anda gunakan apabila anda memiliki minat pada satu bidang tertentu dan menguasainya secara penuh sehingga bisa anda manfaatkan untuk mengunggah konten dengan ide yang sama.

gPbWqT7SQCSeSQNEeYve

Hal ini juga dilakukan oleh kanal youtube Rachel Goddard yang membuat berbagai konten youtube make up yang bisa dicontek oleh pengikutnya serta penonton youtube.

Pembawaannya yang seru dan menyenangkan serta cara penyampaian yang jelas, menjadikan Rachel Goddard salah satu influencer youtube sukses yang memiliki pengikut hingga 3 juta orang dan terus bertambah hingga saat ini.

Konten Story Telling

Pengguna social media memiliki satu kebiasan yang hampir dimiliki oleh semua orang, yakni kebiasaan mendengar dan melihat konten story telling.

Mendengarkan kisah tentang perjuangan hidup seseorang atau perjalanan ke tampat baru menjadikan konten story telling sebagai youtube trend yang diminati oleh banyak pengguna youtube.

Sehingga tidak mengherankan apabila konten story telling merebut perhatian tersendiri di hati pengguna youtube.

Salah satu konten story telling yang diminati oleh banyak pengguna youtube adalah kanal youtube milik Fiersa Biersa, dimana penyanyi dan penyair ini juga membuat channel yang berisi perjalanannya dari satu gunung ke gunung lain.

Pengambilan gambar yang bagus serta pemandangan yang sejuk dengan iringan konten story telling, menjadikan kanal ini disukai oleh banyak orang hingga memiliki pengikut hingga 3 juta orang.

Tidak hanya itu, konten podcast yang tengah menjadi youtube trend yang diikuti oleh banyak orang.

Yups, meskipun konten satu ini berisi wawancara antara content creator dengan narusumber, namun cerita yang disampaikan bisa menjadi konten story telling yang menarik perhatian. 

Topik untuk konten podcast sendiri pun bermacam-macam, mulai wawancara mengenai masalah yang sedang naik daun, artis yang tengah viral, serta topik tertentu yang tabu untuk diperbincangkan.

Kemudahan untuk membuat konten podcast ini menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk membuat konten dengan topik yang sama, namun hanya segelintir content creator yang memiliki kesuksesan yang berbeda-beda.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun youtube CURHAT BANG Denny Sumargo, setelah banting setir dari profesinya sebagai atlet basket, kini dennya sumargo menjalani kehidupan baru menjadi salah seorang podcaster yang menyiarkan kontennya di Youtube.

Topik menarik dan terbaru yang dibawakan oleh Denny Sumargo ini berhasil menarik perhatian banyak orang, sehingga ia berhasil meraih subscribers hingga 3 juta orang serta jumlah penonton yang mencapai jutaan orang.

Namun, jika anda memiliki akun youtube brand dan ingin mendekatkan diri ke konsumen, maka konten story telling ini bisa anda gunakan.

Kreator bisa membuat konten yang menceritakan kelebihan dari produk tertentu yang disampaikan melalui konten cerita yang tentunya mudah dipahami oleh konsumen serta mampu menarik perhatian penontonnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menyiarkan ulasan konsumen yang membagikan pengalaman mengenai masalah yang dihadapi serta solusinya melalui produk yang anda jual.

Proses membagikan cerita yang biasanya dialami oleh banyak orang ini akhirnya dapat mengetuk hati konsumen sehingga tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan.

6pVLoSoNQfqqJrWVPWCJ

Strategi konten story telling sebagai media promosi ini juga dilakukan oleh brand Tropicana Slim yang membuat series khusus menceritakan pencegahan mengontrol gula berlebih.

Ide cerita yang menarik dan menyentuh perasaan menjadikan konten story telling ini mudah dipahami oleh penonton serta meningkatkan brand awareness mengenai produk yang dipromosikan.

Konten Gaming 

Salah satu konten yang memikat banyak pengguna youtube serta menjadi youtube trend adalah konten gaming.

Konten satu ini diminati oleh komunitas game yang menghabiskan waktunya untuk melihat strategi permainan game dari kreator terkenal atau ulasan permainan terbaru sebelum mencobanya.

Topik gaming ini juga menjadi youtube trend tertinggi mengingat banyaknya anggota komunitas serta game baru yang bermunculan setiap saat.

Hal ini juga di dukung oleh survei di tahun 2021, dimana Youtube melihat sebanyak 800 Miliar konten youtube gaming, 90 juta jam siaran langsung gaming, serta 250 juta konten gaming yang diungggah di Youtube.

Di samping itu, banyak juga agensi gamers yang memanfaatkan platform youtube sebagai media promosi serta pengenalan membernya.

Salah satunya yang dilakukan oleh kanal youtube RevivalTV yang merupakan salah satu agensi esport di Indonesia.

jNLVdHf6QseglKNDdtXl

Melalui channel youtube yang dimilikinya, Revival menyajikan konten yang berisi pertarungan antar member pada game tertentu.

Permainan yang seru serta teknik yang menarik tentu menjadi daya tarik bagi penonton untuk melihat konten yang disajikan.

Namun, jika anda tidak bergabung dengan agensi esport tertentu maka anda masih bisa membuat konten gaming sendiri dengan game yang anda sukai.

Untuk membangun komunitas penggemar dari subscribers yang anda miliki, maka anda bisa melakukan interaksi dengan menjawab berbagai komentar yang masuk serta membangun persona yang tidak dimiliki oleh kreator lain.

Anda juga perlu memilih tipe game yang anda sukai serta kuasai serta mengetahui target penonton yang akan dituju sehingga anda bisa memperoleh penonton yang lebih banyak.

Untuk memilih topik yang sesuai, maka anda bisa memulai dengan bermain game lalu merekamnya kemudian mengunggahnya di kanal youtube yang anda miliki.

Meskipun terkesan aneh, namun tipe konten tersebut disukai oleh banyak penonton, terlihat dari jajak pendapat yang dilakukan oleh Google Survey yang menyatakan reaksi dan komentar dari kreator gaming menjadi salah satu alasan seseorng melihat tipe konten tersebut.

Cara ini juga dilakukan oleh kreator gaming youtueb Jess No Limit yang membuat konten saat ia memainkan game mobile legend.

 Namun, jika kanal youtube anda sudah semakin berkembang dan mencapai 1000 pengikut, maka anda bisa memanfaatkannya untuk mengakses Youtube Community Tab, dimana anda bisa melakukan interaksi yang lebih intens dengan komunitas yang anda miliki.

Interaksi yang intens serta cara komunikasi yang sesuai maka akan membantu dalam membangun komunitas yang erat dan loyal kepada kanal youtube anda.

Video ASMR

Saat lelah dan stress yang berkepanjangan, maka anda memerlukan relaksasi yang dapat membuat otot-otot dan pikiran anda menjadi lebih tenang.

Youtube memiliki solusi dari masalah tersebut dengan menghadirkan kreator-kreator yang siap menyajikan konten ASMR.

Perpaduan suara yang menyenangkan dan menenangkan menjadi tujuan bagi pengguna youtube yang memerlukan relaksasi setelah seharian lelah bekerja.

Konten video ASMR sendiri pun bermacam-macam, anda bisa menemukan konten ASMR makan yang dapat meningkatkan nafsu makan atau suara-suara alam yang membuat anda menjadi lebih tenang.

Penggunaan video ASMR ini sendiri juga menjadi Youtube trend dengan 83% yang menggunakan konten video relaksasi untuk menenangkan diri serta 69% memilih konten berdasarkan kreator yang mereka sukai.

Xp9Yn2uNRLK24qiE2OZR

Beberapa kanal youtube juga berfokus pada penggunaan video ASMR sebagai konten youtube utama, salah satunya yang dilakukan oleh akun ASMR Magic yang menyajikan video ASMR yang dapat meredakan stress serta menemani agar lebih fokus dalam belajar.

Ketekunan dalam membuat konten youtube ASMR ini membuat kanal youtube ini memiliki pengikut hingga 1 Juta orang dan terus bertambah setiap hari.

Banyaknya konten video ASMR di Youtube menjadikan anda lebih banyak pilihan dalam memilih video yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan, serta anda juga bisa berpindah dari satu kanal youtube ke kanal lainnya. 

Video Haul Shopping

Hobi berbelanja atau sekedar ingin mengetahui trend produk terbaru? Maka video haul shopping bisa menjadi pilihan konten youtube trend anda.

Melalui video haul shopping, anda akan diperlihatkan proses berbelanja produk tertentu di suatu tempat khusus yang tentunya menarik untuk disimak.

Anda juga bisa memasukkan pengetahuan mengenai produk tertentu ke pengikut anda sehingga dapat menjadi wawasan baru bagi penonton anda.

Tidak hanya itu, seorang kreator youtube yang membuat video haul shopping juga harus peka terhadap produk terbaru atau trend yang akan muncul sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata pengguna youtube.

Di sisi lain, seorang kreator youtube yang memiliki banyak subscribers serta penonton setia bisa saja memiliki kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan brand lain untuk berbelanja sembari mempromosikan produk dari merk tertentu.

Penggunaan video haul shopping sebagai konten youtube trend juga bisa menjadi peluang yang bagus, mengingat Youtube merupakan halaman pencarian kedua terbesar setelah Google yang biasa digunakan untuk mencari ulasan mengenai produk tertentu sebelum akhirnya menentukan produk yang akan dibeli.

Sehingga jika anda dapat membuat konten haul shopping yang menarik sembari memberikan ulasan produk yang jujur, maka akan membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pengikut yang royal dan percaya pada ulasan produk yang anda berikan.

Anda juga bisa membuat tutorial produk membeli produk tertentu yang belum pernah dilakukan oleh konsumen, sehingga konten anda bisa menjadi contoh yang dapat dikunjungi setiap saat.

Di sisi lain, jika anda memiliki dan mengembangkan akun youtube brand, maka anda juga bisa membuat video haul shopping.

Caranya adalah dengan melakukan kolaborasi dengan kreator tertentu yang memiliki minat yang sama untuk menjadi bagian dari video haul shopping,

Melalui kolaborasi tersebut, anda bisa meminta kreator tersebut untuk berbelanja produk tertentu dengan nominal yang telah ditentuka serta dengan ulasan produk yang membuat penonton terkesan dan lebih paham mengenai produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak konsumen di video anda dengan melakukan sesi belanja pada waktu yang telah ditentukan.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/youtube-trends/

https://financesonline.com/youtube-trends/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.