cara bua akun fanspage facebook untuk promosikan bisnis

Cara Buat Akun Fanspage Facebook untuk Promosikan Bisnis

Penggunaan social media saat ini tidak hanya untuk berkomunikasi dengan teman atau orang baru di dunia maya. Lebih dari itu, banyak penjual saat ini yang mulai mempromosikan jualannya melalui berbagai akun bisnis salah satunya Fanspage Facebook.

Berbeda dengan akun social media biasa, akun bisnis ini sangat berguna untuk mempromosikan usaha lebih mudah karena berbagai fitur yang bisa digunakan untuk melakukan iklan berbayar atau kontak informasi sehingga lebih mudah dikenal pelanggan.

Penggunaan akun bisnis sendiri terbukti bisa meningkatkan brand awareness di mata konsumen karena terlihat lebih profesional dibandingkan mempromosikan bisnis melalui akun pribadi biasa.

Banyak brand perusahaan besar yang mengembangkan akun bisnis social medianya sendiri untuk tempat informasi konsumen dan menggaet jutaan pengikut sehingga sangat cocok untuk promosi dan bisa meningkatkan penjualan.

Salah satu akun bisnis yang banyak digunakan oleh banyak penjual adalah Facebook. Hal ini dikarenakan social media ini memiliki jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia yang aktif setiap harinya.

Tak hanya itu, penggunanya pun mencakup range umur yang bervariasi sehingga penjual bisa memilih konsumen yang tepat sesuai dengan pasar yang dituju.

Akun bisnis Facebook yang dinamakan fanspage ini bisa dibuat dengan mudah bahkan oleh pemula sekalipun yang ingin mempromosikan produknya melalui fanspage Facebook.

Karenanya agar promosi di social media makin maksimal. Ketahui dulu beberapa kegunaan dan juga cara mudah membuah fanspage di Facebook

kegunaan fanspage facebook untuk bisnis

Kegunaan Fanspage Facebook untuk Bisnis

Bagi penjual yang ingin menaikkan level brand produk yang dimiliki sudah semestinya untuk menentukan strategi marketing yang tepat agar bisa dikenal oleh banyak orang.

Salah satu caranya adalah dengan membuat fanspage Facebook yang diyakini dapat menarik lebih banyak konsumen mengingat social media ini memiliki banyak penggemar yang tersebar di berbagai kalangan umur.

Tak hanya memiliki pengikut yang banyak namun fanspage Facebook sendiri memiliki berbagai kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan penjual.

Mudah Ditemukan Konsumen

Banyaknya kompetitor yang menjual banyak produk yang sama tentunya membuat penjual harus putar otak untuk membuat produk yang dimilikinya bisa mudah ditemukan oleh konsumen.

Saat ini sebagian besar penjual baik yang baru memulai atau sudah memiliki jutaan pelanggan mempromosikan produknya melalui social media, seperti fanspage Facebook, atau akun bisnis di Instagram.

Dengan menggunakan berbagai platform ini akan mempermudah produk ditemukan oleh konsumen sehingga brand bisnis lebih unggul dibandingkan lainnya.

Apalagi jika ditambah dengan konten fanspage facebook yang menarik maka akan membuat konsumen yang awalnya hanya penasaran dengan produk anda menjadi tertarik membeli setelah melihat berbagai postingan yang di unggah.

Tak hanya itu, akhir-akhir ini pun banyak orang yang mencari ulasan produk tertentu sebelum membelinya di market place seperti Shopee dan Tokopedia . Berbagai ulasan di social media yang dinilai jujur pun membuat banyak orang akhirnya membuat konsumen percaya dan membelinya.

Membangun Brand Awareness

Bagi penjual yang memiliki akun di social media tentunya ingin akun fanspage yang dimiliki terkenal dengan brand yang sesuai. Memiliki branding yang bagus tentunya akan memberikan kesan baik di mata konsumen.

Karenanya penjual dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada di fanspage Facebook untuk membangun brand awareness pelanggan. Beberapa layanan yang bisa digunakan adalah siaran langsung, postingan foto dan video, iklan berbayar, dan juga katalog.

Fitur pertama yang bisa digunakan oleh penjual adalah siaran langsung dimana penjual dan pembeli melakukan komunikasi dua arah sehingga bisa membangun hubungan erat.

Saat melakukan siaran langsung ini, penjual juga bisa membicarakan berbagai topik yang berhubungan dengan produk yang dimiliki, yaitu talkshow dengan pakar atau influencer, sesi tanya jawab dengan konsumen, atau promosi produk terbaru.

Dengan aktif melalukan komunikasi dua arah di saat live berlangsung maka pembeli bisa mengetahui lebih banyak produk yang dipromosikan serta manfaatnya sehingga konsumen yang awalnya hanya tertarik menjadi lebih berminat sehingga meningkatkan jumlah pelanggan yang dimiliki.

Pengikut social media yang dimiliki tentunya akan lebih tertarik apabila akun fanspage yang dimiliki aktif mengunggah berbagai gambar dan juga video produk atau melakukan interaksi dengan berbagai konten lucu yang menarik.

Karenanya agar akun yang dimiliki memiliki lebih banyak pengikut yang aktif maka penjual bisa membuat berbagai macam konten hiburan yang meningkatkan interaksi dan tidak hanya mempromosikan berbagai produk yang ada sehingga tidak bosan.

Selain itu, saat membuat berbagai macam konten yang ada penguna sebaiknya memilih warna yang menarik dan mempresentasikan produk sehingga menjadi cirik khas tersendiri.

Strategi ini sudah sering digunakan oleh akun social media berbagai perusahaan besar untuk membuat foto lebih rapih dan sedap dipandang.

Dalam membuat konten video sendiri, penjual bisa memadukan konten promosi dan juga edukasi sehingga konsumen tidak hanya melihat iklan produk namun juga mendapatkan pengetahuan baru tentang produk anda.

Beberapa konten video yang bisa digunakan adalah konten tutorial menggunakan produk atau tips mudah yang mampu menjawab permasalahan konsumen dengan menggunakan produk yang dimiliki.

Kelebihan lainnya dari memiliki fanspage Facebook adalah pengguna bisa menggunakan fitur iklan berbayar yang menyasar pada konsumen potensial sehingga produk lebih cepat dikenal.

Penjual juga bisa memanfaatkan berbagai konten video untuk melakukan promosi di iklan berbayar.

Kelebihan lainnya dari menggunakan fanspage Facebook adalah pengguna bisa mengunggah berbagai katalog yang tidak hanya berisi gambar produk sesuai kategori namun kontak telepon dan juga alamat yang dimiliki.

Dengan mencantumkan kedua identitas tersebut akan membuat konsumen percaya pada produk yang anda jual sehingga lebih yakin dalam melalkukan proses jual beli.

Selain itu penjual juga bisa mencantumkan link market place yang dimiliki di kolom deskripsi sehingga pembeli yang tertarik membeli bisa langsung mengunjungi akun toko yang dimiliki untuk melakukan proses transaksi.

Bisnis Lebih Profesional

Disaat mencari produk tertentu di social media, tipe akun mana yang lebih anda percaya? Apakah akun bisnis atau akun personal yang digunakan untuk promosi produk?

Tentunya banyak orang yang akan memilih akun bisnis karena dinilai lebih profesional dan fokus pada produk yang ada dibandingkan akun biasa yang biasanya bercampur dengan konten milik pribadi.

Dengan memiliki akun fanspage Facebook juga akan membangun branding yang lebih profesional sehingga konsumen lebih percaya pada produk yang dipromosikan melalui social media.

Akun fanspage Facebook sendiri dinilai lebih meningkatkan engagement dan menaikkan nama akun lebih cepat dibandingkan menggunakan akun pribadi.

Akun Fanspage Facebook Bisa Dipromosikan Melalui Iklan

Ingin akun social media dikenal lebih cepat oleh konsumen yang tepat? Menggunakan iklan berbayar bisa menjadi solusi untuk menaikkan pamor akun anda.

Keuntungan menggunakan iklan berbayar ini hanya bisa ditemukan saat anda menggunakan akun fanspage Facebook. Iklan berbayar sendiri memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk membuat iklan yang menarik.

Pilihan Pemirsa yang Sesuai

Sebuah iklan yang dibuat tentunya akan lebih efektif apabila langsung menuju konsumen yang tepat. Untungnya Facebook Ads memiliki fitur untuk memilih pemirsa yang sesuai dengan target yang dituju.

Pada pilihan ini, pengguna akan diberi pilihan umur, gender, dan juga daerah yang dituju dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan sehingga hasilnya akan lebih sesuai dengan keinginan.

Apabila pemirsa yang dimiliki dinilai belum tepat maka pengguna bisa mengubahnya dengan mudah.

Kelola Anggaran dan Iklan Dengan Mudah

Kata siapa beriklan di Facebook Ads membutuhkan biaya besar? melalui fitur ini pengguna bisa menentukan berapa anggaran yang dikeluarkan untuk iklan tersebut sesuai dengan durasi dan besarnya jangkauan yang dituju.

Saat memulai untuk menggunakan Facebook Ads maka pengguna bisa menentukan jumlah terkecil lebih dahulu dan jika hasilnya lebih efektif maka bisa ditingkatkan seusai kebutuhan agar hasilnya maksimal.

Proses pembayarannya pun bisa menggunakan kartu kredit dan bisa ditarik sesuai dengan anggaran yang ditentukan.

Pilih Kampanye yang Menarik

Berbeda konsumen maka berbeda juga kampanye yang digunakan, karenanya pengguna pun sebaiknya mengetahui jenis kampanye apa saja yang disukai oleh konsumen.

Facebook sendiri menyediakan dua jenis kampanye yang digunakan yaitu melalui konten foto dan video yang bisa dipilih sesuai media yang dimiliki dan disukai oleh pembeli yang disasar.

Penjual juga bisa mempromosikan kontan yang memiliki engagement tertinggi sehingga bisa dilihat oleh konsumen dan menguntungkan untuk menaikkan awareness akun jualan anda.

Ketahui Kinerja Iklan

Sudah lama beriklan namun hasilnya belum sesuai keinginan, maka anda bisa melakukan evaluasi pada iklan anda dengan insight yang disediakan oleh Facebook Ads.

Beberapa fitur yang disediakan insight Facebook Ads adalah tayangan halaman, jumlah suka halaman, jangkauan postingan dan cerita, interaksi postingan serta kenaikan pengikut halaman.

Berbagai fitur yang dimiliki ini tentunya berguna sebagai evaluasi iklan yang dimiliki untuk memutuskan apakah iklan yang dimiliki sudah optimal atau perlu diganti sehingga konsumen tidak bosan.

fitur di fanspage facebook

Fitur di Fanspage Facebook

Guna menghasilkan konten terbaik yang berguna untuk meningkatkan penjualan, Fanspage Facebook memiliki berbagai macam fitur tambahan yang bisa digunakan untuk mengetahui kinerja akun anda.

Beberapa fitur ini bisa digunakan untuk membuat Fanspage Facebook yang lebih efektif :

Ketahui Target Audience dengan Fitur Insight

Fitur pertama yang bisa digunakan di Fanspage Facebook adalah Insight, dengan layanan ini pengguna bisa mengetahui pemirsa yang selalu datang ke akun anda.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melihat konten apa yang biasanya disukai oleh konsumen melalui tingkat engagement sebuah unggahan, seperti banyaknya likes, komentar, dan share.

Pengguna juga bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah postingan agar mendapatkan engagement yang lebih tinggi dengan melihat waktu yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen,

Rencanakan Konten dengan Fitur Penjadwalan

Sibuk membuat konten hingga lupa mengunggahnya di Fanspage Facebook? Masalah ini bisa anda selesaikan dengan menggunakan fitur penjadwalan konten.

Dengan menggunakan fitur ini pengguna tidak perlu memasang alarm sebagai pengingat mengunggah konten di Fanspage Facebook.

Berbagai konten yang sudah siap tayang pun bisa dijadwalkan dengan pilihan waktu tertentu seperti beberapa jam atau beberapa hari kemudian.

Konten yang sudah dijadwalkan mendadak harus di revisi? Tenang saja, anda bisa mengubahnya sebelum postingan naik sehingga hasilnya nanti bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

tutorial membuat fanspage facebook

Tutorial Membuat Halaman Fanspage Facebook

Sebelum mulai promosikan jualan anda melalui akun fanspage facebook, ketahui dulu bebeerapa tutorial mudah dalam membuat halamannya dengan mudah dalam waktu cepat.

Buat Dulu Akun Personal

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat akun fanspage Facebook adalah membuat akun personal terlebih dahulu.

Pengguna sebaiknya menyiapkan berbagai tools terlebih dahulu, diantaranya akun email yang sudah terverfikasi oleh Google Mail, password yang akan digunakan, serta foto profil yang sesuai dengan branding yang akan dibangun.

Dalam pemilihan password, pengguna sebaiknya memilik kata sandi yang bisa diingat dengan mudah sehingga akan memudahkan saat log in di gadget yang lain.

Pengguna bisa menggunakan logo yang telah digunakan di kemasan produk agar konsumen bisa menemukan barang anda lebih mudah saat berbelanja di pusat perbelanjaan.

Setelah itu, pengguna bisa mengubah akun personal tersebut menjadi akun fanspage dengan masuk ke halaman Create Page.

Pilih Kategori Bisnis yang Sesuai

Saat memasuki halaman Create Page, pengguna akan diberikan dua pilihan yaitu akun fanspage untuk Business or Brand guna menaikkan usaha yang dimiliki atau halaman Community or Public Page apabila pengguna ingin membuat akun untuk komunitas anda.

Pilihlah kategori yang sesuai karena setiap pilihan fanspage Facebookyang dipilih tentunya memiliki beberapa fitur dan pengaturan yang berbeda.

Isi Dulu Identitas yang Diminta

Setelah memilih kategori fanspage yang sesuai maka pengguna bisa mengisi identitas yang diminta. Beberapa hal yang sebaiknya anda isi adalah alamat usaha, nomor telepon perusahaan, foto profil yang sesuai.

Dalam pengisian alamat usaha, pengguna sebaiknya megisi dengan alamat yang valid dan tidak ada kesalahan dalam penulisannya sehingga akan mempermudah konsumen untuk mencari alamat bisnis anda.

Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkan dengan Google Maps sehingga bisa mempermudah dalam mengarahkan konsumen ke alamat yang sesuai.

Pengisian nomor telepon pun sebaiknya menggunakan nomor yang aktif sehingga mempermudah konsumen dalam berkomunikasi dengan anda apabila ingin memesan barang dalam jumlah banyak.

Pengguna juga bisa mengubungkan nomor telepon dengan akun WhatsApp Business sehingga konsumen bisa mudah dalam menghubungi dengan anda.

Dalam pemilihan foto profil pengguna diminta untuk mengisikan foto profil dengan pilihan ukuran 300px X 300px dan 828 px X 315px

Foto profil yang akan digunakan pun sebaiknya tidak blur dan bisa dilihat jelas oleh konsumen. Pengguna juga bsia menggunakan logo produk yang dimiliki yang telah dibuat melalui berbagai aplikasi edit foto.

Penggunaaan logo juga dinilai menguntungkan karena logo biasanya digunakan di kemasan produk sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan produk anda di pusat perbelanjaan.

Perbarui Nama Username

Jangan lupa juga untuk mengubah nama username fanspage Facebook sesuai dengan nama usaha anda. Gunakan pemilihan huruf yang sesuai dan tidak alay agar mudah dicari oleh konsumen.

Pastikan juga nama bisnis tidak berubah agar pelanggan lama bisa tetap mencari halaman Facebook anda dan menjadi branding yang sesuai.

Undang Pengikut pertama dan Unggah Konten Pertama

Langkah selanjutnya adalah pengguna bisa mengundang 10 orang pertama untuk menjadi pengikut. Pengguna bisa mengajak staf anda untuk mengikuti akun Fanspage Facebook tersebut.

Setelahnya pengguna juga bisa mengunggah konten pertama di akun yang dimiliki. Salah satu konten yang bisa di unggah berupa konten foto atau video sambutan atas akun yang telah dibuat.

Apabila pengguna sudah memiliki akun social media lain yang memiliki pengikut yang lumayan maka anda bisa mempromosikan akun fanspage Facebookdengan mengadakan giveaway dengan syarat mengikuti dan juga menyebarkan akun yang baru saja dibuat.

Dijamin pengikut anda bisa naik lebih cepat sehingga memudahkan untuk promosi selanjutnya.

Sempurnakan Pengaturan General

Pengguna juga sebaiknya menyempurnakan pengaturan general di akun fanspage Facebook. Caranya dengan masuk ke bagian general serta pastikan page visibility berubah ke status published.

Jangan luoa juga untuk mengatur visitor post sehingga pengikut anda tidak bisa sembarangan mengunggah media di kolom komentar postingan.

Atur Info yang Sesuai

Agar akun fanspage Facebook anda semakin profesional maka anda bisa melengkapi berbagai informasi tambahan lainnya seperti : jam operasional bisnis, alamat, serta deskripsi lainnya.

Pengaturan ini dilakukan agar pengguna dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi toko anda dan juga tahu produk apa yang dipasarkan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Dalam penulisan deskripsi, sebaiknya tuliskan dalam kalimat yang singkat dan menjelaskan produk apa saja yang dijual.

Buat Pesan Agar Bisa Diakses Konsumen

Salah satu cara komunikasi lain selain menuliskan komentar di postingan atau siaran langsung, pembeli bisa menuliskan keluhan atau apresiasi produk anda di kolom pesan.

Pembeli juga biasanya menggunakan fitur pesan ini untuk melakukan komplain dengan harapan masalahnya lebih cepat diatasi.

Guna membuat fitur pesan anda menjadi lebih profesional, pengguna bisa mengaktifkan pesan pembuka otomotis untuk menyambut pesan dari konsumen.

Pengguna bisa menuliskan pesan otomotis berupa kata-kata sambutan yang manis dan juga menggunakan emoticon untuk membrikan kesan ramah pada pengguna.

Ajak Tim Anda Untuk Bergabung

Memiliki akun fanspage Facebook yang aktif tentunya dibutuhkan banyak orang untuk mengatur konten yang akan diunggah atau membalas berbagai komentar dari konsumen di konten yang ada sehingga meningkatkan engagement.

Pengguna bisa mengajak staf yang dipilih dengan mengatur kolaborator di bagian page roles dan masukkan akun Facebook pengguna yang akan diajak untuk bergabung.

tips fanspage facebook

Tips Fanspage Facebook Viral

Banyaknya kompetitor yang membuka akun fanspage Facebook tentunya membuat penjual harap-harap cemas dan memikirkan berbagai startegi social media marketing yang tepat agar akun fanspage Facebook yang dimiliki semakin dikenal konsumen sehingga meningkatkan penjualan.

Tidak hanya bergantung pada promosi menggunakan iklan berbayar, pengguna juga sebaiknya membuat berbagai konten yang menarik dan unik serta bisa meningkatkan engagement dengan pengikut agar akunnya menjadi lebih viral.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk menaikkan akun fanspage Facebook anda.

Ajak Teman untuk Bergabung di Fanspage Facebook

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mempromosikan akun fanspage facebook anda ke teman-teman terdekat. Pengguna bisa mempromosikan melalui WhatsApp atau Instagram story pribadi agar pengikut anda bisa mengikutinya.

Selain itu, apabila pengguna sudah memiliki akun social media lain yang memiliki pengikut lumayan banyak maka bisa mempromosikan akun fanspage facebook baru melalui konten Giveaway.

Pengguna bisa membuat persyaratan untuk mengikuti akun Facebook tersebut dan mengirimkan buktinya dengan mengunggah di akun pribadi milik konsumen.

Strategi ini selain bisa menaikkan pengikut akun yang dimiliki dengan cepat juga bisa mengenalkan akun anda ke calon konsumen yang belum mengetahui produk anda.

Berikan juga hadiah yang menarik dan belum pernah digunakan sebelumnya agar konsumen makin semangat untuk mengikuti program Giveaway yang diadakan.

Buat Konten yang Viral

Salah satu stragei lain yang bisa digunakan agar akun fanspage Facebook yang dimiliki semakin naik adalah membuat berbagai konten viral.

Pengguna bisa melakukannya dengan mengkreasikan kembali konten yang tengah naik daun atau membuat konten sendiri sesuai dengan keinginan.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa membuat konten yang belum pernah dibuat sebelumnya sehingga pengikut yang telah mengikuti anda tertarik untuk memberikan komentar atau menyukai konten anda.

Cara lainnya adalah melakukan kerjasama konten dengan influencer terkenal yang masih berkaitan dengan produk anda agar bisa meningkatkan menjangkau konsumen yang memiliki kesukaan sama.

Selalu Evaluasi Insight Fanspage Facebook

Sudah melalukan berbagai cara agar akun fanspage Facebook makin viral namun hasilnya masih jalan di tempat? Maka pengguna bisa melakukan evaluasi dengan menganalisa hasil insight yang dimiliki.

Pengguna bisa melihat konten mana yang disukai oleh konsumen sehingga bisa dikembangkan lebih banyak untuk menarik konsumen.

Naikkan juga konten yang pernah viral untuk menaikkan engagement akun anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.