pexels pixabay 533446

Tips Membuat Social Media Management yang Efektif

Atur akun social media anda menjadi lebih baik menggunakan social media management yang sesuai dengan strategi marketing yang telah anda buat.

Kemajuan internet yang semakin pesat menjadikan social media sebuah tempat yang dikunjungi setiap harinya.

Mulai dari mendapatkan kabar terbaru dari teman dan kerabat, mencari produk kesukaan yang baru saja diluncurkan, atau sekedar mendapatkan hiburan dari berbagai video lucu yang tersedia di internet.

Hal ini juga membuat social media terus berkembang dan berubah menjadi media pemasaran yang efektif bagi banyak brand terkenal atau sedang berkembang.

Kebiasaan mencari dan membeli barang dari internet, akhirnya juga menjadikan social media sebagai platform dimana seseorang bisa mengobrol dan mengulas produk yang baru saja diluncurkan oleh brand terkenal, atau sekedar membahas barang-barang lucu yang muncul di internet.

Sehingga tidak mengherankan apabila sebanyak 74% pengguna social media  menggunakan social media sebagai pertimbangan sebelum membeli barang tertentu.

Cara ini mungkin juga anda lakukan saat sedang mencari produk tertentu, namun belum mengetahui brand yang menjual dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau.

Sehingga kehadiran social media management sangat penting untuk mengatur strategi yang tepat agar brand anda mendapatkan perhatian dari konsumen menggunakan konten yang diunggah di berbagai platform social media.

social media management

Apa Itu Social Media Management

Dalam mengembangkan akun social media, memiliki tema tertentu akan membantu menaikkan kepopuleran akun brand yang anda kembangkan.

Hal ini dikarenakan pengikut anda akan selalu penasaran pada konten akan anda unggah setiap hari serta betah untuk melihat berbagai tema postingan yang telah diunggah sebelumnya.

nsj7N1F3SmqZ5ODOcTaP

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @thebodyshopindo yang menjual berbagai kebutuhan wanita sambil menyelipkan berbagai konten edukasi dan komedi yang selaras dengan produk yang dijual.

Hal ini tidak hanya membuat konsumen memiliki alasan untuk mengikuti akun tersebut, namun terus menunggu konten yang akan diunggah setiap harinya.

Guna mengembangkan konten yang selaras dengan visi misi sebuah brand, maka dibutuhkan juga social media management dengan strategi marketing yang tepat.

Secara singkatnya, social media management merupakan segala usaha untuk mengembangkan akun social media, termasuk tata cara membalas komentar dan pesan dari konsumen.

Tidak hanya itu, social media management juga berhubungan dengan aspek-aspek penting di strategi digital marketing, yang membantu dalam membangun informasi aktual mengenai kebiasaan konsumen serta pembaruan fitur social media terbaru.

Hal ini dikarenakan seorang marketer dan kreator social media juga perlu mengetahui informasi penting mengenai target pasar serta strategi dalam menghadapi berbagai masalah yang muncul.

Setelah strategi social media berhasil dirancang dengan apik, maka social media management akan membantu dalam menjalankan social media dengan apik sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya.

Social media management yang efektif juga akan membantu menghasilkan berbagai keuntungan bagi sebuah brand dalam promosi di social media.

Keuntungan Menggunakan Social Media Management

Meskipun platform social media memiliki layanan iklan berbayar yang menguntungkan bagi sebuah brand untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, namun hal ini juga harus di dukung dengan social media management yang tepat.

Hal ini dikarenakan pengguna social media yang telah mengikuti akun anda, akan menganalisa cara interaksi dengan konsumen dan konten yang anda unggah, sebelum memutuskan membeli produk yang anda jual.

Cara ini juga akan membantu pengikut baru anda bertahan lebih lama dan tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten yang telah anda unggah.

Tidak hanya itu, penggunaan social media management juga memberi keuntungan lebih bagi sebuah brand dalam membangun hubungan dengan konsumen.

Pengeluaran Promosi yang Lebih Hemat

Saat melakukan promosi di social media, seorang marketer biasanya melakukan dua cara untuk memanjakan dan menjangkau konsumen, yakni dengan promosi organik dan berbayar.

Pada promosi organik, maka anda akan membuat strategi social media menggunakan konten yang anda unggah pada waktu-waktu tertentu.

Postingan tersebut juga mengandung promosi produk atau edukasi ke konsumen, agar lebih tertarik dalam mencoba produk yang anda jual.

Sedangkan pada promosi berbayar, seorang marketer akan mengedarkan konten iklan di berbagai platform social media dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun, dalam promosi berbayar ini anda juga perlu membuat konten gambar dan video yang mampu menyampaikan informasi yang ingin anda sampaikan ke calon konsumen.

Karenanya social media management hadir untuk membuat promosi organik dan berbayar anda semakin efektif dengan social media budget.

Jangkau Audience yang Lebih Luas

Berbagai social media terkenal seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook memiliki banyak pengguna yang tersebar di berbagai negara.

Banyaknya pengguna tersebut, pastinya memiliki kesukaan yang berbeda, dan masalah yang dihadapi dan mungkin bisa anda bantu melalui produk yang anda miliki.

Sehingga tidak mengherankan banyak brand terkenal atau berkembang menggunakan platform social media sebagai media untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Social media management juga akan membantu akun social media brand anda menjangkau audience yang lebih luas dengan konten promosi yang sesuai dengan nilai dan kebiasaan konsumen.

Kemudahan Interaksi dengan Konsumen

Salah satu alasan terbaik menggunakan social media management adalah kemudahan dalam melakukan interaksi dengan konsumen.

Hal ini dikarenakan social media management akan membantu dalam mendekatkan diri dengan konsumen melalui balasan komentar atau pesan sesuai dengan gaya bahasa yang telah dibuat sesuai dengan konsumen yang dimiliki.

Social Media Management Membantu Menaikkan Penjualan

Keberadaan social media management juga menjadi peluang yang bagus untuk menaikkan penjualan secara cepat.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang melihat iklan anda di social media, serta kecepatan dalam menjawab berbagai pertanyaan konsumen yang ingin meyakinkan diri sebelum membeli produk tersebut.

Pengalaman yang menyenangkan saat mendapatkan layanan konsumen yang baik akan membuat pembeli tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Di sisi lain, social media merupakan tempat yang tepat untuk melakukan influencer marketing melalui kolaborasi dengan key opinion leader yang memiliki banyak pengikut serta memiliki pengaruh untuk meningkatkan keyakinan konsumen.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh influencer tiktok @natashasurya yang mampu meyakinkan konsumen berkat rekomendasi produk yang disuguhkan kepada pengikutnya.

Pembawaan yang menarik dengan gaya story telling yang khas membuat pengikutnya tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Kepercayaan konsumen ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk yang lebih efektif karena ulasan yang jujur.

yjRnUkpSfmDhJEW8iHHg

Di balik akun social media yang menarik perhatian, terdapat perencanaan yang matang agar postingan anda mendapatkan perhatian konsumen.

Beberapa cara berikut bisa anda gunakan untuk mengembangkan strategi social media management yang efektif dalam jangka waktu lama.

Kenali Konsumen Anda

Memahami konsumen bisa menjadi langkah awal dalam membangun social media management yang tepat, hal ini dilakukan agar anda bisa memberikan layanan sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh konsumen anda.

Hal ini juga perlu di dukung dengan demografi yang berisi data mengenai konsumen, hal ini bisa berisi tantangan yang dihadapi oleh konsumen serta solusi yang ingin di dapatkan dari produk yang anda miliki.

Cara memulai untuk mengenali konsumen adalah membuat buyer persona yang mendeskripsikan berbagai jenis calon pembeli yang anda miliki.

Sebuah buyer persona yang lengkap akan membantu anda memahami tantangan, kebutuhan, serta keinginan yang dimiliki oleh konsumen anda.

Sehingga dengan informasi ini akan membantu anda dalam menghasilkan konten social media yang menarik dan membantu masalah konsumen, yang nantinya akan membantu dalam perjalanan dalam menentukan pilihan produk yang sesuai.

Pilih Platform Social Media yang Sesuai

Berapa banyak akun social media yang anda miliki? atau apakah anda memiliki akun dari setiap social media yang sedang naik daun?

Saat mengakses internet, anda akan menemukan berbagai social media yang banyak diakses setiap harinya, seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook.

Banyaknya akun social media ini, terkadang membuat kreator tergoda untuk membuat berbagai akun untuk memaksimalkan promosi yang anda miliki.

Sayangnya cara ini terkadang kurang efektif, mengingat setiap platform memiliki konsumen dengan usia dan minat yang berbeda.

Salah satunya adalah Tiktok yang banyak digunakan oleh anak muda dengan usia antara 16-24 tahun dengan tipe konten komedi.

Sedangkan Facebook biasanya diisi dengan pengguna dewasa antara 35-50 tahun yang mengakses akun facebook untuk interaksi dengan teman sebaya atau mendapatkan informasi terbaru.

Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui tempat konsumen anda berkumpul agar kegiatan promosi menjadi lebih efektif.

Namun, apabila anda masih bingung memilih platform social media yang sesuai, mengumpulkan informasi dari buyer persona yang telah anda buat dan mengakses berbagai platform social media.

Anda juga bisa menggunakan akun pribadi anda untuk mencari akun, hashtag, pertanyaan, dan konten yang berkaitan dengan industri anda.

Apabila anda menemukan konten serta pertanyaan mengenai industri anda sedikit, maka anda bisa beralih ke platform lain yang memiliki hasil yang lebih banyak.

Buat Strategi Social Media

Bagian paling penting dalam menjalankan social media management adalah strategi yang tepat untuk menjangkau konsumen yang anda inginkan. Strategi ini juga berisi beberapa hal penting, diantaranya adalah :

Tipe Konten 

Pembuatan konten merupakan aspek penting dalam social media management, sebab pengguna social media biasanya akan terhubung juga dengan akun social media yang mereka sukai dan menyampaikan informasi sesuai dengan masalah mereka.

Anda juga bisa menggunakan konten social media sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan audience anda, sehingga membangun hubungan yang baik serta mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Sebuah konten social media yand anda buat, akan berisi informasi mengenai audience dan produk yang akan dipromosikan ke konsumen.

Pastikan juga konten anda akan menyasar konsumen yang sesuai, sehingga promosi akan berjalan lancar.

Anda bisa menggunakan berbagai format konten untuk memaksimalkan promosi dan interaksi, serta menghindari rasa bosan yang menghinggapi konsumen anda.

Waktu Unggah Konten 

Setelah membuat konten yang sesuai dengan campaign serta menggunakan jenis konten yang disukai oleh konsumen, maka inilah saatnya untuk mengunggah konten tersebut di platform social media anda.

Anda mungkin bisa mengunggah konten social media kapan saja, namun penting untuk mengetahui waktu unggah konten, agar postingan anda dapat menjangkau pengikut yang lebih banyak serta mendapatkan perhatian lebih.

Sayangnya, jadwal unggah konten yang telah ditetapkan bisa saja berubah apabila anda melewatkan waktu tersebut, karena fokus ke kegiatan lainnya.

Karenanya agar anda bisa mengunggah konten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka menggunakan website social media manager bisa menjadi alternatif.

Hal ini dikarenakan mereka mampu menampung banyak akun social media sekaligus, sehingga anda tidak perlu membuka banyak tab dalam jumlah banyak.

Namun, jika social media budget anda tidak mencukupi untuk biasa berlangganan, maka anda bisa menggunakan website creator studio yang bisa menyediakan layanan penjadwalan konten secara gratis tanpa memerlukan biaya tambahan.

Interaksi dengan Konsumen Anda

Melakukan interaksi dengan konsumen anda merupakan bagian paling penting dalam social media management.

Hal ini akan membuka peluang untuk melakukan interaksi secara langsung dan mempelajari tantangan yang dihadapi, keinginan, serta kebutuhan yang mereka inginkan, sehingga bisa anda wujudkan untuk meningkatkan layanan konsumen.

Anda bisa memulai interaksi tersebut dengan membalas berbagai komentar yang masuk serta menawarkan informasi yang berguna.

Lengkapi dengan Tim yang Solid

Sebuah strategi marketing yang apik, tidak akan berjalan mulus tanpa adanya bantuan dari tim yang solid.

Apalagi jika ditambah dengan anggota yang memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya, maka akan mampu menghasilkan konten yang selaras dengan strategi marketing yang telah dibuat.

Karenanya dibalik strategi digital marketing yang sukses, akan ada tim yang memiliki pemahaman mengenai calon pembeli yang dimiliki.

Selain itu, dalam membangun tim yang solid, juga perlu diimbangi dengan beberapa kemampuan yang harus berkembang dari waktu ke waktu.

Analisa Social Media

Sebagai seseorang yang memipim jalannya tim marketing, tentu anda akan lebih banyak berbicara dengan anggota tim yang lain untuk melaporkan perkembangan akun social media brand yang anda pegang.

Dalam proses diskusi tersebut akan dibutuhkan data yang berasal dari analisa social media, sehingga setiap ucapan anda akan selaras dengan informasi yang didapatkan.

Pastikan juga anda memahami cara menjelaskan informasi tersebut dengan jelas, sehingga tidak timbul kesalahpahaman di kemudian hari.

Manajemen Waktu

Proyek social media yang bertambah dari waktu ke waktu tentunya akan membuat anda kewalahan apabila tidak diimbangi dengan manajemen waktu yang tepat.

Sebagai seorang manager yang memimpin banyak proyek, maka penting bagi anda untuk menentukan durasi pengerjaan masing-masing tugas sehingga proyek anda bisa selesai di waktu yang telah ditentukan.

Feedback

Setelah proyek selesai dan mendapatkan sambutan yang baik dari klien atau perusahaan anda, maka biasanya seorang manager akan mendapatkan ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan proyek yang bisa dievaluasi di waktu yang akan datang.

Feedback tersebut tentunya akan anda sampaikan ke anggota tim yang lain, agar mereka mengetahui kelebihan dan kekurangan yang bisa diperbaiki apabila ada proyek lainnya.

Karenanya, pastikan juga anda menyampaikan feedback yang dapat membangun kemampuan anggota menjadi lebih baik.

Cara Mengembangkan Social Media Management

Rekomendasi Social Media Management Tools

Dalam mengembangkan social media management yang efektif, tentunya anda perlu memerlukan bantuan tools yang dapat membantu pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Berikut beberapa rekomendasi social media management tools yang bisa digunakan untuk membuat strategi yang sesuai.

AgoraPulse

Platform pertama yang bisa digunakan untuk merancang social media management adalah AgoraPulse, dimana anda diberikan kemudahan dalam mengontrol kegiatan di akun anda, seperti membalas komentar atau pesan yang masuk.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam melakukan interaksi di social media, sehingga tidak perlu membuka banyak tab yang berisi akun social media yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan fitur schedule yang dapat membantu dalam mengunggah konten anda di waktu yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga anda tidak akan melewatkan jadwal yang telah dibuat.

Anda juga bisa mendengarkan keinginan konsumen melalui berbagai mention yang masuk dengan layanan social media listening yang diberikan.

kP7SpailQweJ17oiGIjH

Sendible

Apabila anda memiliki agency social media dan membutuhkan platform social media management, maka Sendible adalah jawabannya.

Meskipun platform ini memiliki kesamaan dengan Agorapulse, namun website ini cocok digunakan untuk mengontrol banyak akun social media yang dimiliki oleh klien anda, sehingga anda tidak akan kerepotan dalam mengontrol berbagai akun sekaligus.

Beberapa layanan yang disediakan oleh Sendibel adalah kemudahan dalam penjadwalan konten di satu tempat khusus, kolaborasi dengan anggota lain untuk membahas konten yang akan diunggah, kemampuan analisa akun social media, serta memahami keinginan konsumen melalui social media listening.

Tidak hanya itu, Sendible juga bisa digunakan di handphone dengan berbagai layanan social media tools yang mumpuni.

RYYIjVtUTauACUi51CSE

SocialPilot

Platform social media management ini juga bagus untuk digunakan dalam merencanakan konten di berbagai akun social media yang anda miliki.

Sehingga apabila anda memiliki profesi yang mengharuskan anda untuk bekerja sama dengan brand lain, maka SocialPilot bisa digunakan untuk menjadwalkan konten bagi beberapa akun dan brand di waktu bersamaan secara efektif.

Tidak hanya itu, platform ini juga memiliki berbagai layanan yang membantu dalam optimasi konten social media sehingga menghasilkan postingan yang disukai oleh konsumen.

Selain itu, SocialPilot juga menyediakan berbagai artikel dan webinar yang bisa anda ikuti untuk meningkatkan kemampuan serta memperbarui informasi terbaru mengenai social media.

IZF9W6GjQpmLCmB2Vqvf

CrowdFire

Sebuah konten social media yang selalu berada di bagian atas halaman pengguna dapat membantu untuk menaikkan interaksi serta mendapatkan perhatian lebih dari pengikut anda.

Hal ini dikarenakan pengguna social media hanya melihat bagian atas konten social media, sebelum akhirnya beralih ke fitur lainnya.

Karenanya penting bagi seorang kreator untuk mengetahui waktu aktif konsumen agar anda bisa mengunggah di waktu tersebut sehingga mendapatkan perhatian lebih.

Guna membantu strategi tersebut, maka anda bisa menggunakan layanan insight di akun business untuk mengetahui waktu aktif konsumen.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan website CrowdFire yang membantu untuk memilih waktu saat konsumen anda aktif di social media.

SocialBee

Salah satu hambatan saat membuat konten social media adalah kekurangan ide yang akan disampaikan ke pengikut anda.

Hal ini akan membuat kreator memutar otak untuk mencari ide konten yang belum disampaikan ke konsumen dan disukai oleh pengguna social media.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan konten lama yang telah anda unggah dan dibuat kembali sesuai dengan kebutuhan.

Untungnya, SocialBee menyediakan layanan tambahan yang merekomendasikan konten lama yang bisa anda gunakan kembali sebagai alternatif postingan social media saat kekurangan ide terbaru.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat iklan di internet dengan koneksi yang telah terhubung dengan Google My Business.

Sumber:

What is Social Media Management? What Do Social Media Managers Do? (nealschaffer.com)

The Complete Guide to Social Media Management | Sprout Social

What is Social Media Management and Why is it a Must for My Business? (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.