9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Mudah dan Ampuh!

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Mudah dan Ampuh!

Penasaran dengan cara meningkatkan pengunjung blog? Beberapa langkah berikut ampuh untuk meningkatkan traffic blog.

Apakah Anda sedang mencari cara meningkatkan pengunjung blog? Bagi seorang blogger atau pebisnis online, jumlah pengunjung adalah hal yang sangat penting.

Hal tersebut karena semua blogger atau pebisnis online pasti ingin blognya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke blog atau website. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke blog bisa dilakukan secara gratis, tetapi ada juga sumber trafik yang memang membutuhkan modal.

Sebenarnya cara meningkatkan pengunjung blog itu tidak terlalu susah. Intinya, Anda hanya perlu mengoptimasi blog supaya bisa ditemukan banyak orang. Entah itu di pencarian Google, media sosial, atau lainnya.

Pada artikel kali ini kami akan coba menjelaskan beberapa cara meningkatkan pengunjung blog Anda. Walaupun ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog/ website yang Anda miliki.

Anda harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal. Simak pembahasannya sampai habis, ya!

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Mudah dan Ampuh!

Faktor yang Mempengaruhi Traffic Blog

Sebelum mengetahui cara meningkatkan pengunjung blog, Anda harus mempelajari terlebih dahulu faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah pengunjung di blog atau website Anda.

Traffic ini akan berpengaruh pada peringkat sebuah blog atau website di halaman hasil mesin pencari. Tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat terbaik di halaman pencarian Google.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan traffic website. Apabila website berada di ranking pertama Google, kemungkinan orang akan membuka website menjadi lebih tinggi.

Untuk bisa mencapai tujuan itu, dibutuhkan beberapa faktor tertentu supaya Google menaruh konten Anda di halaman pertama.

Konten yang Berkualitas

Riset keyword mungkin menjadi salah satu hal yang penting dalam mengembangkan SEO dan membuka peluang berada di peringkat teratas Google.

Meski demikian, kualitas konten tetap menjadi hal yang sangat penting. Idealnya, saat membuat konten bukan hanya sekadar mencari keyword, melainkan menjawab apa yang sedang dicari oleh user.

Oleh karena itu, usahakan untuk membuat konten yang berkualitas dengan penjelasan yang luas. Dilansir dari Neil Patel, konten yang bagus berawal dari optimasi keyword yang tepat untuk konten website.

Setelah menemukan keyword yang tepat, saatnya untuk mengeksekusi konten yang bagus. Jangan lupa untuk meriset website kompetitor yang berada di halaman pertama sebagai bahan perbandingan.

Backlink

Dilansir dari Ahrefsbacklink menjadi salah satu faktor yang paling penting dalam mempengaruhi peringkat website. Akan tetapi, tidak semua backlink dapat membuat website Anda berada di peringkat terbaik di Google.

Hanya backlink-backlink tertentu dengan kualitas tinggi yang dapat mempengaruhi peringkat situs. Dalam artian lain, backlink yang Anda masukkan harus mengandung dua unsur, yaitu relevansi dan tingkat kepopuleran website.

Sebagai contoh, Anda mempunyai website yang berisi review makanan. Lalu, Anda menaruh backlink di website dengan pembahasan yang sama dengan milik Anda.

Semakin relevan backlink, maka hal tersebut akan memiliki nilai yang tinggi. Tidak hanya relevan, usahakan backlink tersebut berada di salah satu situs website yang sangat populer.

Mobile Friendly

Tidak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak orang yang mengakses informasi melalui handphone. Oleh karena itu, pastikan bahwa website Anda ramah digunakan lewat handphone sehingga dapat dibuka dengan cepat dan nyaman dibaca.

Untuk saat ini, Anda bisa menggunakan teknologi dari Google yang bernama AMP (Accelerated Mobile Phone). AMP membuat loading website menjadi cepat saat dibuka lewat handphone , bahkan hanya dalam waktu kurang dari satu detik.

Dengan begitu, Anda dapat mengurangi persentase bounce rate di website.

Aktivitas Media Sosial

Konten online yang bagus tidak terbaca setiap hari, sebagian besar karena kurangnya promosi.

Perusahaan yang mengambil pendekatan tim untuk mempromosikan konten mereka di media sosial akan mengalami peningkatan dramatis dalam hal menarik traffic tambahan – terutama bila Anda konsisten.

Pada hal yang serupa, jangan merasa bahwa Anda hanya dapat mempromosikan artikel blog sekali. Jika postingan tertentu sangat populer di kalangan pembaca Anda di LinkedIn, misalnya, Anda dapat membagikannya kembali.

Bagikan lagi konten tersebut di LinkedIn dengan jarak waktu satu atau dua minggu kemudian di profil pribadi Anda atau di grup LinkedIn yang berbeda, dengan cara yang membantu dan bukan spam.

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial lainnya. Bentuk konten untuk berbagi platform seperti di Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

2

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pengunjung dalam sebuah blog, langkah selanjutnya adalah mencari tahu cara meningkatkan pengunjung blog.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, simak pembahasannya di bawah ini.

Buat Konten yang Berkualitas

Cara meningkatkan pengunjung blog yang pertama adalah dengan memperhatikan konten yang Anda buat. Mungkin Anda bertanya-tanya, konten yang berkualitas itu seperti apa?

Jawabannya adalah artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.  Misalkan, Anda akan menulis artikel mengenai “cara membuat website”.

Anda perlu membahas secara lengkap langkah-langkah membuat website. Riset terlebih dulu di hasil pencarian yang ada di halaman pertama dengan topik serupa. Lalu, buatlah artikel yang lebih bagus. 

Oya, satu lagi, ternyata panjang artikel yang diterbitkan juga bisa jadi penentu ranking lho. Jika jumlah kata artikel Anda sebelumnya hanya berkisar 300-an kata, sebaiknya tingkatkan lagi kuantitasnya. 

Sebab, menurut Backlinko, panjang artikel blog yang muncul di halaman pertama Google rata-rata berjumlah 1447 kata. Meski demikian, Anda tetap harus menyesuaikan dengan topik artikel yang dibuat.

Misalkan Anda membuat artikel tutorial install aplikasi yang panjangnya hanya 700 kata. Artikel Anda tetap bisa berpeluang muncul di halaman pertama, selama artikelnya lengkap dan lebih baik dari kompetitor. 

Melalui Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari.

Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Anda bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik Anda ke situs-situs social bookmarking.

Tujuannya adalah agar pengguna yang lain tertarik dengan URL yang Anda submit. Selanjutnya, mereka akan mengunjungi situs Anda dengan media social bookmarking tersebut.

Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

media sosial

Share Konten di Media Sosial

Selain menggunakan cara meningkatkan pengunjung blog melalui Google, coba juga potensi trafik dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. 

Terlebih lagi, jumlah pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia menempati urutan terbanyak ke-4 di dunia. Kira-kira kalau di total ada lebih dari 170 juta pengguna aktifnya.

Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik.

Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Facebook Ads adalah alat untuk meningkatkan trafik namun dengan cara berbayar. Berdasarkan pengalaman, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan.

Anda bisa mengatur berapa budget yang ingin dikeluarkan untuk sebuah klik iklan, dan Anda juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Cara membagikan kontennya jangan asal copy paste link saja. Kami menyarankan Anda membuat ringkasan artikel konten di blog Anda untuk dibagikan di media sosial. Jika diperlukan, Anda bisa membuat infografik supaya postingan Anda lebih menarik.

Sebar Lewat Email Marketing

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya adalah dengan memanfaatkan email marketing. Optimasi di pencarian Google, sudah. Lewat media sosial juga sudah.

Tak ada salahnya coba juga sebarkan lewat email marketing sebagai sumber trafik tambahan. Bahkan, strategi ini diyakini 40 kali lebih efektif dari pada menggunakan media sosial. 

 Oya, sebelum mengirim email marketing, pastikan Anda sudah membangun email list atau memiliki daftar email pengunjung blog. Untuk bisa mendapatkan email list tersebut, Anda perlu membuat formulir subscribe

Tak perlu membuat formulir yang panjang-panjang, cukup cantumkan kolom nama dan email saja untuk subscribe. Anda bisa membuat formulir menggunakan plugin seperti Contact Form 7

Nah, jika sudah memiliki email list, Anda bisa mulai membuat desain email marketing dan mengirimkannya menggunakan tool email marketing seperti Mailchimp

riset keyword

Lakukan Riset Keyword

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword sebelum membuat sebuah konten. Dari riset keyword, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang berpotensi dicari banyak orang atau volume pencariannya tinggi.

Sehingga, blog Anda bisa muncul di halaman atas mesin pencari. Nah, jika berhasil muncul di posisi teratas Google, blog akan berpeluang dikunjungi banyak pengunjung.

Terbukti, website ranking 1 di Google akan mendapatkan 33 persen trafik. Sementara ranking 2 dan seterusnya, tak sampai 20 persennya. 

Untuk melakukan riset keyword tepat, Anda perlu memperhatikan volume pencarian, tingkat kesulitan, saran kata kunci, dan SERP-nya.

Semua langkah tadi bisa Anda lakukan dengan mudah lewat tools riset keyword yang tersedia, seperti Ubersuggest, Google Trends, Ahrefs, dan masih banyak lagi.  

Pakai Judul yang Unik

Anda telah membuat konten dengan isi yang berkualitas, lalu cara meningkatkan pengunjung selanjutnya apa? Perhatikan judul konten yang sudah Anda buat. Isi konten sudah berkualitas, tapi judul kontennya tidak menarik.

Hal ini dapat berpengaruh pada jumlah pengunjung blog Anda. Hal tersebut karena 8 dari 10 orang mengaku pasti membaca judul sebelum klik sebuah artikel di hasil pencarian.

Itu artinya, judul artikel Anda jadi elemen penting yang akan dilihat pertama kali oleh orang. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat judul artikel yang menarik. 

Berikut ini beberapa tips membuat judul supaya dilirik oleh orang: 

  • Gunakan angka pada judul artikel jenis listicle. Contohnya: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Ampuh. 
  • Pakai kata-kata sifat yang kuat, misalnya kata ampuh, jitu, efektif, terlengkap, dan sejenisnya. Contoh judul: Kiat Jitu Menjalankan Diet Sehat (Terbukti Ampuh)
  • Jangan terlalu panjang. Buat judul sekitar 60 kata saja supaya tidak terpotong di halaman pencari.

Itu tadi beberapa kiat membuat judul yang unik. Intinya sesuaikan pula dengan isi konten ya. Jangan coba-coba clickbait alias tipu-tipu. Sebab, hanya akan membuat kredibilitas blog Anda menurun. Efeknya ranking blog Anda juga ikut turun.

link

Pakai Strategi Internal Link

Internal link adalah salah satu strategi SEO dengan cara menautkan link artikel dari blog Anda. Internal linking ini bertujuan untuk membuat struktur blog yang lebih mudah dipahami oleh Google.

Selain itu, Anda juga akan mempermudah pengunjung blog mendapatkan informasi lain yang diinginkan. Nah, ada beberapa cara menautkan link di artikel Anda.

Anda bisa langsung sisipkan link dalam teks yang relevan atau menyisipkannya sebagai bentuk rekomendasi artikel.

Jadi, bisa dikatakan, internal link ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan trafik dari konten yang ramai ke yang lebih jarang dikunjungi. Sangat menguntungkan, bukan?  

Lakukan Link Building

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya adalah melakukan link building. Secara sederhana, link building adalah kegiatan untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda.

Jenis link dari luar website ini disebut juga backlink.  Akan tetapi, mencari backlink tak boleh asal. Anda harus mencari backlink yang berkualitas dan memiliki trafik yang cukup berkualitas. Kenapa? 

Sebab, semakin banyak backlink dari website yang bagus, Google akan menilai blog Anda berkualitas. Artinya, blog Anda menjadi acuan website lain. Hasilnya, Google akan memprioritaskan blog Anda muncul di halaman pertama Google. 

Nah, berikut ada beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas:

  • Pilih website yang masih relevan dengan blog Anda.
  • Cari yang trafiknya tinggi. 
  • Domain authority tinggi. 
  • Memiliki rekam jejak outbound link yang bagus. 

Melalui Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog Anda, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut.

Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer.

Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti untuk memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Manfaat Blog untuk Bisnis

Kini Anda telah mengetahui cara meningkatkan pengunjung blog. Tidak ada salahnya Anda juga mempelajari tentang manfaat blog untuk bisnis Anda.

Memanfaatkan blog merupakan salah satu strategi content marketing yang penting dilakukan ketika Anda menjalankan digital marketing. Berikut adalah lima manfaat blog dalam membantu bisnis Anda.

Menarik Konsumen Baru

Mendatangkan customer baru bukanlah hal yang mustahil ketika Anda rutin mengupdate blog Anda. Konten yang paling menarik perhatian dan tepat sasaran tentunya menarik minat para pelanggan baru.

Posisikan diri Anda sebagai calon pelanggan yang melakukan riset online sebelum membeli sebuah produk atau layanan.

Kemungkinan besar Anda sebagai customer menggunakan Google untuk melakukan penelitian sebelum membeli produk/jasa.

Dari sini, Anda akan menentukan beragam hal yang mempengaruhi setiap keputusan pembelian. Seperti misalnya, dari harga, ulasan, kualitas produksi produk, dan lain-lain.

Calon pelanggan yang menemukan konten blog informatif dan menarik tentang subjek yang mereka cari akan tertarik untuk kembali lagi. Akan lebih bagus lagi jika mereka langsung beli saat itu juga.

Untuk mendapatkan manfaat blog yang satu ini tentunya memerlukan strategi. Membuat strategi blog bisa jadi membutuhkan waktu cukup lama dan pengalaman yang cukup.

cust relation

Membangun Hubungan dengan Potential dan Existing Customers

Keuntungan blog bagi perusahaan yang tidak kalah penting adalah fakta bahwa sebuah blog mampu membantu Anda dalam membangun komunikasi dengan calon pelanggan dan mereka yang sudah menjadi pelanggan setia.

Di dalam blog, Anda tidak hanya mempromosikan bisnis dengan konsep hard-selling. Anda juga membuat konsep promosi soft-selling yang sifatnya menyentuh emosional customer.

Sebagai contoh, apabila Anda menjual produk pomade, Anda bisa membuat berbagai artikel tentang tips rambut dan grooming lainnya bagi pria.

Dari sana, Anda membangun jembatan emosi kepada pembaca dan membuat mereka merasa terikat kepada produk Anda.

b4b

Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Kompeten di Industrinya

Blog tidak hanya berisi tentang update produk terbaru, tetapi juga informasi yang berkaitan dengan produk Anda.

Dengan terus melakukan update blog, existing dan potential customer akan benar-benar yakin bahwa Anda memang tahu apa yang Anda jual.

Audiens akan menilai bahwa Anda memiliki passion di bidang Anda sehingga akan memberikan informasi dan jasa yang terbaik untuk pelanggan.

Sebagai contoh, Gillette —silet pencukur kumis pria— memanfaatkan koran khusus grooming untuk mempromosikan produk. Taktik ini membuat Gillette betul-betul terlihat sebagai produk yang paling direkomendasikan dalam perawatan pria.

Hal yang sama bisa Anda lakukan dengan blog di masa kini. Jika blog Anda terpampang di halaman pertama Google, produk Anda akan dipercaya sebagai solusi dari permasalahan pelanggan.

Produk Anda pun akan terkesan superior dibanding dengan competitor yang tidak bisa ditemukan di Google.

Meningkatkan Kepercayaan terhadap Brand

Manfaat blog terakhir untuk bisnis adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda. Ketika suatu bisnis konsisten dalam membangun kepercayaan, reputasinya akan menyebar luas dengan lebih cepat.

Stephen R. Covey, penulis “The Seven Habits of Highly Effective People”, menyampaikan bahwa ketika tingkat kepercayaan seseorang cukup tinggi, komunikasi akan menjadi mudah, instan, dan efektif.

Ini sama saja dengan blogging! Memperbarui blog dengan rajin dan konsisten adalah cara meningkatkan pengunjung blog termudah bagi merek Anda untuk membangun kepercayaan ini.

Nah itu dia pembahasan mengenai cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa Anda coba dan terapkan pada blog Anda. Jika Anda memperoleh traffic yang bagus pada blog Anda, tentu akan berdampak positif juga pada bisnis.

Apabila Anda tertarik untuk mempromosikan blog atau website bisnis Anda, Social Media Marketer adalah partner yang tepat untuk Anda.

Dengan memanfaatkan strategi pemasaran di media sosial sebagai salah satu cara meningkatkan pengunjung blog, bisnis Anda akan berpotensi makin dikenal secara luas.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.