Cara Meningkatkan Penjualan Produk dalam Bisnis

8+ Cara Meningkatkan Penjualan Produk dalam Bisnis

Beberapa cara meningkatkan penjualan produk berikut ini bisa dilakukan pebisnis melalui strategi meyakinkan pelanggan.

Pebisnis perlu melakukan berbagai cara meningkatkan penjualan untuk bisa mencapai omset dan keuntungan yang ditargetkan. Pebisnis pasti ingin memiliki omset penjualan dan keuntungan yang meningkat setiap bulannya. 

Bagaimana cara meningkatkan penjualan bagi bisnis dan apa saja upaya wirausaha yang dapat dilakukan apakah seperti kegiatan dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini?

Memastikan penjualan bisnis terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Banyak perusahaan melakukan metode untuk bisa menghasilkan penjualan.

Mulai dari membangun relasi yang baik dengan customer hingga berbagai teknik marketing dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis.

Berusaha untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan adalah inti dalam sebuah perusahaan bisnis.

Kedua hal tersebut menentukan hidup atau tidaknya sebuah perusahaan yang dapat dilihat dari lancar atau tidaknya perusahaan dalam merekrut karyawan, membeli perlengkapan perusahaan, memproduksi produk, atau memberikan peningkatan dalam jasa pelayanan.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk dalam Bisnis

Hambatan yang Sering Ditemui dalam Berbisnis

Sebelum mengulas berbagai cara meningkatkan penjualan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kemungkinan hambatan apa saja yang sering dihadapi dalam berbisnis.

Tujuannya adalah supaya dapat memperhitungkan langkah antisipasi dalam mengatasi hambatan yang kemungkinan akan dihadapi nantinya di masa depan. Berikut ini beberapa hambatan yang sering ditemui dalam berbisnis.

Menemukan Pasar yang Tepat

Agar bisnis bisa berhasil, Anda harus bisa menemukan target pasar yang tepat untuk produk Anda. Walaupun produk Anda berkualitas, jika menjualnya ke pasar yang salah penjualan Anda akan sulit untuk berkembang.

Misalnya, Anda menjual produk perawatan premium tetapi menjualnya ke anak sekolah.  Agar tidak salah sasaran, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu kepada target audiens yang ingin Anda tuju.

Cari tahu kebutuhan mereka dan jenis produk yang mereka cari. Anda juga bisa melakukan riset mengenai platform yang biasa mereka gunakan sehingga Anda bisa lebih mudah membangun hubungan dengan mereka.

Memperoleh Kepercayaan Konsumen

Maraknya penipuan online membuat banyak orang semakin selektif dalam berbelanja online. Maka dari itu, ini menjadi salah satu tantangan bagi banyak pelaku bisnis online.

Pebisnis harus bisa meyakinkan konsumen bahwa bisnis online-nya kredibel dan dapat dipercaya. Untuk mengatasi ini, pebisnis dapat membagikan testimoni, rating, atau review dari pembeli sebelumnya sehingga konsumen pun merasa lebih aman untuk bertransaksi.

Selain itu, bisa juga dengan menampilkan foto asli dari produk khususnya untuk Anda yang berjualan produk fashion sehingga calon pembeli memiliki ekspektasi yang tepat terhadap produk dan tidak kecewa saat menerimanya.

Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Bukan hanya menarik konsumen baru, Anda juga harus bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar kembali membeli produk Anda. Anda akan sulit meningkatkan pendapatan bisnis apabila hanya mengandalkan konsumen baru. 

Untuk bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa membuat sejumlah program yang memberikan manfaat bagi mereka seperti referral program.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon spesial seperti diskon membership, diskon khusus customer lama, dan sebagainya. 

Menarik Perhatian Target Konsumen

Setelah menemukan target pasar yang tepat, tantangan selanjutnya adalah bagaimana memenangkan perhatian mereka. Di tengah pasar bisnis online ada banyak sekali konten dan kompetitor.

Artinya Anda tidak hanya bersaing dengan bisnis online lainnya tetapi juga dengan konten-konten dari beragam channel dan platform.

Untuk bisa memenangkan perhatian konsumen, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe konten seperti apa yang mereka sukai.

Dari sini Anda bisa menyesuaikan mulai dari strategi branding hingga konten yang Anda bagikan kepada mereka. 

Mengatasi Kompetitor

Dengan pasar yang luas, tingkat persaingan bisnis online juga menjadi sangat ketat. Apabila tidak dapat bersaing dengan kompetitor, bisnis online milik Anda akan sulit bertahan.

Pada dasarnya Anda harus berlomba dengan bisnis online lainnya untuk memenangkan fokus, perhatian, dan persepsi konsumen. Apabila tidak dapat bersaing, bisnis pun akan kesulitan untuk bertahan.

Maka dari itu, Anda harus bisa menonjolkan keunikan dan keunggulan bisnis dibandingkan kompetitor. Tawarkan sesuatu yang berbeda atau belum dimiliki kompetitor.

Anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu meriset siapa kompetitornya. Analisa apa kelebihan dan kekurangan mereka. Dari situ, Anda bisa mengembangkan strategi bisnis dan inovasi produk.

keuangan

Pengelolaan Keuangan

Hambatan yang sering dihadapi ketika menjalankan bisnis adalah mengelola keuangan perusahaan. Banyak pebisnis yang masih kurang paham dengan masalah keuangan dan akuntansi.

Hal ini bisa sangat berdampak pada bisnis karena bagaimana pun keputusan bisnis harus berdasarkan data keuangan yang tepat.

Belum lagi mengelola arus kas yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya jatuh bangkrut karena tidak memiliki arus kas yang baik.

Menyadari Langkah yang Salah

Setelah pengorbanan besar yang Anda lakukan tak jarang bukan hasil baik yang diterima. Di satu sisi anda merasa bahwa apa yang sudah dijalankan harus dipertahankan.

Di sisi lain Anda menyadari bahwa Anda sangat tersiksa dengan keadaan ini. Anda tidak perlu risau, mungkin hanya cara anda yang kurang tepat.

Ibarat Anda memiliki daging, tidak bisa anda memotongnya menggunakan pisau roti. Daging membutuhkan pisau daging. Roti membutuhkan pisau roti.

Sadarilah bahwa cara Anda kurang tepat. Lalu cobalah cara lain untuk mengurus bisnis Anda. Ini bukan berarti Anda gagal, hanya caranya saja yang kurang tepat.

cara

Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis

Setelah mengetahui beragam kendala yang mungkin ditemui dalam berbisnis, pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan dalam berbisnis.

Memperluas Target Bisnis

Hal paling mudah untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan memperluas target bisnis. Jika target pasar produk Anda sudah penuh, Anda bisa memperlebar target bisnis baru.

Jangan takut untuk mengeluarkan biaya saat diawal untuk mencari target pasar yang baru, yang terpenting lakukan riset pasar mulai dari produk, harga dan persaingan.

Jika riset Anda sudah tepat, maka kemungkinan besar menaikan keuntungan bukanlah hal yang sulit. Semakin luas jangkauan bisnis Anda, semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda.

Artinya, semakin tinggi juga kemungkinan penjualan meningkat. Untuk memperluas jangkauan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak platform penjualan.

Kenapa? Karena mungkin saja beberapa orang yang masuk ke dalam target pemasaran Anda tidak menggunakan platform penjualan yang Anda gunakan.

Misalnya Anda berjualan di media sosial, bisa saja orang-orang yang mencari produk yang Anda jual tidak bermain media sosial sehingga mereka tidak tahu mengenai bisnis Anda. 

Supaya Anda bisa menjangkau mereka, Anda bisa memperbanyak platform penjualan, misalnya dari yang tadinya hanya berjualan di media sosial kemudian juga berjualan di marketplace.

Dari sana, Anda bisa menjangkau lebih banyak target konsumen atau bahkan menemukan target audiens yang baru. Dalam memanfaatkan berbagai platform penjualan, Anda juga perlu mempelajari karakteristik dari platform tersebut.

Misalnya Anda berjualan di marketplace, Anda harus tahu kategori produk apa yang biasanya dibeli orang lewat marketplace tersebut. Jika Anda berjualan lewat Instagram, Anda perlu setidaknya memahami algoritmanya sehingga penjualan bisa optimal.

Buat Konten

Untuk meningkatkan penjualan, Anda tidak harus selalu membicarakan atau menjual produkmu secara langsung. Anda bisa menarik perhatian target konsumenmu lewat konten yang menarik.

Hal ini terutama penting jika Anda berjualan lewat media sosial dan website. Salah satu faktor yang dilihat orang sebelum mengikuti suatu toko online dan membeli barangnya adalah konten dari bisnis tersebut.

Apakah kontennya baik dari segi visual maupun isinya menarik atau bermanfaat? Dengan membagikan konten yang menarik, orang akan terdorong untuk melihat-lihat konten Anda yang lain atau mencari tahu lebih lanjut soal bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik bagi target konsumen? Anda bisa mempertimbangkan kira-kira konten seperti apa yang relevan dengan target audiens Anda dan masih berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Misalnya Anda menjual pakaian perempuan, Anda bisa membagikan cara-cara memadukan pakaian yang Anda jual untuk berbagai tipe style.

quality

Fokus Pada Kualitas Produk

Faktor utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan penjualan adalah memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual.

Meskipun kebanyakan pelanggan lebih tertarik dengan harga promo, namun kualitas produklah yang akan membuat pelanggan kembali ke toko Anda.

Anda perlu periksa dengan teliti mengenai kualitas produk jangan sampai ketika dipasarkan pelanggan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan keinginannya. Hal ini akan membuat pelanggan merasa kecewa.

Misalnya saja Anda menjual produk yang tidak tahan lama, katakanlah kepada calon pelanggan tersebut jika produk tersebut tahan dalam waktu yang singkat.

Jika Anda berkata sebaliknya, selain kecewa pelanggan mungkin saja tidak akan memilih produk Anda kembali.

Selain memastikan kualitas produk selalu terjaga, penting juga bagi pemilik usaha untuk memahami nilai produk yang dijual. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya pada kualitas produk dan tidak ragu untuk membeli.

Hal ini lah yang akan dengan mudah meningkatkan omset penjualan di toko online maupun offline yang Anda punya.

Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Ada beberapa cara untuk menjaga kesetiaan pelanggan.

Jika Anda bergerak pada bisnis retail, usahakan untuk mendapatkan alamat e-mail atau informasi kontak lainnya guna memberikan informasi mengenai paket menarik atau potongan harga pada produk-produk tertentu.

Ini merupakan cara meningkatkan penjualan bisnis yang cukup efektif. Sedangkan jika ada bergerak pada sistem business-to-business, pastikan Anda menyimpan data kontak rekan bisnis Anda yang akurat agar Anda mudah melakukan follow up lanjutan.

Terkadang, para pelanggan tetap Anda tersebut akan memberikan masukan yang berharga untuk perkembangan bisnis Anda. Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan tetap merupakan hal dasar yang penting dilakukan.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pelanggan tetap/lama akan lebih cepat dan lebih tertarik dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian dibandingkan dengan para pelanggan baru.

Jadi Anda perlu untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik.

promotion

Berikan Promo Dengan Tenggat Waktu

Salah satu cara yang meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan urgensi, seperti memberikan promo dalam waktu singkat.

Pemberian promo kadang diabaikan oleh pelanggan kadang juga malah lupa. Cara lain dalam pemberian promo bisa dilakukan dengan memberikan tenggat waktu, jadi promo memiliki masa aktif untuk digunakan.

Dengan begitu bisa memberikan dorongan kepada pelanggan untuk segera melakukan action. Anda bisa memberikan diskon dalam persentase atau nominal tertentu kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi khusus pada hari berlakunya promo.

Anda juga bisa menawarkan barang gratis dengan pembelian produk tertentu. Cobalah berpikir kreatif dengan menggunakan taktik yang berbeda dan lihat manakah taktik yang berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda dan mana yang tidak.

Digital Marketing

Digital marketing memungkinkan Anda sebagai pebisnis melakukan penjualan ke berbagai lokasi yang lebih luas.

Jika sebelumnya Anda masih menjalankan bisnis secara offline, untuk meningkatkan penjualan pastinya akan sulit karena dari segi target pasar tidak begitu luas.

Tetapi dengan digital marketing target pasar Anda menjadi lebih banyak, jadi peluang untuk bisa meningkatkan penjualan semakin mudah.

Ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti beriklan di Facebook Ads, Google Ads, Search Engine OptimizationSearch Engine Marketing, Social Media Marketing dan masih banyak lagi.

Yang pasti sebelum melakukan digitalisasi bisnis supaya sudah siap dari segi insfrastruktur bisnisnya.

hospitality

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan menjadi faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan bisnis. Pelayanan di sini mencakup banyak hal mulai dari kecepatan membalas chat, gaya komunikasi yang ramah dan sopan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, jaminan, dan banyak lagi.

Lewat pelayanan yang berkualitas, Anda juga bisa jadi lebih unggul dari kompetitor sehingga pembeli lebih memilih untuk berbelanja di bisnis Anda.  Ada pepatah mengatakan Pelanggan adalah raja, ini memang benar tidak ada yang salah.

Anda selaku pemilik bisnis supaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik pelanggan akan merasa puas dan merekomendasikan bisnis Anda kepada teman-temannya.

Jika sampai pelayanan bisnis Anda jelek sehingga mendapatkan review yang negative, maka untuk bisa mengembalikan seperti semula membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jadi kuncinya pelayanan terbaik menjadi salah satu kunci untuk cara meningkatkan penjualan dalam bisnis. Hal utama yang paling ditekankan di sini adalah seperti komunikasi yang baik. Contohnya dengan menggunakan kata-kata yang sopan.

Begitu pula ketika pelanggan mengeluh mengenai produk yang mereka dapatkan. Anda harus meresponnya dengan cara yang baik dan sopan. Layanilah keluhan pelanggan dengan menjadi pendengar yang baik.

Dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa dihargai dengan pelayanan terbaik. Mereka juga akan berusaha mempertahankan untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Sebaiknya jangan lupa untuk mengucapkan tiga kata penting dalam melayani pelanggan yakni terima kasih, permintaan maaf, dan menawarkan bantuan.

Memberikan Garansi

Garansi produk memang diperlukan bagi para pelanggan. Dengan adanya garansi, pelanggan akan merasa lebih aman untuk membeli produk yang Anda jual.

Dengan memberikan garansi Anda bisa menaikan harga jual produk, karena pembeli sudah percaya dengan adanya garansi yang diberikan.

Berikan Testimoni & Review

Salah satu aspek yang diperhatikan calon pembeli saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu adalah rating dan review. Dengan memiliki review yang bagus, konsumen akan lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual.

Apalagi beberapa platform penjualan khususnya marketplace memungkinkan penggunanya untuk melihat produk berdasarkan ulasan. Selain bisa meyakinkan konsumen, ulasan juga menunjukkan keterbukaan dan kejujuran Anda sebagai penjual.

Maka itu, setelah transaksi selesai Anda bisa meminta konsumen untuk memberikan review mereka. Tampilkan review atau testimoni tersebut pada platform penjualan yang Anda gunakan.

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran sebagai cara meningkatkan penjualan.

Social Media Marketer sebagai partner Anda akan menyediakan strategi pemasaran jitu di media sosial sebagai cara meningkatkan penjualan yang ampuh bagi bisnis Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.