cara menggunakan twitter hastag

Tips Membuat Strategi Twitter Marketing Untuk Promosi

Jadikan akun twitter for business anda jangkau konsumen di twitter dengan menggunakan strategi twitter marketing yang tepat.

Dengan pengguna lebih dari ratusan juta orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia tentunya twitter bisa dimanfaatkan sebagai platform promosi yang tepat dan efektif.

Namun dengan banyaknya pengguna aktif dan berbagai macam tweet yang diunggah setiap harinya tentunya kreator sebaiknya menyajikan tweet yang mengundang perhatian ditambah dengan strategi twitter marketing yang tepat.

Karenanya kenali dulu strategi twitter marketing dan juga cara memanfaatkan twitter for business sebelum merancang rencana pemasaran twitter yang tepat.

apa itu strategi twitter marketing

Apa Itu Strategi Twitter Marketing

Saat memasarkan sebuah brand atau produk di twitter tentunya kreator tidak hanya mengunggah sebuah tweet kemudian meninggalkannya.

Hal ini dikarenakan banyaknya tweet yang bermunculan setiap hari tentunya memuat kreator harus memastikan tweet yang dibuat menarik perhatian serta membuat banyak orang tertarik berinteraksi dengan akun anda.

Karenanya dalam membuat strategi twitter marketing sebaiknya kreator memastikan adanya rencana yang tepat mengenai konten yang diunggah, waktu tayang tweet, serta cara penyampaian konten yang mampu menarik perhatian pengguna twitter.

Salah satu tujuan dari membuat strategi twitter marketing adalah menarik pengikut twiter baru, mengenalkan brand yang dikembangkan tanpa terlihat seperti promosi, serta meningkatkan penjualan melalui promosi di twitter.

Sebelum membuat strategi twitter marketing maka kreator sebaiknya mengetahui beberapa langkah mudah untuk merencakan twitter marketing yang sesuai :

  • Analisa kebiasaan konsumen yang dituju serta cara menarik pengguna twitter
  • Tweet yang unik dan juga membuat pengguna twitter berinteraksi dengan konten anda
  • Menjadwalkan waktu tayang konten yang tepat
  • Analisa hasil promosi yang telah dijalankan.

Perencanaan strategi twitter marketing yang tepat tentunya akan membuat kreator mencapai tujuan promosi yang diinginkan ditambah lagi dengan berbagai keuntungan yang di dapatkan dari menggunakan platform twitter untuk promosi.

keuntungan twitter untuk promosi

Keuntungan Twitter Untuk Promosi

Memililiki pengguna yang banyak dan aktif tentunya menjadi salah satu alasan terbesar menjadikan twitter sebagai media promosi yang efektif dan menguntungkan.

Twitter sendiri juga memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat digunakan untuk menyampaikan konten interaksi dengan konsumen yang dimiliki serta pengguna twitter lainnya.

Tidak hanya berikut beberapa keuntungan lain saat menggunakan twitter sebagai media promosi.

Layanan Twitter Bisa DIgunakan Secara Gratis

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia tentunya twitter terus berinovasi untuk menambah pengalaman penggunanya.

Saat ini twitter memiliki banyak fitur yang mempermudah penggunanya untuk melakukan interaksi dengan pengguna lain secara mudah dan cepat.

Salah satunya adalah fitur kutip tweet dimana pengguna dapat membalas tweet dari pengguna lain untuk diunggah ke akun sendiri sehingga komentar yang masuk bisa dibaca oleh pengikut yang anda miliki.

Tak hanya itu, kreator juga bisa melakukan interaksi secara langsung dan dua arah dengan pengikut yang dimiliki melalui twitter space.

Kreator juga bisa mencari tahu keinginan konsumen secara mudah melalui layanan polling dimana konsumen dapat memilih pilihan yang sesuai dengan kriteria yang dimiliki.

Berbagai macam fitur ini tentunya dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai media promosi yang gratis namun efektif.

Siarkan Konten Promosi dengan Cepat dan Efektif

Keuntungan lainnya menggunakan twitter sebagai media promosi adalah kemudahannya dalam menyiarkan konten promosi secara cepat dan efektif.

Hal ini dikarenakan kreator hanya perlu menuliskan informasi terbaru mengenai produk atau brand yang dikembangkan tanpa perlu menggunakan gambar.

Kemudahan inilah yang membuat banyak pengguna twitter mendapatkan informasi terbaru lebih mudah dan cepat serta bisa tersebar ke pengguna lain menggunakan fitur retweet yang dimiliki.

Sayangnya twitter sendiri saat ini belum memiliki layanan edit tweet sehingga dalam mengunggah tweet, kreator sebaiknya berhati-hari untuk tidak menyampaikan infromasi yang salah atau penggunaan kata yang menyebabkan perbedaan pendapat.

Tentunya hal ini tidak ingin anda alami di akun twitter anda bukan?

Menjangkau Banyak Pengguna Twitter yang Sesuai

Banyaknya pengguna twitter yang tersebar di seluruh dunia menjadikan kreator memiliki pilihan untuk menemukan konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk yang dimiliki.

Akan tetapi sebelum menjangkau konsumen yang sesuai maka sebaiknya kreator melakukan analisa twitter marketing terlebih dahulu untuk mendapatkan pembeli yang diinginkan.

Dengan menggunakan strategi yang tepat untuk menemukan konsumen yang ingin dituju maka kreator akan memiliki peluang lebih besar untuk mengubah pengguna twitter menjadi pembeli.

Analisa Strategi Kompetitor dengan Mudah

Pengguna yang aktif dan juga jangkauan yang luas menjadikan twitter sebagai sasaran yang empuk untuk media promosi bagi berbagai produk atau brand tertentu.

Di twitter juga kreator akan menemukan banyak kompetitor yang menjual produk yang serupa bahkan memiliki pengikut dan konsumen yang lebih banyak.

Meskipun begitu untuk memenangkan strategi twitter marketing maka kreator sebaiknya melakukan analisa strategi kompetitor agar nantinya campaign yang dimiliki memiliki jalan yang berbeda dengan kompetitor.

Guna mencari strategi twitter marketing yang kompetitor gunakan maka kreator tidak perlu menggunakan website analisa akun twitter namun cukup menggunakan fitur pencarian.

Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai atau memasukkan brand kompetitor ke dalam mesin pencari maka kreator dapat dengan mudah menemukan berbagai strategi yang digunakan.

Beberapa data yang dapat dikumpulkan adalah berapa banyak pengguna twitter yang membicarakan produk tersebut, frekuensi unggahan konten setiap harinya, interaksi dengan pengguna twitter, serta banyaknya konsumen yang menggunakan produk tersebut.

Setelah kreator mengumpulkan berbagai macam data dan informasi yang dibutuhkan maka hasilnya bisa diolah untuk dijadikan pertimbangan dalam membuat strategi twitter marketing yang sesuai dengan konsumen yang dituju.

Tidak hanya mengumpulkan data mengenai kompetitor yang berkaitan maka kreator juga bisa mendapatkan data mengenai topik yang menjadi perbincangan hangat diantara konsumen dan juga masalah yang banyak dihadapi oleh konsumen.

Berbagai macam masalah dan topik yang menjadi pembahasan ini nantinya juga bisa dijadikan ide campaign sesuai dengan tujuan twitter marketing yang akan dibuat.

Promosi Melalui Media Word Of Mouth

Salah satu bentuk interaksi antar pengguna twitter adalah saling membalas tweet yang lewat di timeline mereka meskipun tidak mengetahui siapa pemilik akun aslinya dan pengguna juga belum pernah berkenalan sebelumnya.

Meskipun begitu, interaksi satu ini tentunya sangat menguntungkan karena sesama pengguna bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan cara memberikan rekomendasi produk yang sekiranya dapat membantu problema yang sedang dihadapi pengguna twitter.

Rekomendasi inilah yang nantinya menjadi promosi word of mouth dimana pengguna twitter memberikan rekomendasi produk berdasarkan hasil yang di dapatkan selama ini.

Promosi secara word of mouth ini juga dinilai menguntungkan karena calon konsumen baru biasanya akan lebih percaya ulasan yang diberikan oleh pelanggan setia.

cara menggunakan twitter for business

Cara Memanfaatkan Twitter For Business

Bagi kreator yang ingin memulai promosi di twitter tentunya tidak hanya merencanakan strategi twitter marketing yang tepat namun juga bisa menggunakan akun twitter for business.

Penggunaan akun twitter for business ini nantinya akan membuat akun twitter anda menjadi lebih profesional di mata konsumen dan pengguna twitter sehingga lebih mudah dipercaya saat membeli produk yang anda promosikan.

Tidak hanya itu, akun twiter for business juga memiliki beberapa fitur tambahan yang memudahkan kreator untuk mempromosikan akun dan konten yang dimiliki.

Karenanya sebelum melaksanakan strategi twitter marketing yang dibuat berikut beberapa cara pemanfaatan akun twitter for business.

Percantik Profil Twitter for Business

Disaat tweet yang anda buat mendadak viral dan menjangkau banyak pengguna twitter tentunya akan banyak pengguna twitter yang berkunjung ke akun anda.

Kesempatan yang langka apabila tidak dimanfaatkan dengan baik maka akan membuat akun twitter anda tidak dilirik oleh pengguna twitter.

Karenanya untuk menyambut pengguna twitter yang berkunjung ke akun anda maka kreator bisa mempercantik profil twitter for business dengan beberapa langkah berikut :

Username Twitter Mudah Dibaca atau Sesuai Nama Brand

Disaat kreator membuat akun kreator tentunya anda akan diberikan fitur untuk membuat username yang sesuai dengan keinginan.

Dalam membuat username tersebut maka kreator bisa menggunakan nama brand yang dikembangkan atau nama yang ingin dikenal oleh pengguna twitter.

Saat mengisi username twitter pastikan juga kreator menggunakan nama yang mudah dibaca dan diingat oleh pengguna twitter sehingga mudah dicari di fitur pencarian.

Pemilihan username yang pendek tentunya akan membuat akun twitter anda mudah diketik dan dicari oleh pengguna twitter.

Header Twitter Sebagai Bagian Promosi

Guna mengenalkan nama akun twitter anda kreator tidak hanya diberikan profile twitter untuk menaruh logo brand atau foto diri yang ingin ditampilkan di mata pengguna twitter.

Namun kreator sendiri juga diberikan pilihan untuk melakukan promosi melalui foto header yang terpasang di akun profile.

Dengan adanya header ini maka kreator dapat memasangnya dengan produk atau campaign yang akan dipasarkan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui promosi apa saja yang sedang dilakukan sehingga menjadi bagian dari twitter marketing yang efektif.

Kreator juga bisa memasang gambar header dengan foto yang unik, logo, atau brand image yang sesuai dengan produk yang anda kembangkan.

Profile Twitter yang Mencuri Perhatian

Tidak hanya melihat isi tweet yang diunggah namun pengguna twitter biasanya memerhatikan gambar profile twitter yang tentunya dapat menarik perhatian.

Penggunaan profile twitter berupa logo atau foto diri yang profesional juga bisa menjadi pintu awal bagi pengguna twitter untuk mengenal produk atau brand anda.

Dalam memasang profile twitter maka sebaiknya kreator tidak terlalu sering menggantinya agar mudah diidentifikasi oleh pengguna twitter lainnya.

Namun guna menyambuat hari besar atau perayaan tertentu maka kreator bisa menambahkan elemen khusus yang dapat mempercantik profile twitter yang digunakan.

Bio Twitter Untuk Mengenal Produk yang DItawarkan

Saat mengunjungi akun twitter yang dirasa menarik maka pengguna twitter juga biasanya akan melihat bio twitter yang dicantumkan di profile twitter.

Adanya bio twitter ini juga bisa dijadikan pengenalan bagi pengguna twitter untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan dan brand yang sedang dikembangkan.

Dalam pembuatan bio twitter ini kreator bisa menggunakan kalimat formal untuk mengenalkan produk anda secara profesional.

Meskipun begitu, kreator juga bisa mengisi bio twitter dengan sesuatu yang unik dan menarik sehingga membuat pengguna twitter penasaran dengan brand yang anda kembangkan.

Strategi penggunaan bio twitter yang unik ini juga digunakan oleh Netflix dimana akun streaming film berbayar ini seringkali mempromosikan film atau dokumentasi yang sedang naik daun atau diperbincangkan oleh pengguna twitter lainnya.

Cara ini juga membantu Netflix untuk mempromosikan film yang sedang viral sehingga membuat pengguna twitter penasaran dan menonton film yang disinggung di bio profil tersebut.

Promosikan Akun Website di Twitter

Memiliki pengikut twitter yang banyak dan interaksi yang tinggi antara kreator dan konsumen tentunya harus dimanfaatkan untuk dijadikan konsumen guna meningkatkan penjualan yang dimiliki.

Karenanya untuk menarik konsumen membeli produk yang dipromosikan maka kreator bisa memasukkan link website atau akun market place yang dimiliki agar pengguna twitter bisa langsung membeli barang yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, twitter sendiri juga menyediakan fitur lokasi dimana kreator bisa memasang lokasi dan alamat toko yang dimilliki sehingga pengguna twitter bisa berkunjung ke alamat tersebut untuk membeli barang secara langsung.

Dalam memasukkan posisi alamat pastikan juga mengguankan alamat google maps yang dimiliki untuk mempermudah konsumen menyusuri toko yang anda miliki.

Tanggal Ulang Tahun

Momen ulang tahun atau anniversary selalu menjadi tanggal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang atau perusahaan.

Dengan bertambahnya tahun tentunya akan menjadi tolak ukur pencapaian suatu perusahaan dalam mencapai kinerja dalam waktu tertentu.

Guna merayakan perayaan anniversary ini biasanya sebuah brand mengadakan event khusus untuk konsumen untuk menyambut bertambahnya tahun tersebut.

Kreator twitter juga bisa menggunakan tanggal tersebut untuk mengadakan berbagai undian berhadiah seperti Giveaway atau quiz untuk pengguna twitter.

Dengan mencantumkan tanggal anniversary brand tentunya akan membuat konsumen mengetahui tanggal berdirinya perusahaan anda sehingga mengucapkan harapan yang baik di akun twitter anda.

Gunakan Twitter Lists

Cepatnya informasi yang keluar masuk di twitter menjadikan kreator sebaiknya cepat dan tanggap dalam menanggapi berbagai berita terbaru di twitter, terlebih lagi informasi yang beredar di komunitas yang dimiliki.

Karenanya agar kreator tidak ketinggalan informasi terbaru yang ada di twitter maka kreator bisa mengumpulkan akun KOL atau influencer yang memiliki topik yang sama dengan produk anda di satu tempat di Twitter List.

Penggunaan twitter list ini tidak hanya mampu mengelompokkan akun komunitas yang diikuti namun kompetitor yang berkaitan agar kreator tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru dan mencari data yang tepat yang bisa digunakan sebagai rancangan strategi twitter marketing.

Lakukan Siaran Langsung di Twitter Space

Interaksi dengan komunitas atau pengikut yang dimiliki tentunya sangat penting untuk merekatkan hubungan satu sama lain agar terjalin hubungan timbal balik yang sesuai.

Di twitter sendiri kreator tidak hanya bisa membalas berbagai komentar atau memberikan apresiasi berupa quote tweet atau likes namun kreator juga bisa melakukan interaksi secara langsung melalui twitter space.

Melalui layanan ini, kreator dan pengikut anda dapat melakukan sesi bincang-bincang membahas topik tertentu yang berkaitan dengan produk dan brand yang dikembangkan.

Kreator juga bisa mengajak influencer atau brand ambassador yang dimiliki sebagai bagian dari siaran langsung guna mengajak lebih banyak pengguna twitter untuk bergabung di twitter space yang anda adakan.

Penggunaan twitter space ini juga sangat tepat untuk mengumpulkan berbagai keinginan konsumen yang dapat diwujudkan dengan produk atau layanan terbaru.

cara menyusun twitter marketing

Langkah – Langkah Merencanakan Strategi Twitter Marketing

Saat pertama kali membuat akun twitter mungkin kreator berpikir cara berpromosi melalui twitter adalah dengan mengunggah sebuah tweet lalu kemudian membiarkan twitter menjalankan tugasnya.

Namun, kreator perlu mengingat bahwa mengembangkan konten tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan karena dibalik akun social media yang sukses terdapat strategi marketing yang sesuai dengan konsumen.

Hal ini juga berlaku di twitter dimana kreator tentunya perlu mengembangkan twitter marketing terlebih dahulu sebelum menjadikan akun twitter yang dimiliki berkembang pesat.

Karenanya berikut beberapa tips twitter marketing yang bisa digunakan di akun twitter anda dan dapat membantu mengembangkan promosi bisnis yang anda miliki.

Analisa Performa Akun Twitter

Bagi kreator yang telah mengembangkan akun twitter dan memiliki banyak pengikut atau interaksi yang tinggi tentunya dapat mengumpulkan terlebih dahulu data performa engagement twitter yang dimiliki.

Pengumpulan data berupa seberapa sering sebuah akun mengunggah tweet, informasi mengenai engagement rate, dan juga pengikut yang dimiliki tentunya dapat membantu sebagai bahan pertimbangan strategi twitter marketing.

Guna menemukan hasil analisa yang lebih mendalam maka kreator juga bisa menggunakan data dari twitter insight atau website social media management.

Tidak hanya mengumpulkan data mengenai insight yang dimiliki namun kreator juga sebaiknya memeriksa apakah berbagai informasi yang tersedia di profil twitter sudah terpasang dengan benar dan baik.

Pemberian informasi yang lengkap tentunya akan meningkatkan brand awareness dari akun yang dikembangkan sehingga membuat konsumen percaya dengan produk yang anda promosikan.

Setelah kreator melengkapi berbagai informasi di profile twitter dan mengumpukan berbagai informasi mengenai insight twitter tentunya kreator akan lebih siap untuk merancang strategi twitter marketing yang dapat digunakan di akun twitter yang anda kembangkan.

Buat Tujuan Twitter Marketing

Apakah kreator ingin menambah pengikut di twitter atau mengenalkan akun twitter anda ke pengguna umum lainnya?

Tujuan ini tentunya harus dipastikan oleh kreator terlebih dahulu sebelum membuat strategi twitter marketing di akun yang anda miliki.

Pastikan juga tujuan twitter marketing yang dimiliki memiliki target yang jelas dan juga terukur sehingga kreator bisa mengurutkan strategi promosi apa saja yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tujuan twitter marketing yang telah dibuat.

Menjadikan akun dan konten viral tentunya menjadi keinginan semua kreator namun tujuan ini tentunya tidak dihitung dalam pembuatan strategi twitter marketing karena perencanaan yang tepatlah yang dapat membantu kreator dalam mencapai semua strategi twitter marketing yang telah dirancang sebelumnya.

Cek Kompetitor Sebelah

Tidak hanya berfokus pada strategi twitter marketing yang tengah dibuat namun kreator juga sebaiknya memastikan rencana twitter marketing yang dibuat oleh kompetitor.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan dan strategi twitter marketing yang anda buat tidak memiliki kesamaan dengan kompetitor sehingga kreator bisa berfokus pada rencana twitter marketing yang telah dibuat sebelumnya.

Guna memastikan strategi yang digunakan oleh kompetitor sebelah maka kreator bisa mengeceknya dengan melihat interaksi dan juga tipe konten yang diunggah.

Dengan mengetahui kelemahan dan celah yang bisa anda masuki maka kreator dapat membuat strategi twitter marketing yang lebih unggul namun sesuai dengan pasar yang dituju.

Jangan Lupa Untuk Aktif di Twitter

Infromasi yang cepat di twitter dan aktivitas penggunanya yang seakan-akan tidak pernah tidur menjadikan twitter sebagai tempat yang tidak pernah tidur.

Karenanya apabila kreator mengelola akun twitter sebagai tempat layanan konsumen maka kreator sebaiknya memastikan akun yang anda gunakan selalu aktif setiap saat untuk merespon berbagai keluhan atau mengumpulkan informasi yang dibutuhkan.

Guna membedakan identitas admin yang memegang akun twitter maka kreator sebaiknya membuat inisial yang berbeda agar bisa dibedakan satu sama lain.

Semakin cepat dan solutif solusi yang diberikan maka akan semakin banyak konsumen yang menyukai layanan anda dan terus menerus membeli produk yang anda pasarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *