pexels ivan samkov 7676394 1

7 Cara Menjadi Content Creator Instagram

Mau menjadi terkenal di Instagram? Kenali dulu beberapa langkah menjadi content creator instagram terlebih dahulu,

Instagram telah menjadi salah satu social media yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Hal ini dikarenakan Instagram menawarkan berbagai hiburan dan konten yang berasal dari content creator instagram dengan minat dan topik yang anda sukai.

Kehadiran content creator instagram tidak hanya memberikan berbagai konten instagram yang menarik, namun memberikan pengaruh bagi pengikutnya berkat tulisan atau pendapat yang dituangkan di Instagram.

Pengaruh yang besar tersebut juga menguntungkan bagi sebuah brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan bantuan content creator instagram.

Sehingga content creator instagram tidak hanya memiliki pengaruh bagi pengikutnya namun membuka peluang untuk mendapatkan uang dari Instagram.

Namun, sebelum menjadi content creator instagram maka ketahui dulu jenis-jenis serta cara memulai karir sebagai kreator.

apa itu content creator instagram

Apa Itu Content Creator Instagram

Saat membuka aplikasi Instagram dan mengakses fitur explore atau reels, anda akan menemukan berbagai konten yang memiliki kaitan dengan postingan yang telah anda sukai sebelumnya.

Contohnya jika anda sering menyukai konten mengenai perawatan wajah, maka anda akan menmukan jenis postingan yang sama di fitur reels atau explore.

Berbagai postingan yang diunggah tersebut biasanya berasal dari content creator instagram yang mengunggah konten mengenai topik tertentu.

Sebenarnya, apa sih content creator instagram tersebut? dan perbedaannya dengan akun instagram biasa?

Content creator instagram sendiri merupakan seseorang yang membuat konten dan membagikan ceritanya melalui akun instagram business yang dimiliki.

Berbagai macam konten mengenai topik tertentu yang mendapatkan banyak interaksi dari pengguna instagram, akhirnya membuat mereka memiliki banyak pengikut baru yang terus berkembang setiap hari.

Interaksi tersebut juga dapat berupa saling membalas komentar atau pesan yang masuk, serta melakukan siaran langsung untuk berinteraksi dengan pengikut yang dimiliki.

Tidak hanya itu, apabila content creator instagram sudah mencapai jumlah pengikut tertentu, biasanya mereka berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui kolaborasi promosi produk dan brand kenamaan atau sedang berkembang yang tentunya menambah pundi-pundi penghasilan.

Tidak jarang, mereka juga menjadi konsultan bagi sebuah brand yang ingin mengembangkan akun instagram mereka, dengan pengalaman yang dimiliki oleh content creator instagram.

Secara singkatnya, menjadi content creator instagram merupakan hobi yang dibayar apabila anda suka bercerita atau membagikan pengalaman dan pengetahuan anda melalui konten social media.

keuntungan menjadi content creator instagram

Jenis Content Creator Instagram

Banyaknya pengguna instagram yang akhirnya memilih jalan menjadi content creator instagram, akhirnya membuat anda memiliki banyak pilihan untuk memilih akun kreator yang memiliki minat yang sama dengan anda.

Di sisi lain, Instagram sendiri juga membagi influencer ke dalam beberapa jenis content creator tertentu sesuai dengan minat dan topik yang dibahas.

Fitness Influencers

Dengan hadirnya konten video dan foto yang dimiliki oleh Instagram, menjadikan anda lebih mudah untuk membagikan berbagai kegiatan yang anda miliki.

Salah satunya adalah kegiatan olahraga di bidang tertentu yang memiliki banyak peminat, sehingga anda berpeluang untuk mendapatkan perhatian lebih dari aktivitas yang anda lakukan serta informasi yang anda berikan.

instagram @runner.case

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @runner.case yang membagikan tips seputar olahraga berlari yang banyak diikuti oleh banyak orang.

Guna memberikan pengetahuan bagi pengguna instagram yang menyukai kegiatan tersebut, maka akun ini juga membagikan berbagai informasi dan tips yang berkaitan dengan olahraga sehingga pengikutnya termotivasi untuk melakukan kegiatan lari di waktu senggang.

Tidak hanya itu, berbagai konten informatif yang akhirnya menimbulkan interaksi juga membantu membangun akun instagram ini memiliki komunitas yang kuat dan saling melakukan tanya jawab pada topik tertentu.

Sehingga apabila anda memiliki minat pada bidang olahraga tertentu serta memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni, maka anda bisa membagikannya ke pengguna instagram yang memiliki minat yang sama.

Hal ini akan membantu anda untuk membangun komunitas yang tepat sembari membagikan pengetahuan yang anda miliki.

Beberapa ide konten instagram influencer olahraga yang bisa anda bagikan adalah video saat sedang latihan sendiri atau bersama orang lain, informasi mengenai olahraga yang anda tekuni, serta tips diet yang tepat.

Fashion Influencers

Sebagai social media yang mengawali karirnya sebagai media ekspresi diri yang estetik, maka tidak mengherankan apabila anda akan menemukan banyak akun content creator instagrram yang membagikan sisi seni yang dimiliki.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun content creator instagram fashion yang membagikan konten mengenai gaya busan yang unik dan berbeda.

Perbedaan ini juga perlu dikulik secara mendalam mengingat berbeda kreator tentunya akan memiliki ciri khas yang berbeda.

instagram @dianarikasari

Contohnya yang dilakukan oleh akun fashion influencer @dianarikasari yang juga merupakan desainer busana asal Indonesia yang tinggal di Swiss.

Diana sendiri memiliki ciri khas berupa gaya busana yang eksentrik dengan perpaduan warna yang mencolok serta pola yang unik sehingga menarik perhatian banyak orang.

Konten gaya busana yang eksentrik yang kerap dibagikan oleh kreator ini membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti akun instagram ini agar tidak ketinggalan berbagai postingan yang diunggah.

Apabila anda berminat untuk membangun karir content creator instagram sebagai fashion influencer, maka langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mengetahui gaya busana yang anda sukai dan akan dipamerka ke pengguna instagram.

Dengan mengetahui gaya yang sesuai, juga akan memudahkan anda memilih padu padan baju yang sesuai dengan selera anda, serta membuat kreator merasa lebih senang dalam menjalani kehidupan sebagai content creator instagram.

Travel Influencer

Kegiatan berjalan-jalan ke tempat baru bisa menjadi aktivitas yang dilakukan setelah lelah seharian bekerja dan mampu menghilangkan penat yang muncul.

Namun, apabila anda sering kali berkunjung ke tempat baru yang jarang dikunjungi oleh orang lain, maka kegiatan tersebut bisa menjadi ide baru sebagai konten untuk akun instagram travel.

Dimana anda mengulas tempat baru yang anda kunjungi dari kacamata anda sebagai wisatawan.

Seperti yang dilakukan oleh travel influencer terkenal @trinitytraveler yang telah berkeliling berbagai tempat baru yang dibagikan ke dalam konten instagram.

Berkat keaktifannya dalam membagikan perjalanannya ke berbagai tempat baru akhirnya menjadikan trinity berhasil meluncurkan beberapa buku rangkuman kegiatan travellingnya beserta film yang mengulas yang sama.

Tidak hanya itu, apabila anda telah mendapatkan pengikut instagram dengan jumlah yang cukup banyak dan konten yang diunggah sering viral, maka tidak menutup kemungkinan untuk mendpatkan tawaran kolaborasi dengan agen perjalanan wisata yang meminta anda untuk mengulas layanan yang dimiliki.

cara menjadi content creator instagram

8 Cara Menjadi Content Creator Instagram

Dalam mengembangkan karir sebagai content creator instagram, anda tidak hanya memilih minat yang sesuai serta menentukan konten yang anda unggah.

Namun, anda juga perlu melakukan persiapan yang matang agar jalan anda menjadi content creator instagram semakin mudah serta mengetahui hambatan yang akan ditemui dalam membangun karir sebagai influencer.

Karenanya berikut delapan cara yang bisa dilakukan untuk menjadi content creator instagram.

Buat Dulu Akun Instagram Business

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam membangun karir sebagai content creator instagram adalah membuat akun instagram business terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar akun instagram anda lebih mudah dalam menyasar target konsumen yang akan anda tuju berdasarkan minat yang dipilih.

Tidak hanya itu, dengan memiliki akun instagram business maka akan membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan centang baru instagram, sehingga menambah kredibilitas akun instagram yang anda miliki.

Cara membuat akun instagram business juga cukup muda, anda hanya perlu mengubah akun pribadi anda ke menu business di kolom settings.

Kemudian Instagram akan membawa anda ke beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, seperti kategori yang sesuai serta pengisian identitas diri.

Setelah berbagai syarat dilakukan maka anda bisa menggunakan akun instagram business anda untuk mengunggah berbagai konten yang anda inginkan.

Dengan memiliki akun instagram business juga memudahkan anda untuk menganalisa kinerja konten yang telah anda unggah dengan hasil insight yang di dapatkan secara rutin.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan konten dan akun anda menggunakan instagram ads untuk memperluas jangkauan postingan ke konsumen yang tepat.

Optimasi Bio Instagram 

Tahukah anda, pengguna instagram memiliki kebiasan untuk mencari postingan atau akun instagram tertentu melalui kata kunci tertentu.

Contohnya adalah menggunakan kata kunci “digital marketing” guna mencari konten atau akun instagram yang membahas topik tersebut.

Kebiasaan tersebut juga bisa anda gunakan untuk meletakkan kata kunci di instagram bio atau username instagram anda, untuk memudahkan pengguna instagram dalam mencari topik yang relevan.

Sehingga penting bagi anda untuk melakukan optimasi bio instagram dengan menuliskan informasi lengkap serta kata kunci tertentu di kolom instagram profil anda.

Anda juga bisa menjelaskan diri anda mengenai topik konten yang akan anda unggah serta minat yang anda sukai sebagai filter bagi pengguna instagram yang akan mengikuti akun instagram anda.

Jumlah kalimat di bio instagram yang mencapai 200 kata ini bisa anda manfaatkan untuk menjelaskan diri anda secara detail sehingga menarik perhatian pengguna instagram.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki beberapa akun social media lainnya, maka anda bisa menggunakan kolom link tersebut untuk memabagikan akun anda untuk mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak.

Selain itu, anda juga bisa mencantumkan kontak pribadi yang akan memudahkan sebuah brand untuk melakukan kolaborasi promosi produk dengan anda.

instagram @diantyy.a

Salah satu contoh akun content creator instagram yang melakukan hal ini adalah @diantyy.a yang memanfaatkan bio instagram dengan mencantumkan berbagai informasi yang relevan menggunakan kalimat yang saling berkesinambungan satu sama lain.

Ketahui Target Konsumen yang Dituju 

Bagian paling penting dalam memulai perjalanan sebagai content creator instagram adalah mengetahui target konsumen yang dituju.

Hal ini dilakukan agar anda bisa memberikan topik dan informasi yang sesuai menggunakan jenis konten yang disukai oleh konsumen.

Sehingga akun instagram anda menjadi lebih cepat viral dan dikenal oleh banyak pengguna instagram.

Guna mengetahui target konsumen yang dituju, maka anda bisa memahami topik yang akan anda bahas di Instagram.

Contohnya apabila konten instagram anda akan membahas mengenai make up, maka anda perlu mengetahui apakah riasan tersebut untuk anak muda di usia sekolah atau orang dewasa yang sudah bekerja.

Hal ini dilakukan agar anda bisa memahami jenis konten yang akan diunggah serta peralatan tambahan yang dibutuhkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Setelah itu, anda bisa melanjutkan dengan mencari akun content creator instagram yang memiliki minat yang sama dan memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta pengaruh yang cukup besar.

Cara ini dilakukan untuk memindai topik yang biasanya ditanyakan oleh target konsumen serta jenis konten yang mendapatkan perhatian lebih banyak.

Anda juga bisa mengikuti berbagai akun instagram yang berkaitan menggunakan akun instagram anda yang lain, untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai industri yang akan anda jalani.

Pemilihan topik dan konsumen yang sesuai juga akan membantu anda untuk membangun komunitas yang tepat dan menyukai berbagai postingan yang telah anda unggah.

Unggah Konten yang Menarik

Setelah melakukan analisa yang mendalam mengenai target konsumen serta topik yang disukai, maka anda tentu sudah siap membuat konten instagram yang menarik perhatian.

Jenis konten instagram sendiri dibagi menjadi dua dan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pertama adalah konten tanpa muka dimana anda akan menampilkan deskripsi tulisan yang postingan anda, untuk memudahkan konsumen anda memahami isi topik dan informasi yang akan anda tampilkan.

Jenis konten satu ini cocok bagi anda yang ingin tampil di Instagram namun merasa enggan menampilkan wajah di depan khalayak umum,

Meskipun anda tidak menampilkan wujud fisik sekalipun namun jenis konten ini masih bisa diteriman asalkan menyampaikan informasi yang jelas.

instagram @jdinary

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @jdinary yang membagikan konten menghias meja belajar secara estetik tanpa menampilkan wajah sehingga hanya menampilkan hasil dekorasi yang dimiliki.

Jenis konten kedua yang kerap kali digunakan oleh content creator instagram adalah konten dengan wajah yang menampilkan wajah anda di depan banyak orang.

Penggunaan konten dengan wajah ini memiliki lebih banyak keuntungan, yakni meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap konten yang anda unggah sehingga membangun kedekatan satu sama lain.

Contohnya adalah melakukan siaran langsung untuk menyapa pengikut yang anda miliki atau membagikan kegiatan yang anda lakukan di konten story.

instagram @govindarumi

Penggunaan konten dengan wajah ini juga dilakukan oleh content creator instagram @govindarumi yang membagikan beberapa hasil potretannya menggunakan wajah sehingga pengguna instagram dapat mengenali kreator di balik layar hasil karya seni yang menawan.

Agar konten anda dapat menarik lebih banyak orang, maka anda juga perlu memastikan hasil postingan memiliki hasil terbaik sehingga konsumen anda betah untuk berlama-lama melihat konten yang anda berikan.

Anda juga bisa menggunakan tambahan tools yang mumpuni serta website edit foto dan video untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.

Penggunaan caption instagram yang sesuai juga akan membantu pengguna instagram memahami pesan yang akan anda sampaikan serta memancing interaksi yang menguntungkan bagi akun instagram anda ke depannya.

Gunakan Instagram Hashtag yang Sesuai 

Sebagai pengguna social media aktif, maka anda tidak akan asing dengan fitur hashtag yang banyak digunakan oleh influencer.

Pencantuman hashtag ini biasanya digunakan untuk memasukkan konten anda ke kategori tertentu, sehingga mudah ditemukan oleh orang lain yang hendak mencari jenis postingan yang sama.

Contohnya adalah apabila anda membahas produk parfum yang tahan lama maka anda bisa menggunakan tagar #parfumtahanlama yang akan memudahkan pengguna instagram untuk menemukan jenis konten yang serupa.

Tidak hanya itu, keberadaan tagar juga bisa digunakan untuk memberikan penanda bagi akun dan konten instagram yang mungkin saja menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Sehingga pengikut anda dapat mengenali konten anda melalui tagar yang disematkan di caption konten instagram.

instagram @hellostuds

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram @hellostuds yang menggunakan beberapa tagar instagram yang berkaitan dengan konten yang diunggah untuk memudahkan pengguna instagram menemukan postingan yang seriupa.

Interaksi dengan Pengikut Anda

Salah satu alasan mengapa content creator instagram memiliki tingkat kepercayaan yang cukup besar adalah royalitas dan loyalitas yang dimiliki oleh pengikutnya.

Namun, kepercayaan ini tidak dibangun dalam semalam namun membutuhkan waktu bagi content creator instagram untuk membangun hubungan yang erat.

Salah satu caranya adalah dengan mengomentari dan memberikan reaksi pada komentar yang masuk serta membalas pesan yang dikirimkan oleh pengikutnya.

Pendekatan ini nantinya akan membuat konsumen anda lebih dekat dengan anda serta mempercayai informasi yang disajikan.

instagram @rachelgoddard

Salah satunya yang dilakukan oleh content creator instagram @rachelgoddard yang mengajak pengikutnya untuk membahas topik pernikahan yang juga telah dialami oleh influencer ini.

Kebiasaan dalam memperlihatkan rutinitas bersama keluarga yang dilalui menjadikan pengikutnya merasa lebih dekat dengan influencer ini sehingga lebih nyaman untuk membicarakan topik yang diberikan.

Di sisi lain, topik yang diangkat oleh Rachel ini juga tengah dialami oleh banyak pengikutnya, sehingga mereka pun akhirnya ikut bergabung dalam sesi tanya jawab tersebut. 

Apabila anda ingin mengikuti jejak Rachel dalam membangun kedekatan dengan pengikut anda, maka penggunaan fitur story bisa menjadi pertimbangan yang bagus.

Hal ini dikarenakan layanan instagram story memiliki fitur stiker yang akan memudahkan anda untuk memancing interaksi dengan konsumen anda melalui pertanyaan yang diajukan.

Tidak hanya itu, potensi konten instagram story dilihat oleh pengikut anda juga lebih besar dibandingkan konten feed, serta kemudahan dalam membalas postingan tersebut, sehingga kegiatan interaksi bisa berjalan lebih lancar.

Anda juga bisa menggunakan fitur GIF dan template agar tampilan konten story anda menjadi lebih estetik dan keren.

Di sisi lain, sebuah brand biasanya mempertimbangkan interaksi yang anda lakukan denagn pengikut anda, sehingga semakin tinggi enggament rate maka akan memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan tawaran kerjasama dari berbagai brand besar.

Konsisten Mengunggah Konten Instagram 

Meskipun menjadi content creator instagram terlihat menyenangkan, namun anda juga perlu mengingat bahwa kreator harus memiliki ide kreatif yang unik setiap harinya.

Hal ini dilakukan agar bisa mengunggah konten instagram secara rutin dengan berbagai konten yang informatif dan menghibur bagi pengikut anda.

Tidak hanya itu, dengan mengunggah konten secara rutin juga akan membuat akun instagram anda tetap bertahan di tengah gempuran kreator lainnya.

Guna menjaga konsistensi dalam mengunggah konten instagram maka menggunakan kalender konten bisa menjadi solusi yang tepat.

Hal ini dikarenakan anda dapat menyusun konten yang akan anda unggah hari ini serta harus dibuat keesokan harinya untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Anda juga bisa menyimpan detail dari konten instagram yang akan anda buat agar mendapatkan konten yang anda inginkan.

Namun, jika anda merasa lelah atau kekurangan ide konten, maka anda bisa melakukan interaksi dengan pengikut anda serta membagikan kegiatan yang sedang anda lakukan hari ini.

Sumber :

https://later.com/blog/become-an-instagram-influencer/

https://later.com/blog/become-a-content-creator/

How to Become an Influencer: 7 Steps to Becoming a Social Media Influencer (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.