brand strategy

Apa Itu Brand Strategy dan Pemanfaatannya di Social Media

Maksimalkan akun social media brand yang anda miliki dengan brand strategy yang efektif.

Social media telah menjadi salah satu alat pemasaran terkuat untuk memasarkan brand yang anda miliki, meningkatkan jumlah penjualan, menarik konsumen baru, serta menjadi yang terdepan di antara kompetitor lain.

Sehingga brand strategy di social media telah menjadi bagian paling penting dalam usaha pemasaran dengan berbagai platform yang tersedia, seperti Instagram, Tiktok, atau Twitter.

Hal ini dikarenakan brand strategy social media tidak hanya sekedar konsistensi dalam menggunakan metode yang tepat untuk melakukan interaksi dengan target audience di platform social media, namun juga membantu dalam meningkatkan brand awareness serta menarik minat pengguna social media untuk mengenal produk yang anda jual.

Tentunya ini bisa dibantu dengan kekuatan brand strategy social media untuk membangun hubungan dengan penggemar yang tidak hanya loyal namun terus menerus membeli produk yang anda tawarkan.

Karenanya berikut beberapa cara untuk membangun brand strategy yang tepat dan menargetkan target audience yang tepat.

apa itu brand strategy social media

Apa Itu Brand Strategy Social Media

Brand strategy social media merupakan rencana yang dilakukan untuk tujuan jangka panjang yang terlihat dari pengingkatkan brand awareness di mata konsumen.

Hal ini juga di dukung dengan berbagai kegiatan seperti memasang iklan di social media, optimasi SEO, dan social media marketing untuk meningkatkan kekuatan akun brand anda di mata konsumen.

Tidak hanya itu, social media juga menawarkan keuntungan yang menggiurkan yakni interaksi dengan target konsumen sehingga meningkatkan kedekatan satu sama lain untuk membangun royalitas dan loyalitas yang tinggi.

Namun, banyaknya akun social media kompetitor yang telah memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, tentunya anda sebaiknya memasang brand strategy agar konten anda tidak hanya sekedar di posting namun meningkatkan minat konsumen untuk memberikan komentar dan likes untuk membangun interaksi jangka panjang.

keuntungan menggunakan brand strategy

Keuntungan Menggunakan Brand Strategy Social Media

Di saat menemukan rekomendasi konten social media menarik dan muncul secara terus menerus biasanya pengguna social media akan tertarik untuk berkunjung ke akun social media anda.

Namun, niat itu bisa berhenti apabila melihat profil social media yang kosong dan tidak mencantumkan berbagai informasi penting.

Padahal profil social media yang lengkap akan memengaruhi keputusan untuk mengikuti akun social media tersebut atau meninggalkannya begitu saja.

Tidak hanya itu, setiap postingan yang akan anda unggah di akun social media juga memiliki potensi untuk memperkenalkan produk dan brand anda ke khalayak luas.

Sehingga wajar saja apabila setiap konten social media memiliki tujuannya sendiri untuk membangun persepsi konsumen mengenai brand anda.

Contohnya adalah apabila anda mengunggah konten promosi produk maka konsumen akan mengetahui jenis produk yang akan anda jual, namun jika anda mengunggah konten edukasi mengenai kandungan produk maka konsumen akan memahami kelebihan dan kekurangan produk yang anda jual.

Brand strategy untuk membangun reputasi ini tidak hanya di dapatkan dari kehadiran anda di social media, namun diperlukan juga pendekatan terhadap ketiga bagian lainnya, diantaranya adalah :

Brand Persona : Cara penyampaikan ke konsumen melalui pemilihan gaya bahasa pada caption, postingan social media, serta cara membalas pesan keluhan konsumen.

Identitas Visual : Tampilan konten social media, mulai dari pemilhan warna konten serta foto profile, sehingga memudahkan konsumen untuk mengenali produk dan brand anda dengan mudah.

Interaksi : Pendekatan ke konsumen dengan membalas berbagai pesan dan komentar yang masuk untuk membangun keakraban satu sama lain.

Tiga pilar tersebut bekerja sama untuk membuat akun social media anda mudah diakses oleh konsumen sehingga membangun kedekatan yang kuat dengan audience yang dimiliki.

Sehingga konsumen akan mendukung setiap anda merilis produk terbaru serta mengunggah konten social media secara rutin.

cwaYJLNcSuyn7w3DeQve

4 Kunci Membangun Brand Strategy Social Media 

Sebelum membuat brand strategy yang efektif tentunya diperlukan beberapa pilar utama yang perlu diperhatikan oleh kreator.

Berikut 4 kunci utama yang peerlu diperhatikan untuk membangun brand strategy social media.

Identitas di Social Media 

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam membangun brand strategy adalah mengetahui identitas yang ingin anda tunjukkan di social media.

Cara ini bisa dibangun dengan mengenali jenis bisnis yang anda jalankan dan akan dipromosikan di social media.

Sehingga akan memudahkan anda dalam mengenali target konsumen yang akan dituju serta pendekatan yang tepat.

Hal ini juga akan membantu dalam mengenali identitas yang akan anda tampilkan di social media, nilai brand, serta strategi untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan.

Anda juga dapat menentukan gaya bahasa yang tepat untuk disampaikan ke target konsumen.

Contohnya adalah gaya bahasa untuk brand kecantikan remaja tentunya akan berbeda dengan brand bank digital yang memiliki konsumen dewasa.

Identitas ini juga akan membantu anda dalam menyampaikan nilai dan informasi yang ingin anda sampaikan melalui konten social media.

Audience

Bagian paling penting dalam penentuan brand strategy social media adalah mengetahui target audience yang ingin anda tuju.

Hal ini memungkinkan anda untuk memilih pendekatan yang tepat dan disesuaikan dengan strategi pemasaran yang akan anda gunakan.

Sehingga untuk mengenali target audience yang akan dituju maka anda perlu menempatkan diri anda sebagai konsumen juga.

Cara ini tentunya akan membantu anda dalam memahami pandangan konsumen mengenai produk anda serta cara pengembangannya.

Konten Social Media 

Sebuah profil social media yang menawan tentunya tidak akan lengkap apabila tidak memiliki konten yang menarik.

Di sisi lain, berbagai konten yang anda bagikan di social media juga akan membentuk brand anda, sehingga kreator sebaiknya membagikan postingan yang sesuai dengan target audience yang akan anda tuju serta memiliki kekuatan untuk untuk optimasi campaign yang telah anda buat sebelumnya.

Sehingga membagikan postingan social media yang sesuai dengan target audience di social media wajib diperhatikan dengan baik untuk mengoptimalkan brand strategy social media.

Contohnya adalah kekuatan dari konten video di social media yang sebaiknya anda maksimalkan dengan baik.

Hal ini dikarenakan pengguna social media lebih tertarik pada jenis konten satu ini sehingga banyak platform yang berlomba-lomba membuat fitur video yang relevan.

Contohnya Instagram dengan reels atau Youtube dengan shorts dimana penonton bisa membuat dan melihat konten video pendek dengan mudah dan menyenangkan.

Namun, anda juga perlu mengingat banyaknya saluran video pendek juga memungkinkan anda bertemu dengan kompetitor lain yang memiliki konten yang lebih menarik dan digandrungi banyak orang.

Sehingga anda perlu menarik perhatian penonton di detik-detik awal agar mereka tertarik untuk melihat kelanjutan konten yang telah anda buat.

Berikut beberapa konten berdasarkan platform social media yang sering digunakan oleh marketer dan target audience :

F7pOd9YkS2iFQJmytMZT

Desain Social Media 

Apabila anda sering mengikuti akun social media business atau brand maka anda akan menemukan berbagai jenis desain yang menjadi ciri khas dari produk tertentu.

Misalnya akun social media brand minuman akan memberikan desain yang terlihat segar dan memancing pembeli untuk mencoba produk tersebut atau akun social medi brand parfum wanita yang terkesan elegan dan kuat.

Berbagai pemilihan warna dan desain social media akan memudahkan konsumen mengenali produk anda dengan mudah berdasarkan dari tampilan yang disuguhkan.

Tidak hanya itu, pemilihan font serta profil picture social media juga memainkan peran penting untuk membantu pengikut anda mengenali brand anda di social media.

Sehingga wajar saja apabila mengikutkan pemilihan desain ke dalam strategi digital marketing jangka panjang.

tips mengembangkan brand strategy social media

Tips Mengembangkan Brand Strategy Social Media

Social media telah menjadi tools terkuat yang membantu dalam membangun brand awareness, interaksi dengan konsumen, serta kunjungan ke marketplace atau website pribadi untuk meningkatkan penjualan secara efektif.

Dengan membangun hubungan dengan konsumen maka akan membantu dalam meningkatkan royalitas dan loyalitas konsumen ke produk yang anda miliki.

Di social media sendiri, setiap tweet, retweet, like, share, dan komentar yang anda dapatkan akan membantu dalam meningkatkan jangkauan brand anda, sehingga membuat akun anda lebih kuat dibandingkan kompetitor lain yang memiliki produk yang sama.

Hal ini menjelaskan bahwa peran social media tidak hanya terbatas pada tempat dan lokasi tertentu.

Sehingga persiapkan diri anda untuk membuat brand strategy social media yang tepat dan efektif untuk jangka panjang.

Mengisi Profil Social Media dengan Lengkap 

Pernahkah anda mengunjungi sebuah akun social media dan merasa kesal mengenai informasi yang tidak dicantumkan dengan lengkap?

Padahal sebuah profil social media yang memiliki informasi lengkap akan membantu target konsumen mengenali produk anda dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, kolom profil untuk akun business dan pribadi tentunya berbeda dan tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha.

Karenanya setelah anda mengubah akun pribadi anda menjadi akun business maka sebaiknya anda mengisi berbagai kolom informasi dengan lengkap :

Username : Gunakan username yang mencerminkan nama brand anda sehingga mudah dicari oleh konsumen di social media, pastikan juga menggunakan nama yang sama di seluruh saluran pemasaran yang anda miliki.

Photo profile : Gunakan logo brand berupa gambar atau tulisan yang akan memudahkan konsumen untuk mengenali produk anda dan menghindari dari akun social media palsu yang mengatasnamakan brand atau produk anda.

Display Name : Gunakan nama brand atau tagline yang anda gunakan untuk promosi, anda juga bisa memakai kata kunci yang memudahkan konsumen untuk menemukan akun instagram anda dengan kata kunci tertentu.

Bio Instagram : Jelaskan brand value atau mendeskripsikan produk anda dengan jelas dan padat.

Link : Manfaatkan kolom ini untuk mencantumkan saluran pembelian online melalui marketplace atau website yang anda miliki sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk anda dengan mudah dan cepat.

profil instagram @avoskinbeauty

Optimasi profil instagram ini juga dilakukan oleh brand kecantikan @avoskinbeauty yang mencantumkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna instagram sehingga memudahkan untuk memahami produk anda.

Gunakan Strategi SMART 

Banyaknya pengguna social media aktif tentunya memudahkan anda untuk menemukan akun pribadi yang sekedar mengakses untuk melihat konten serta akun business yang berjualan berbagai produk.

Berbagai akun business yang melakukan promosi di social media ini tentunya membuat anda bersaing agar akun anda mendapatkan perhatian lebih dari konsumen yang anda inginkan.

Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat agar akun anda mendapatkan tempat di hati konsumen yang memiliki minat pada produk yang anda jual.

Salah satunya adalah menggunakan strategi SMART :

Specific : Ketahui tujuan spesifik yang akan anda bangun di social media dan fokus pada tujuan tersebut dalam jangka waktu tertentu, contohnya adalah meningkatkan jumlah pengikut serta jangkauan konten social media.

Measureable : Tujuan yang ingin anda wujudkan tentunya harus diukur dengan target yang tepat, misalnya mendapatkan 100 pengikut baru dalam waktu seminggu atau jangkauan konten yang mencapai 1000 akun social media dalam sehari, berbagai ukuran target ini bisa anda ketahui dengan mengakses halaman insight di akun bisnis.

Achieveable : Pastikan juga tujuan anda bisa digapai dan bukan hanya sekedar angan-angan semata, target ini juga perlu anda iringi dengan usaha serta tools yang membantu kinerja konten social media.

Relevance : Anda sebaiknya memahami bagaimana rencana anda akan memengaruhi kinerja dalam membuat konten social media, misalnya jika anda memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah viewers video tiktok hingga 100.000 penonton maka anda sebaiknya mengetahui strategi untuk membangun usaha tersebut.

Timely : Anda juga perlu menghitung kapan tujuan tersebut bisa selesai, apakah anda bisa menghasilkan 10.000 pengikut dalam enam bulan atau diperlukan waktu yang lebih lama lagi? Durasi ini akan membantu anda dalam memahami kendalan yang dialami apabila anda gagal dalam mendapatkan jumlah pengikut dalam jangka waktu tersebut.

Tujuan di Social Media 

Setelah memiliki akun social media maka anda tidak hanya mengunggah berbagai konten secara acak.

Namun diperlukan juga tujuan di social media yang akan membantu mengenalkan brand dan produk anda ke target konsumen yang tepat.

Berikut beberapa tujuan di social media yang bisa anda pertimbangkan sebelum mengembangkan saluran pemasaran digital :

Meningkatkan Kunjungan Website atau Marketplace

Sebuah brand besar atau berkembanga biasanya memiliki akun website, shops, atau marketplace yang memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi barang.

Penggunaan saluran pembelian ini juga memudahkan konsumen yang berada di luar kota namun ingin membeli produk anda secara online.

Beberapa strategi pemasaran yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kunjungan ke website atau marketplace adalah memberikan diskon pada saluran tertentu agar konsumen tertarik untuk melakukan transaksi.

Anda juga bisa mengunggah konten yang membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi halaman website anda.

Contohny adalah anda bisa membuat konten mengenai cara memilih produk untuk kulit berjerawat yang bisa diakses di website yang anda miliki.

Meningkatkan Interaksi di Social Media 

Salah satu cara untuk membuat akun social media brand anda terkenal adalah dengan membangun interaksi dengan konsumen melalui konten yang telah anda unggah.

Hal ini dikarenakan algoritma social media akan meningkatkan jangkauan akun social media yang memiliki interaksi organik paling banyak.

Sehingga semakin banyak interaksi yang anda dapatkan akan membuat konten anda muncul di halaman rekomendasi pengguna social media lainnya.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan interaksi di social media adalah dengan mengangkat topik yang sedang naik daun dan diperbincangkan oleh konsumen di industri anda.

Sehingga pengikut anda tertarik untuk memberikan pendapat di kolom komentar sesuai dengan pengalaman yang dimiliki.

Anda juga bisa mengunggah konten social media yang berisi masalah yang biasa dihadapi oleh konsumen dengan tambahan unsur komedi serta edukasi.

Hal ini akan membuat pengikut anda tertarik untuk memberikan interaksi berupa komentar atau likes di postingan anda.

Namun, bagi akun social media brand yang masih memiliki pengikut yang sedikit maka anda bisa memanfaatkan layanan iklan untuk memperluas jangkauan konten social media ke target konsumen yang diinginkan.

konten instagram @finansialku

Cara ini juga dilakukan oleh akun social media perencanaan keuangan @finansialku yang membahas masalah yang dihadapi oleh konsumen serta cara mengatasinya, sehingg membuat konsumen tertarik untuk memberikan interaksi berupa jawaban atau reaksi yang relevan.

Membangun Komunitas 

Memiliki konsumen yang loyal tidak hanya bisa dibangun dalam sekejap mata, namun diperlukan juga pendekatan yang tepat untuk merengkuh konsumen agar tertarik untuk mengenal dan membeli produk anda.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah aktif membalas berbagai komentar dan pesan masuk dengan gaya bahasa yang menyenangkan agar konsumen tertarik untuk melakukan interaksi dengan anda selanjutnya.

Anda juga bisa mengunggah kembali berbagi konten ulasan yang dibuat oleh konsumen agar mengundang konsumen lain untuk melakukan kegiatan yang sama.

Pembuatan konten interaksi yang mampu memancing reaksi juga bisa menjadi strategi yang tepat untuk membangun komunitas yang kuat.

Setelah anda memiliki penggemar dan pengikut yang cukup banyak dan aktif maka anda bisa membangun sebutan khusus sebagai penanda bahwa pengikut tersebut merupakan bagian dari produk anda.

Melakukan survey mengenai nama komunitas yang sesuai akan membantu konsumen merasa terlibat pada proses perjalanan anda.

Pada momen tertentu anda bisa melakukan kegiatan khusus yang diikuti oleh konsumen sembari mengundang beberapa influencers kesukaan untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Dengan meningkatkan intekasi ini maka konsumen secara tidak sadar akan terus menerus mempromosikan produk anda melalui strategi word of mouth.

Meningkatkan Brand Awareness 

Salah satu tujuan untuk membuat akun social media brand adalah mengenalkan produk anda ke konsumen yang lebih luas dan belum mengenal produk anda melalui social media.

Sehingga anda akan mendapatkan konsumen yang berasal dari luar kota yang tentunya akan meningkatkan jumlah penjualan secara drastis.

Namun untuk membangun brand awareness ini juga diperlukan strategi yang tepat agar konsumen mengenal produk anda dengan ciri khas yang dimiliki.

Pertama anda bisa membangun campaign yang berkaitan dengan produk anda dan konsumen.

Salah satunya adalah membuat campaign agar kulit tetap sehat menggunakan produk perawatan tubuh yang anda miliki.

Hal ini bisa di dukung dengan konten edukasi yang menarik dan membuka wawasan konsumen.

Identifikasi Target Audience 

Meskipun platform social media memiliki banyak pengikut yang beragam dari berbagai kalangan usia, gender, dan latar belakang, namun tidak semua bisa menjadi target konsumen.

Hal ini dikarenakan setiap kelompok usia memiliki masalah yang berbeda sehingga memiliki solusi yang tidak sama satu sama lain.

Misalnya saja remaja di usia sekolah belum perlu produk penuaan dini begitu juga dengan orang dewasa yang tidak terlalu membutuhkan peralatan sekolah yang lucu.

Sehingga penting bagi anda untuk mengidentifikasi target audience agar anda dapat membuat konten yang sesuai dengan konsumen yang ingin anda tuju.

Beberapa cara untuk mengidentifikasi target audience diantaranya adalah :

  • Memahami platform social media yang akan anda gunakan
  • Memilih tipe konten yang akan anda unggah
  • Identifikasi brand voice

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/brand-strategy/

https://www.lyfemarketing.com/blog/social-media-branding/

Top 23 Creative Social Media Branding Strategy | WP Swings

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *