pexels ron lach 7801130 2

Ide Konten Interaktif Instagram Untuk Interaksi Followers

Jadikan akun instagram anda menjadi lebih ramai dengan ide konten interaksi yang menarik.

Instagram menjadi salah satu social media yang banyak digandrungi oleh pengguna internet, dimana platform ini menyediakan berbagai jenis layanan yang berguna untuk sarana ekspresi diri dengan maksimal.

Jumlah pengguna yang banyak serta berbagai aktivitas yang dilakukan di Instagram, menjadikan banyak brand terkenal atau usaha kecil berbondong-bondong membuat akun instagram bisnis mereka.

Hal ini dilakukan untuk membangun interaksi dengan pelanggan setia serta meluaskan pasarnya ke konsumen yang potensial.

Di sisi lain, sebanyak 90% pengguna instagram juga setidaknya mengikuti satu akun instagram brand yang memiliki topik dan minat yang relevan dengan kesukaan mereka.

Sehingga setiap akun instagram brand memiliki peluang untuk menguatkan hubungan dengan pengikut yang dimiliki serta menyasar konsumen yang memiliki minat yang sama.

Namun, dalam pengembangan akun instagram, anda tidak hanya mengunggah berbagai postingan berisi produk yang anda miliki.

Akan tetapi dibutuhkan juga konten interaktif yang dapat membangun hubungan dengan pengikut yang dimiliki.

Di tambah lagi, rata-rata pengguna hanya menghabiskan 30 menit dalam sehari untuk mengakses instagram, sehingga anda perlu memaksimalkan waktu tersebut untuk memikat perhatian konsumen.

Tidak hanya itu, semakin banyak interaksi yang anda dapatkan di setiap postingan yang anda miliki, maka akan membuka peluang untuk menaikkan konten dan akun anda di halaman instagram explore yang tentunya menguntungkan untuk memikat konsumen dengan minat yang sama.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi konten interaktif instagram yang bisa anda gunakan sebagai variasi konten yang menarik.

Manfaatkan Instagram Reels

Konten video pendek menjadi salah satu postingan yang diminati oleh banyak pengguna social media.

Melalui video sepanjang 90 detik ini, anda bisa menampilkan berbagai postingan yang menarik, mulai dari promosi produk, edukasi konsumen, atau membuat konten interaktif yang memancing banyak interaksi dari pengguna instagram.

Keuntungan lainnya dari menggunakan instagram reels adalah konten anda memiliki peluang untuk muncul di halaman reels yang menyasar pengguna yang memiliki minat yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan kegiatan yang biasa anda dan tim anda lakukan untuk membangun produk dan brand yang anda miliki.

Hal ini juga membantu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang baru mengenal produk anda atau mengenalkan tim yang anda miliki ke konsumen setia.

Cara ini dilakukan oleh akun instagram brand kecantikan Somethinc yang membagikan pengalaman mereka saat melakukan jalan-jalan ke Turki bersama tim yang dimiliki.

Penggunaan konten ini cocok digunakan untuk mengenalkan produk dan brand anda ke konsumen baru yang baru mengikuti akun anda, sehingga mereka bisa lebih mengenal anda sehingga meningaktkan interaksi satu sama lain. 

w0fJO1ouRXabHu2FngDI

Lakukan Kontes Giveaway

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah? apalagi jika kado tersebut merupakan barang yang sudah lama diincar dan telah menjadi wishlist selama bertahun-tahun.

Pemberian hadiah yang menarik dan disukai oleh konsumen biasanya dilakukan sebuah akun instagram untuk berbagai tujuan.

Contohnya adalah menaikkan jumlah pengikut dengan cepat serta menaikkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Sehingga melakukan sesi giveaway secara rutin juga bisa menjadi konten interaktif yang tepat.

Hal ini dikarenakan konsumen akan diminta menuliskan komentar mengenai ulasan produk atau alasan menginginkan produk tertentu.

Semakin interaktif komentar yang diberikan maka akan membuka peluang untuk mendapatkan hadiah juga semakin besar.

Di sisi lain, anda juga bisa mendapatkan engagement yang lebih besar apabila konsumen anda mengunggah konten yang berkaitan dengan sesi giveaway sambil melakukan tag akun instagram anda.

Penggunaan sesi giveaway sebagai konten interaktif juga dilakukan oleh akun instagram brand sepatu @shopatblow yang meminta pengikutnya untuk melakukan tag akun instagram teman serta memilih jenis sepatu yang disukai.

Cara ini membantu untuk menaikkan interaksi dengan banyaknya komentar serta likes yang di dapatkan pada postingan tersebut.

Penggunaan kontes giveaway ini juga efektif untuk menaikkan rasa penasaran pada konsumen baru yang belum mengetahui produk anda, namun mendapatkan tag dari orang lain.

Lakukan Kolaborasi dengan Influencer Instagram

Salah satu layanan instagram yang belum dimiliki oleh social media lainnya adalah Instagram collab post, dimana anda bisa mengunggah konten kolaborasi di dua tempat sekaligus, yakni akun instagram serta influencer tertentu.

Dengan menggunggah konten instagram collab maka akan membuka kesempatan untuk mendapatkan interaksi dua kali lipat lebih banyak dari pengikut yang anda miliki serta influencer yang sedang anda ajak kerjasama.

Fitur ini tentunya cocok digunakan oleh akun instagram brand yang kerap kali melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu untuk melakukan promosi produk atau layanan yang baru saja diluncurkan.

Kolaborasi ini juga pernah dilakukan oleh akun instagram brand pakaian wanita Myrubylicious dengan instagram influencer @angelluwesk.y yang mengenakan produk yang mereka miliki sehingga menarik minat pengikutnya yang mungkin penasaran pada pakaian yang ia gunakan.

Dengan membangun hubungan dengan kreator atau influencer yang memiliki minat yang sama serta melakukan kolaborasi konten di akun Instagram anda, maka akan membuka peluang untuk pada produk dan brand yang anda miliki.

Strategi ini cocok bagi usaha kecil yang tengah mencari target konsumen yang maksimal dengan menggaet influencer yang bergerak di bidang yang sama.

Sebuah akun instagram brand yang telah memiliki nama besar juga bisa ikut berpartisipasi pada kolaborasi ini agar semakin banyak orang yang mengingat nama mereka serta mengetahui produk baru yang mereka luncurkan.

Guna mencari instagram influencer yang sesuai, maka anda bisa mencarinya melalui hashtag, kolom instagram explore, bertanya ke konsumen, atau menggunakan website tertentu.

RX4kyKFfQImkHiE39o4H

Bagikan Konten Meme

Di kala penatnya kegiatan dalam satu hari, mengakses akun instagram untuk mencari hiburan juga bisa menjadi pelepas penat yang ampuh.

Tidak jarang pengguna instagram mengikuti berbagai akun instagram komedi untuk mendapatkan hiburan saat membuka akun yang dimiliki.

Kebiasaan ini juga bisa anda manfaatkan dengan sesekali mengunggah konten meme yang lucu sehingga mengundang interaksi dengan konsumen melalui komentar yang berisi reaksi dari konten anda.

Di sisi lain, anda juga bisa memanfaatkan konten meme untuk memancing konsumen memberikan pendapat mengenai topik yang anda angkat dalam bentuk komedi.

Tidak hanya itu, konten meme juga terbukti dapat menaikkan brand awareness serta menaikkan interaksi dengan konsumen dengan terhubung melalui emotional marketing yang relevan.

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand konsultan keuangan ZapFinance yang membagikan konten video meme yang relevan dengan masalah yang dialami banyak konsumen.

Keterkaitan antara topik yang diunggah dengan masalah yang dialami oleh konsumen, menjadikan pengikutnya ikut memberikan komentar untuk mereaksi postingan tersebut.

Dalam membuat konten meme, anda bisa mengambil sumber dari postingan komedi yang berasal dari social media lain, namun jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber awal dari konten tersebut.

Anda juga bisa membuat konten meme yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh pengikut anda, serta topik yang sedang ramai diperbincangkan untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut yang anda miliki.

konten interaktif instagram

Merespon Setiap Komentar yang Masuk

Mengunggah konten interaktif secara rutin akan terasa sia-sia apabila anda tidak merespon setiap komentar atau balasan pesan yang masuk.

Hal ini akan membuat pengikut anda merasa sia-sia untuk merespon pertanyaan yang masuk, sehingga merasa malas untuk melakukan interaksi kembali di lain waktu.

Di sisi lain, rutin merespon setiap komentar dan balasan yang masuk juga efektif untuk meningkatkan poin algoritma instagram, sehingga konten dan akun instagram anda akan direkomendasikan ke pengguna instagram yang tepat.

9B3tMgzyQ4eqd2iGN4OQ

Interaksi dengan membalas berbagai komentar yang masuk juga dilakukan oleh akun instagram brand kecantikan @thebodyshopindo yang merespon setiap pertanyaan yang masuk dan berkaitan dengan produk yang mereka miliki

Agar setiap komentar yang masuk terbalas dengan sempurna, maka anda bisa menyediakan waktu khusus minimal satu jam setelah postingan anda diunggah agar interaksi masih terasa relevan.

Anda juga bisa menyediakan waktu di pagi hari sebelum memulai pekerjaan atau sore hari sebelum pekerjaan selesai untuk menjawab berbagai komentar dan balasan pesan yang masuk agar tidak terlewat sekalipun.

Pastikan juga anda menggunakan gaya bahasa yang ramah dan mudah dipahami oleh konsumen, sehingga interaksi berjalan dengan lancar.

Menyelipkan istilah yang sedang trending atau komedi di setiap balasan komentar juga akan membuat konsumen merasa nyaman untuk melakukan interaksi dengan konten interaktif anda, sehingga selalu menyediakan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di setiap konten yang anda unggah.

Di sisi lain, banyaknya balasan pesan yang masuk di direct instagram, terkadang membuat anda kewalaha untuk merespon berbagai balasan tersebut.

Padahal bisa saja pesan tersebut berisi komplain konsumen yang harus dibalas cepat agar tidak menurunkan rasa kepercayaan konsumen pada produk anda.

Guna menyelesaikan masalah ini, maka anda bisa menggunakan bot instagram yang mampu membalas pesan secara otomatis melalui kata kunci yang dipilih sehingga keluhan bisa direspon dengan cepat.

Tidak hanya itu, apabila anda aktif mengunggah reels sebagai konten interaktif di Instagram, maka anda bisa melakukan interaksi dengan membalas pesan menggunakan reels baru lainnya.

Semakin sering anda membalas komentar menggunakan konten baru, tentunya akan membangun hubungan yang erat dengan konsumen anda serta membantu anda agar tidak kekurangan ide konten yang kreatif.

Instagram juga menyajikan tutorial cara membalas komentar menggunakan instagram reels untuk meningatkan interaksi dengan konsumen.

QWH0h9GWTea7Aq6Rr7IW

Unggah Brosur Event Tertentu 

Mengikuti berbagai event tertentu yang berkaitan dengan industri anda tentunya akan membuka kesempatan agar produk anda dikenal oleh target konsumen yang tertarik pada yang anda jalankan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat event khusus yang bisa dikunjungi oleh konsumen anda guna mendekatkan diri satu sama lain serta mengenalkan berbagai produk yang anda miliki.

Nah, agar event yang anda kunjungi dan buat dihadiri oleh banyak orang, maka anda bisa membuat brosur event di konten instagram anda.

Dengan membuat konten promosi yang menarik dan disertai dengan penawaran menarik yang anda cantumkan di kolom caption, maka akan semakin banyak orang tertarik untuk menghadiri acara anda.

Tidak hanya itu, agar konten promosi anda semakin variatif dan menarik, maka anda bisa membuat konten promosi yang interaktif menggunakan konten video atau foto yang unik.

Promosi event ini juga dilakukan oleh akun instagram brand otomatif @mpmhondajatim yang membagikan promosi event virtual yang dilakukan untuk memikat konsumen dalam menghadiri acara yang diadakan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan brosur event siaran langsung yang anda lakukan bersama influencer atau key opinion leader untuk membahas topik yang relevan.

Semakin banyak orang yang bergabung pada sesi siaran langsung anda, tentunya akan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen serta melakukan interaksi pada konsumen baru yang anda miliki.

Anda juga bisa membagikan konten promosi tersebut di Instagram story agar mudah dilihat oleh pengikut lainnya serta mendapatkan pemberitahuan saat sesi siaran langsung akan dimulai.

G7L7anVT9OyzXrVgd990

Berikan Konten Edukasi yang Menarik

Seorang konsumen yang baru menyelami industri tertentu terkadang mendapatkan berbagai informasi yang tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Hal ini terjadi sebab banyaknya informasi yang masuk dari berbagai sumber yang akhirnya membuat konsumen bingung mengenai fakta yang benar dan sesuai.

Masalah ini biasanya dihadapi oleh pengguna skincare yang mencoba-coba berbagai produk kecantikan yang sesuai dengan masalah kulit namun kurang memahami kandungan bahan yang akan digunakan.

Karenanya untuk memberikan pengetahuan baru serta meningkatkan kepercayaan konsumen ke produk anda, maka anda bisa mengunggah konten edukasi yang relevan dengan industri yang anda jalani.

Contohnya yang dilakukan oleh akun brand kecantikan @cystallurebeauty yang mengunggah konten edukasi mengenai masalah jerawat yang biasa dihadapi oleh banyak orang.

Pemberian edukasi yang sesuai juga akan membantu konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.

Tidak hanya itu, agar edukasi yang anda berikan semakin menarik, maka anda bisa menggunakan pertanyaan konsumen di kolom komentar sebagai konten edukasi yang mampu meningkatkan interaksi satu sama lain.

Semakin sering anda membalas pertanyaan konsumen yang berada di kolom komentar atau pesan masuk, maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli berbagai produk yang anda jual.

Buatlah Konten Carousel 

Salah satu fitur instagram yang sering digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna instagram lainnya adalah instagram carousel, dimana anda bisa mengunggah berbagai variasi konten foto dan video dalam satu postingan.

Hal ini akan memudahkan konsumen memahami isi konten dengan mudah melalui bahasa yang mudah dipahami.

Konten carousel sendiri biasanya digunakan kreator untuk mengunggah berbagai foto produk yang baru dirilis sehingga konsumen dapat melihat detail produk dengan mudah dalam satu konten khusus.

Selain itu, instagram carousel juga bisa dimanfaatkan sebagai konten interaktif yang dapat memancing konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung dengan memberikan reaksi yang relevan.

Cara ini dilakukan mengingat instagram carousel dapat meningkatkan interaksi tiga kali lebih banyak dibandingkan konten biasa. 

Strategi ini dilakukan oleh akun instagram brand kecantikan wardahbeauty yang membagikan konten carousel mengenai cara penggunaan toner yang tepat sehingga konsumen mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan flyer promosi event tertentu di konten carousel, sehingga konsumen anda mengetahui penawaran yang anda berikan sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi event tersebut.

Anda juga bisa membuat konten carousel yang mengangkat topik mengenai masalah yang dihadapi oleh konsumen, sehingga lebih banyak orang yang tertarik untuk melakukan interaksi di konten yang telah anda buat.

DTSDjgWcTPmPjX2L4Gif

Unggah Konten Testimoni 

Sebuah brand atau produk yang baru saja diluncurkan bisa saja mendapatkan perhatian dari khalayak luas, setelah mendapatkan ulasan dari influencer yang memiliki pengaruh yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan konsumen terkadang percaya akan testimoni dari influencer yang dikenal jujur dalam menyampaikan pendapat, sehingga mereka tertarik untuk ikut membeli produk yang sama.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand yang berbondong-bondong melakukan kerjasama dengan influencer tertentu untuk memberikan ulasan pada produk yang dimiliki agar mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari konsumen.

Akan tetapi, anda juga bisa membagikan konten testimoni yang di dapatkan dari konsumen untuk mendapatkan kepercayaan lebih.

Ulasan tersebut bisa anda dapatkan dari berbagai sumber, seperti mencari di kolom pencarian social media lain menggunakan nama brand atau produk anda, menelusuri kolom komentar dan pesan masuk, atau mengambil ulasan dari konten yang melakukan tag akun anda.

Setelah berhasil mengumpulkan berbagai testimoni yang anda inginkan, maka anda bisa membuat konten khusus yang berisi ulasan dari konsumen lain, guna meningkatkan kepercayaan pengikut baru anda.

Review jujur yang diberikan juga akan memancing komentar dari konsumen yang merasakan hasil yang sama, sehingga timbul interaksi pada konten testimoni yang telah anda unggah.

Ei47hkRjThWPuO7Nd3Tj

Strategi ini dilakukan oleh akun instagram brand sandal @onso.footwear yang membagikan ulasan produk dari konsumen yang dimiliki di instagram highlight.

Penggunaan highlight ini dilakukan mengingat letaknya di bagian atas halaman profil instagram, sehingga mudah diakses dan sehingga ulasan konsumen tidak akan tertimbun oleh konten lain yang telah anda unggah setelahnya.

Buka Sesi Tanya Jawab dengan Konsumen

Sebagai seorang konsumen dari produk lain, kadang kala kita menemukan pertanyaan mengenai brand atau produk yang anda sukai, namun tidak memiliki tempat untuk bertanya dan menuntaskan berbagai rasa penasaran anda.

Di sisi lain, sebagai seorang marketer tentunya anda akan menemukan berbagai pertanyaan di kolom komentar yang harus anda jawab, meskipun pertanyaan tersebut terkadang kurang relevan pada konten yang anda unggah.

Karenanya untuk menjawab rasa penasaran serta melakukan interaksi dengan konsumen yang anda miliki maka anda bisa membuat konten interaktif yang berisi sesi tanya jawab dengan konsumen.

Sehingga konsumen dapat bertanya mengenai produk dan brand yang anda jalankan, serta meningkatkan kepercayaan konsumen.

Anda juga bisa mengundang pemilik usaha atau karyawan lain yang menjalankan peran di bidang tertentu untuk menjawab berbagai pertanyaan konsumen.

Dalam sesi tanya jawab ini, anda bisa menggunakan dua jenis konten instagram yang efektif.

Pertama, anda bisa menggunakan single post dimana anda mengunggah konten yang memberitahukan adanya sesi tanya jawab, dimana konsumen bisa berkonsultasi mengenai masalah yang dihadapi serta bertanya mengenai produk dan brand yang anda jalankan.

Kedua, anda bisa memanfaatkan konten instagram live dimana anda bisa membuka sesi tanya jawab dengan topik tertentu yang sedang hangat di kalangan konsumen.

Anda juga bisa mengundang key opinion leader yang bergerak di bidang tertentu atau pemilik usaha anda untuk meyakinkan sesi tanya jawab yang anda lakukan.

Apabila anda ingin membuka sesi tanya jawab melalui instagram live, maka anda perlu mempromosikannya terlebih dahulu agar lebih banyak orang yang bergabung dalam siaran langsung yang anda lakukan.

Pastikan juga untuk menggunakan gaya bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh penonton dan konsumen anda.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/instagram-post-ideas/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.