pexels jorge urosa 9129527 4

Twitter Create : Fitur-fitur Untuk Akun Kreator dan Brand

Maksimalkan strategi twitter marketing menggunakan layanan dari twitter create untuk konten dan interaksi yang lebih menarik.

Twitter telah menjadi social media yang banyak digunakan oleh pengguna social media, dimana anda bisa menemukan berbagai tweet yang berisi informasi terbaru atau sekedar interaksi yang berisi hiburan yang mengundang tawa.

Tidak hanya itu, kemudahan dalam mendapatkan informasi terbaru juga menjadi alasan Twitter memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia.

Banyaknya jumlah pengguna twitter ini, akhirnya memunculkan influencer twitter yang aktif mengunggah tweet yang berisi informasi yang relevan dengan topik tertentu, atau sekedar membagikan pengalaman hidup yang dimiliki.

Sehingga guna memaksimalkan kinerja dari influencer tersebut, maka twitter akhirnya mengeluarkan layanan twitter create yang menyajikan fitur yang menarik untuk interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Berikut beberapa layanan dari twitter create yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan di twitter.

twitter create

Apa Itu Twitter Create

Layanan twitter create merupakan pembaruan fitur dari twitter media, dimana kreator disediakan platform yang memudahkan kreator dan marketer dapat mempelajari layanan dan menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan akun twitter yang anda miliki.

Selain itu, layanan twitter create juga cocok bagi kreator yang menggunakan untuk promosi produk dan meningkatkan brand awareness, atau memiliki topik yang bergerak di bidang gaming, dimana twitter create dapat membantu anda memberikan wawasan untuk meningkatkan jangkauan tweet, serta meningkatkan interaksi dengan pengguna twitter lainnya.

twitter create

Fitur-fitur Twitter Create

Seorang influencer twitter yang telah memiliki pengikut yang banyak serta mendapatkan perhatian dari tweet-tweet viral yang dimiliki, tentunya membutuhkan fitur tambahan untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut.

Di sisi lain, Twitter juga biasa digunakan untuk promosi produk dan brand untuk menjangkau konsumen yang berada di Twitter, sehingga dibutuhkan layanan tambahan untuk meningkatkan performa akun twitter yang dimiliki.

RU1MzpVjT12hhHSv4jnP

Salah satunya yang dilakukan oleh brand kecantikan Wardah yang menggunakan platform twitter sebagai media promosi untuk menjangkau konsumen yang berada di Twitter.

Untungnya twitter telah meluncurkan twitter create yang memberikan berbagai layanan untuk mengoptimalkan promosi dan interaksi di twitter :

tweetdeck

TweetDeck

Saat mengembankan sebuah akun social media, tentunya anda membutuhkan sebuah tim yang dapat membantu dalam membuat konten serta media yang dapat menarik perhatian dari konsumen anda.

Sehingga tidak mengherankan apabila sebuah akun social media biasanya dikelola oleh beberapa orang sekaligus yang saling bahu membahu dalam membuat, mengunggah, serta melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Karenanya tidak mengherankan apabila banyak website social media manager yang menyediakan berbagai layanan yang membantu untuk mengelola akun social media secara efektif.

Meskipun begitu, beberapa social media juga menyediakan platform sendiri untuk mengelola akun business yang dimiliki, seperti Meta dengan Creator Studio untuk Facebook dan Instagram, serta Youtube dengan layanan Youtube Dashboard.

Twiiter juga tidak mau ketinggalan, hingga akhirnya meluncurkan tweetdeck yang bisa diakses melalui website atau aplikasi handphone, sehingga memudahkan kreator untuk mengatur akun twitter dimana saja dan kapan saja.

Hal ini dikarenakan tweetdeck merupakan platform management twitter gratis yang bisa diakses oleh kreator serta anggota tim lainnya.

Tweetdeck sendiri dinilai menguntungkan untuk melakukan kolaborasi dengan tim social media yang dimiliki dengan mengatur tweet yang dimiliki, interaksi dengan pengikut yang dimiliki, serta menjadwalkan konten yang diunggah secara otomatis di waktu yang telah ditentukan.

Twitter Moment

Guna membangun hubungan dengan konsumen di Twitter, tentunya kreator akan mengunggah berbagai tweet yang berbeda setiap harinya, seperti tweet promosi, interaksi, atau edukasi mengenai produk dan brand yang dimiliki.

Sayangnya banyaknya tweet yang diunggah dari waktu ke waktu, menjadikan pengikut anda bingung untuk menemukan konten tertentu yang ingin dibaca kembali atau dibagikan ke pengguna twitter lainnya.

Karenanya untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengelompokkan beberapa tweet dengan kategori yang sama menggunakan twitter moment.

Hal ini akan memudahkan pengikut anda untuk menemukan tweet yang sesuai dengan selera, sehingga tidak ketinggalan tweet terbaru yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan tweet dari orang lain yang membahas topik yang sama atau mengulas produk yang anda miliki ke dalam twitter moment anda, untuk memberikan variasi konten serta mengumpulkan ulasan konsumen di tempat khusus.

Cara ini akan membantu meningkatkan kepercayaan kepada produk anda, sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli barang yang anda jual.

Anda juga bisa menyematkan twitter moment di pin tweet guna menarik perhatian orang lain saat mengunjungi akun twitter anda.

yNGRf2y1QcqHmn48ygvb

Salah satunya yang dilakukan oleh brand transportasi Audi yang membuat twitter moment yang berisi konten khusus yang bisa diakses dengan mudah oleh pengikut yang dimiliki.

Twitter Communities

Salah satu cara untuk membangun kedekatan dengan konsumen adalah aktif membalas berbagai interaksi yang masuk ke dalam tweet yang telah anda unggah.

Cara ini juga membantu dalam meningkatkan algoritma untuk memperluas jangkauan tweet anda, serta membuka peluang bagi twitter untuk memasukkan tweet anda ke dalam topik tertentu.

Semakin sering anda melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, maka akan membuka peluang untuk mendekatkan diri dengan konsumen serta membuat mereka memiliki ikatan batin sehingga tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Apabila anda memiliki pengikut yang cukup banyak di twitter dan ingin membangun interaksi dengan komunitas anda, maka anda bisa mengumpulkannya di twitter community, dimana mereka bisa melakukan interaksi satu sama lain pada konten yang anda unggah.

Hal ini akan membantu dalam meningkatkan interaksi di konten yang telah anda unggah, sehingga memperluas jangkauan konten serta membuka peluang untuk masuk ke dalam topik tertentu.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan twitter community untuk membuat forum yang mengundang key opinion leader yang memiliki kemampuan di bidang tertentu serta memiliki pengaruh besar pada industri tertentu.

Contohnya adalah mengundang seorang influencer di bidang kecantikan untuk membagikan ulasan mengenai produk yang anda miliki, sehingga konsumen tertarik untuk melakukan interaksi dengan influencer tersebut di twitter community.

pi7ASYdcRH2tbzQkyYXU

Cara memanfaatkan twitter community juga cukup mudah, dengan melakukan klik pada ikon tambah yang ada di bagian pojok kanan tab community dan menambahkan nama komunitas serta deskripsi komunitas.

Jangan lupa juga untuk mengatur tab community sehingga hanya akan ada beberapa orang tertentu yang dapat masuk ke komunitas anda.

Setelah itu, anda juga bisa mempromosikan komunitas anda melalui tweet promosi, dimana konsumen bisa langsung masuk dengan menaati beberapa peraturan yang telah anda berikan.

Apabila seseorang telah masuk ke dalam komunitas anda, maka mereka bisa memberikan respon ke berbagai konten yang telah anda unggah.

Twitter Spaces

Di setiap social media pastinya anda akan menemukan fitur siaran langsung, dimana anda bisa melakukan interaksi langsung dengan pengikut yang dimiliki melalui obrolan dua arah.

Keberadaan layanan siaran langsung ini tidak hanya menguntungkan untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang anda miliki, namun juga bisa digunakan sebagai tempat jual beli yang efektif.

Hal ini biasa dilakukan oleh penjual di tiktok shop yang mempromosikan produk mereka di tiktoklive.

Dimana penonton bisa melakukan transaksi secara langsung selama siaran tiktok berlangsung.

Twitter juga tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan layanan twitter space dimana anda bisa melakukan interaksi bersama pengikut yang dimiliki.

Kelebihan lain dari menggunakan layanan twitter space adalah pengikut anda bisa bergabung dengan mengemukakan pendapat melalui suara saat siaran langsung berjalan sehingga interaksi anda semakin seru.

Selain itu, layanan twitter space biasanya muncul di halaman twitter orang lain, apabila pengikut anda bergabung ke dalam siaran langsung yang anda miliki.

Hal ini tentunya menguntungkan untuk memperluas jangkauan akun anda untuk meraih konsumen lain yang belum mengenal produk yang anda jual.

Berbagai topik juga bisa anda bahas pada layanan twitter space, seperti membahas topik yang sedang naik daun di industri anda atau mengundang key opinion leader yang memiliki pengaruh pada komunitas yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menjadwalkan siaran langsung pada waktu yang telah ditentukan, sehingga anda bisa melakukan promosi terlebih dahulu untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

XgBFMcrlR6OP64iwXIVn

Cara membuat twitter space juga cukup mudah, anda bisa melakukan klik pada ikon tambah yang berada di bagian pojok kanan bawah, dimana anda bisa menemukan beberapa layanan twitter seperti spaces atau mengunggah tweet berupa tulisan, foto, atau GIF.

Pastikan juga untuk mengisi beberapa deskripsi tambahan, seperti nama siaran langsung, topik, serta waktu penayangan twitter space.

dwEVWXYJQGGrydTLgRc3

Selanjutnya anda bisa langsung melakukan siaran langsung atau menjadwalkannya hingga dua minggu ke depan, sehingga anda bisa melakukan promosi secara maksimal.

Tidak hanya itu, layanan twitter space juga bisa dibagikan ke orang lain dengan membuat tweet promosi atau membagikannya melalui link khusus.

Twitter spaces juga memiliki beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan untuk kreator untuk membangun keakraban dengan pengikut mereka, serta membuka peluang untuk mendapatkan uang dari Twitter. Beberapa layanan tambahan yang dimiliki oleh twitter spaces adalah :

GOyINLQQGDCU1emSCOw3

Recorded Spaces

Meskipun pengikut anda akan mendapatkan pemberitahuan saat siaran berlangsung, namun bisa saja mereka tidak memerhatikan notifikasi yang masuk atau sedang melakukan kegiatan lain saat twitter spaces terjadi.

Hal ini tentunya akan membuat penonton anda kecewa karena ketinggalan siaran langsung yang telah dtunggu-tunggu.

Karenanya untuk mengatasi kekecewasan konsumen anda, maka anda bisa merekam siaran langsung tersebut sehingga bisa ditonton oleh pengikut anda yang ketinggalan sesi twitter spaces tersebut.

Sayangnya rekaman twitter spaces ini hanya bisa dibagikan selama 30 hari, sehingga twitter akan menghapus siaran anda setelah durasi penyimpanan selesai.

z8PEaXOWSqKpTWy80ckA

Ticketed Space

Meskipun Twitter dikenal dengan social media yang cocok untuk melakukan interaksi melalui tulisan atau meme lucu, namun kini Twitter melakukan ekspansi dengan membuka layanan monetisasi twitter.

Dengan pemberian layanan ini, maka akan membuka peluang bagi influencer untuk mendapatkan uang dari twitter dengan memanfaatkan pengikut yang telah dimiliki.

Layanan monetisasi twitter ini nantinya akan dimunculkan dalam tickted space, dimana pengikut setia anda bisa membeli tiket untuk mengakses layanan siaran langsung yang anda adakan.

Semakin banyak tiket yang terjual maka akan membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan penghasilan dari Twitter.

Super Follows

Alternatif lainnya untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari Twitter adalah menggunakan layanan super follows.

Melalui layanan ini, pengikut anda dapat mengakses konten eksklusif dengan membayar biaya berlangganan tertentu.

Sayangnya layanan super follows ini baru tersedia di bebeberapa negara saja dan hanya pengguna twitter yang memiliki jumlah pengikut organik sampai 10.000 orang untuk mengakses layanan super follows.

Twitter Tip

Peluang lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari twitter adalah menggunakan layanan Twitter tips.

Berbeda dengan layanan super follows dimana anda harus melakukan berlangganan akun twitter pada jangka waktu tertentu, namun menggunakan Twitter tips akan membuka peluang bagi pengikut anda untuk memberikan tip dalam jumlah tertentu tanpa terikat biaya berlangganan tertentu.

Perilsan layanan Twitter tips ini dilakukan agar pengguna twitter dapat mendukung konten kreator yang mereka sukai, agar mereka lebih berseangat untuk membuat konten yang anda sukai.

Apabila anda ingin memberikan tip pada konten kreator tertentu, maka anda bisa mengakses halaman profil twitter atau bergabung pada siaran langsung yang dilakukan oleh kreator tersebut.

Twitter Amplify Sponsorship Program

Meskipun twitter merupakan social media yang mengandalkan konten tulisan yang disebarkan oleh pengguna twitter, namun anda dapat dengan mudah menemukan berbagai konten video yang disebarkan dalam sebuah tweet.

Di sisi lain, anda dapat dengan mudah menemukan konten video original yang disebarkan oleh pengguna twitter yang kemudian menjadi viral di kalangan pengguna twitter.

Apabila sebuah konten anda mendapatkan perhatian lebih dari pengguna twitter secara terus menerus, maka anda bisa memanfaatkannya untuk mengaktifkan layanan monetisasi video.

Dengan mengaktifkan layanan ini, maka anda juga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui monetisasivideo yang anda miliki.

Pada layanan twitter amplify ini, anda bisa memasang iklan sebelum konten video diunggah, sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang terpasang di video anda.

Semakin panjang iklan yang ditayangkan di video anda, maka akan membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari Twitter.

Meskipun begitu, anda juga sebaiknya memastikan bahwa konten video anda lebih panjang dari iklan yang ditayangkan, sehingga konsumen tidak menyesal setelah menonton video dengan durasi yang cukup panjang.

twitter media studio

Twitter Media Studio 

Tertarik untuk melakukan monetisasi pada video yang anda unggah di Twitter? Tentunya anda perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu untuk memilih iklan yang akan disajikan serta durasi iklan yang akan dihadirkan.

Anda bisa melakukan pengaturan tersebut menggunakan layanan twitter media studio yang memungkinkan anda untuk membuat konten yang akan dimonetisasi di Twitter.

Tidak hanya itu, layanan twitter media studio juga bisa digunakan untuk menjadwalkan siaran langsung, mempromosikan konten promosi ke audience yang anda inginkan, serta menambahkan iklan ke klip video yang diinginkan.

Selain itu, anda juga bisa melihat berbagai konten video atau gambar yang telah anda unggah agar konten anda bisa mudah ditemukan dan diikuti di Twitter, sehingga menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Anda juga bisa melihat kinerja konten berbayar yang telah anda lakukan menggunakan layanan analytics, dimana anda bisa melihat konten mana saja mendapatkan lebih banyak perhatian atau kurang disukai oleh pengikut anda.

twitter analytics

Twitter Analytics

Setelah melakukan interaksi dengan berbagai tweet yang menarik atau melakukan promosi melalui iklan berbayar, maka inilah saat yang tepat untuk menganalisa kinerja konten twitter anda dalam yang di dapatkan pada jangka waktu tertentu.

Penggunaan twitter analytics ini akan menguntungkan bagi kreator untuk mengetahui konten yang disukai oleh pengikut anda sehingga bisa digunakan kembali di waktu yang akan datang.

Contohnya anda bisa melihat apakah twitter thread anda mendapatkan perhatian lebih dari pengguna twitter atau malah konten interaksi dengan menggunakan meme atau komedi tertentu lebih disukai oleh pengikut anda.

Dengan mendapatkan informasi tersebut maka akan menguntungkan bagi kreator untuk mengetahui konten yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan akun twitter anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat jumlah interaksi di akun twitter anda dengan melihat jumlah retweet dan balasan yang di dapatkan dari konten yang telah diungah, serta jangkauan konten anda untuk memastikan bahwa tweet anda telah menjangkau pengguna twitter yang sesuai.

Selain itu, anda juga bisa menghitung jumlah pengikut yang anda tambahkan dari waktu ke waktu yang bisa digunakan sebagai standar pengukuran kesuksesan promosi anda di Twitter.

Layanan Twitter analytics ini hanya bisa diakses oleh akun twitter business, sehingga pastikan bahwa akun anda telah dirubah ke akun business terlebih dahulu.

Twitter Blue

Salah satu kekesalan yang muncul di kalangan pengguna twitter adalah kesulitan untuk mengedit tweet yang telah diunggah atau mencari konten yang telah disimpan di bookmark.

Hal ini akan membuat pengguna twitter harus menghapus tweet yang telah memiliki banyak interaksi atau memerlukan waktu yang lama untuk mencari konten yang telah disimpan sebelumnya.

Keluhan dari pengguna twitter ini akhirnya di dengar oleh platform Twitter dengan meluncurkan layanan khusus bernama Twitter Blue.

Melalui layanan Twitter Blue, maka anda bisa mengakses berbagai fitur tambahan yang tidak ditemukan di akun twitter biasa.

Berbagai fitur ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang aktif membangun karir di Twitter atau bagi sebuah brand yang melakukan promosi di Twitter.

Beberapa layanan tambahan yang disediakan oleh Twitter Blue adalah :

  • Undo Tweet : Anda bisa menunda tweet anda selama 60 detik sebelum mengunggah tweet tersebut, sehingga anda bisa melihat kesalahan penulisan yang dibuat, sebelum akhirnya diunggah secara otomatis oleh Twitter.
  • Membaca berita terkini : Tidak mau ketinggalan informasi terbaru di twitter? Anda juga bisa memanfaatkan layanan twitter blue untuk membaca berbagai berita terbaru dari berbagai platform berita di lokasi anda.
  • Kostum Tampilan Twitter : Bosan dengan tampilan twitter yang sama setiap harinya, melalui layanan twitter blue, maka anda bisa merancang tampilan twitter yang lebih menarik agar bisa betah untuk melihat berbagai tweet yang menarik.
  • Akses Fitur Twitter Baru : Mau jadi yang pertama dalam mengakses fitur twiiter baru? Dengan berlangganan layanan twitter blue, maka anda bisa merasakan layanan terbaru sebelum diluncurkan secara komersial di pengguna twitter lainnya.

Twitter Create Gudies Untuk Industri 

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh twitter membuat  kreator akhirnya bingung untuk memilih layanan yang bisa digunakan untuk optimasi konten twitter.

Karenanya anda bisa memanfaatkan layanan dari twitter dengan maksimal melalui panduan dari twitter create guide untuk industri yang berbeda.

Di bulan Juni 2022, Twitter telah meluncurkan sembilan panduan penggunaan layanan twitter untuk industri yang berbeda :

  • Kreator bisa memberikan variasi konten yang berbeda dengan melakukan siaran langsung di twitter spaces atau mendapatkan penghasilan melalui monetisasi konten dari fitur Super Follows.
  • Industri perfilman atau pertelevisian bisa melakukan promosi film atau series mereka dengan melakukan interaksi melalui twitter community atau spaces.
  • Twitter juga bisa digunakan oleh portal berita yang mengunggah berbagai konten berita secara terjadwal melalui Tweetdeck, atau melakukan wawancara dengan key opinion leader mengenai topik tertentu melalui layanan twitter spaces.

Berbagai fitur tersebut akan membantu dalam promosi konten anda serta membantu mendapatkan penghasilan tambahan melalui monetisasi konten.

Sumber :

Twitter Create: 13 Twitter Marketing Tools and Features : Social Media Examiner

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *