facebook business instagram insights followers 800

15 Tren Instagram Viral, Cocok Untuk Ide Konten yang Seru

Ketahui tren instagram yang dapat membantu menaikkan eksistensi akun instagram brand yang anda miliki.

Instagram telah menjadi pusat dari kehidupan banyak orang, dimana anda bisa menemukan seseorang yang mempromosikan produk dan akun lain yang melakukan interaksi dengan pengikutnya melalui instagram live.

Berbagai aktivitas yang berbeda ini menjadikan kegiatan anda di Instagram menjadi lebih berwarna dan mononton.

Variasi kegiatan di Instagram ini juga di dukung dengan berbagai fitur instagram yang akhirnya menjadi tren instagram yang menarik untuk diikuti dengan pengikut yang dimiliki.

Namun, berbagai tren instagram ini juga perlu dipilih dengan tepat agar sesuai dengan kebiasaan dan kesukaan pengikut yang anda miliki.

Karenanya berikut rangkuman tren instagram yang bisa anda gunakan untuk berbagai kegiatan promosi dan interaksi.

Instagram Add Yours

Saat membuka konten instagram story, biasanya anda akan menemukan sebuah postingan dimana seseorang menjawab tantangan dari instagram link stiker.

Fitur instagram ini memungkinkan anda untuk menjawab berbagai tantangan melalui foto dan video yang relevan.

Tidak jarang anda tertarik pada stiker yang dibagikan oleh orang dengan ikut berpartisipasi untuk mengunggah konten yang sama.

Penggunaan instagram link stiker ini juga menguntungkan bagi kreator untuk meningkatkan brand awareness dengan cara membagikan pertanyaan atau tantangan yang relevan dengan produk dan brand anda.

Kemudian anda bisa membagikannya agar semakin banyak pengikut anda yang mengikuti tantagan pada instagram link stiker.

Anda juga bisa melakukan repost konten instagram story yang melakukan tantangan tersebut sembari memberikan tag akun instagram anda agar semakin banyak orang yang berpartisipasi pada instagram stiker tersebut.

Jika anda tertarik untuk membuat instagram link stiker, maka cara membuatnya cukup mudah dan cepat.

  • Pertama, masuk ke fitur instagram story kemudian pilih konten foto atau video yang ingin anda tampilkan 
  • Kedua, setelah memiliih konten yang sesuai maka anda bisa memilih stiker add yours yang ada di tab stiker, jangan lupa untuk memberikan judul tren yang akan anda buat, dan kemudian posting di Instagram story.
  • Ketiga, anda juga bisa menggunakan stiker add yours dari pengguna instagram lain dengan memastikan konten tersebut berkaitan dengan akun instagram yang anda miliki.
instagram link stiker

Instagram Link Stiker 

Beberapa tahun lalu, hanya pengguna instagram yang memiliki 10.000 pengikut dapat membagikan link stiker di konten instagram story.

Sayangnya fitur ini dianggap kurang menguntungkan bagi pengguna instagram lain yang ingin melakukan promosi namun terhalang dengan jumlah pengikut yang kurang banyak.

Instagram pun mendengarkan pendapat penggunanya dengan meluncurkan fitur instagram link stiker dimana anda bisa membagikan link tertentu menggunakan stiker tersebut.

Berbeda dengan instagram swipe up yang berada di bagian bawah konten story, link stiker memiiki tampilan yang konsisten sehingga mudah dikenali oleh penonton instagram story.

Tidak hanya itu, anda bisa memberikan nama stiker link yang unik sehingga pengikut anda tertarik untuk melakukan klik pada stiker tersebut.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand untuk mempromosikan akun marketplace serta website yang dimiliki agar mudah dikunjungi oleh pengikut anda. 

weBPrD4fShe858P0m7UY

Cara ini dilakukan oleh akun instagram brand @sayurbox yang memanfaatkan instagram link stiker untuk memudahkan konsumen mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang dimiliki, sehingga pembeli tidak perlu berlama-lama dalam menunggu balasan dari customer service.

Penggunaan instagram link stiker ini juga digunakan oleh influencer instagram yang melakukan kolaborasi promosi dengan brand lain.

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer instagram @kokobuncit yang mempromosikan kontes giveaway yang dilakukan oleh brand makanan jepang.

Hal ini akan memudahkan pengikutnya untuk masuk ke akun instagarm tersebut dan mengikuti sesi giveaway yang dilakukan oleh brand tersebut.

twitter card

Tampilan Twitter Card di Instagram 

Meskipun pengguna twitter tidak semasif beberapa tahun lalu, namun platform satu ini melakukan berbagai gebrakan baru.

Salah satunya adalah melakukan kolaborasi dengan Instagram dengan membuat Twitter card dimana pengguna twitter bisa membagikan konten mereka ke Twitter sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen di Twitter.

Cara ini bisa dilakukan oleh influencer twitter yang memiliki massa cukup banyak di Twitter dan ingin mempromosikan akun instagram yang dimiliki dan menyajikan konten yang serupa.

4NtcFGuYQZCw0tYQL6W2

Durasi Instagram Story yang Lebih Panjang

Konten video pendek menjadi salah satu postingan yang banyak disukai oleh banyak orang, mengingat anda bisa mendapatkan berbagai hiburan dan informasi hanya dengan konten yang pendek dan mudah dimengerti.

Instagram sendiri sudah lama memiliki konten durasi pendek yakni Instagram story, dimana anda hanya bisa melihat postingan tertentu dalam waktu 24 jam, sebelum terhapus secara otomatis atau tersimpan di instagram highlight.

Agar pengguna instagram lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat konten story, maka layanan ini terus memperbarui diri dengan menambahkan berbagai fitur tambahan yang membuat pengguna betah untuk melakukan interaksi dengan orang lain.

Tidak berhenti disitu saja, Instagram juga memperpanjang durasi instagram story hingga 60 detik, sehingga anda bisa mengunggah konten yang lebih panjang dengan iringan lagu yang menarik.

Di sisi lain, banyak akun instagram brand dan kreator menggunakan layanan story untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki lebih mudah.

Hal ini dilakukan mengingat konten story menjadi fitur pertama yang dibuka saat mengakses aplikasi instagram, mengingat letaknya yang berada di bagian atas instagram, sehingga mencuri perhatian orang lain.

Tidak hanya itu, interaksi di instagram lebih mudah dilakukan karena adanya fitur balasan instagram story.

dEhNzrMgRnyEiHDipjE0

Instagram Collab Post

Influencer marketing menjadi salah satu strategi promosi yang banyak dilakukan oleh akun instagram brand.

Dengan menggunakan kekutan dari jumlah pengikut yang banyak serta kepercayaan pada ulasan yang diberikan menjadikan promosi bersama influencer menguntungkan bagi banyak brand.

Melihat jumlah influencer instagram yang berkembang pesat serta ketergantungan promosi menggunakan influencer tertentu, menjadikan Instagram akhirnya mengeluarkan fitur Instagram collab post.

Melalui layanan satu ini, postingan promosi anda bisa hadir di dua tempat sekaligus secara bersamaan.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi akun instagram brand untuk mendapatkan engagement yang lebih banyak, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Sedangkan bagi konsumen sendiri, mereka bisa mengunjungi akun instagram brand tersebut secara mudah dan melihat berbagai konten yang disajikan dan menilai apakah akun instagram tersebut sudah sesuai dengan seleranya

Penggunaan layanan instagram collab post ini juga digunakan oleh akun instagram brand kue @bludertunjungan yang melakukan kerjasama dengan influencer makanan @kulineraslisuroboyo untuk mempromosikan event agustusan.

Guna meningkatkan jumlah engagement serta promosi di Instagram, maka keduanya menggunakan layanan instagram collab post agar konten bisa tampil di dua tempat dan mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

Berbagai keuntungan yang diberikan oleh layanan instagram collab post, tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand yang memiliki jumlah pengikut yang masih sedikit.

Karenanya berikut tutorial menggunakan layanan collab post untuk promosi di Instagram 

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Instagram kemudian lakukan klik pada ikon tambah yang berada di bagian kanan layar anda.
  2. Kedua, pilih video atau foto yang ingin anda unggah kemudian lakukan sedikit edit foto untuk menghasilkan konten yang maksimal.
  3. Ketiga, setelah konten video berhasil di edit maka anda bisa melanjutkan ke halaman new post untuk mengundang akun instagram lain dengan melakukan klik pada opsi tandai orang.
  4. Keempat, saat mengundang kolaborator di Instagram, anda bisa mencarinya dengan mengetik username Instagram brand tersebut kemudian kirim undangan kolaborator.
  5. Kelima, akun instagram brand yang diundang akan muncul di bawah tab tambahkan tanda dan edit kolaborator, dimana tanda tersebut kemudian hadir otomatis di tengah postingan Instagram anda dan klik ikon selesai agar konten bisa diunggah oleh Instagram.
  6. Keenam, saat akun instagram tersebut menerima undangan yang diberikan maka konten anda akan muncul di dua tempat sekaligus.

Setelah konten instagram collab post diunggah maka anda juga bisa melihat berbagai komentar yang masuk, sehingga anda bisa melakukan kerjasama untuk membalas interaksi tersebut sehingga akan meningkatkan poin engagement rate yang anda miliki.

Layanan instagram collab post juga tidak hanya berguna untuk mengunggah konten kolaborasi dengan influencer lain, namun layanan ini memungkinkan influencer untuk menjawab berbagai tawaran kolaborasi yang masuk melalui kolom direct message.

Fitur partnership message ini nantinya memungkinkan akun kreator dan instagram untuk menemukan dan mengatur jalannya kolaborasi sesuai dengan jenis konten yang diinginkan.

Tips lainnya yang bisa anda lakukan sebelum melakukan kolaborasi dengan influencer instagram adalah memastikan bahwa akun tersebut memiliki pengikut setia yang menyukai brand atau produk yang anda miliki, sehingga promosi akan berjalan lebih lancar.

Contohnya adalah apabila anda memiliki produk perawatan tubuh maka anda bisa memilih influencer instagram yang membahas konten kecantikan.

Hal ini dilakukan agar pengikut influencer tersebut juga akan menjadi konsumen anda ke depannya dan tidak hanya mengenal produk anda secara langsung.

PdYyMbIdQsJjL55gJYVe

Instagram Creator Marketplace

Seiring dengan berjalannya waktu, Instagram tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri namun juga bisa digunakan untuk media promosi dan jualan yang efektif.

Di tambah lagi dengan banyaknya pengguna Instagram aktif yang tentunya memiliki berbagai masalah yang berbeda, menjadikan platform ini menjadi tempat efektif untuk melakukan promosi dan jual beli.

Banyaknya akun instagram brand yang memasarkan produk dan layanan yang dimiliki akhirnya membuat aplikasi ini meluncurkan layanan Instagram creator market place.

Dengan fitur ini, anda bisa melakukan pembelian langsung pada produk yang anda sukai dengan melakukan transaksi di Instagram shop.

Penggunaan layanan ini tentunya menguntungkan bagi konsumen untuk membeli berbagai barang keinginan tanpa perlu susah payah meninggalkan konten instagram yang sedang seru-serunya.

tySoocIBSSbeDY0h4qJF

Anda pun bisa mengakses halaman Instagram shop dengan mudah, yakni dengan melakukan klik pada ikon tas yang berada di bagian bawah layar handphone anda.

94pClIy8Swy2e0jFIpSg

Kemudian anda akan menemukan berbagai foto produk dari brand-brand lain yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

Biasanya Instagram shop akan merekomendasikan produk berdasarkan kegiatan yang anda lakukan di Instagram, seperti memberikan likes pada akun instagram brand tas atau memberikan komentar pada konten tips merawat tubuh.

watsonsindo

Penggunaan Instagram creator marketplace ini juga telah digunakan oleh berbagai akun instagram brand terkenal, contohnya adalah @watsonsindo yang menggunakan layanan Instagram shop untuk memasarkan produk yang dimiliki untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas.

Keberadaan instagram creator marketplace juga bisa digunakan oleh akun instagram influencer yang sering mempromosikan produk tertentu di konten yang diunggah.

Dimana anda bisa meletakkan foto produk serta link affiliate yang bisa diakses oleh pengikutnya, sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap barang yang dibeli dari referral yang anda berikan di Instagram.

tren instagram

Tren Instagram Melalui Konten Original 

Meskipun kini anda bisa melihat berbagai tren instagram dari konten yang di daur ulang dari konten orang lain, namun Instagram sendiri memberikan prioritas bagi konten original yang mendapatkan interaksi yang lebih banyak.

Di sisi lain, konten instagram masih menjadi faktor utama yang difikirkan oleh banyak kreator dalam membuat strategi marketing Instagram. 

Dalam membuat perencanaan konten instagram tersebut, anda bisa menggunakan berbagai tools atau website yang membantu membuat konten instagram yang keren dan memikat konsumen yang dimiliki.

Meskipun begitu, penting bagi anda untuk membuat konten original yang berbeda dari kompetitor lainnya, sehingga pengikut anda memiliki alasan untuk terus menerus mengunjungi akun instagram atau mengaktifkan lonceng pemberitahuan agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Tidak hanya itu, memiliki konten original juga memungkinkan anda untuk tetap bertahan di tengah gempuran influencer instagram yang terus bertambah setiap harinya.

Beberapa ide konten original yang bisa anda bagikan adalah menceritakan kelebihan dan penggunaan produk anda menggunakan konten cerita yang mudah dipahami oleh pengikut anda.

Menceritakan kisah yang dialami oleh konsumen lain sebagai konten testimoni, juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli serta membuat mereka mengetahui bahwa ada orang lain yang memiliki masalah yang sama dan berhasil melaluinya dengan produk yang anda miliki.

Ide konten lainnya yang bisa anda gunakan adalah menggunakan konten komedi atau meme yang memiliki kaitan dengan masalah konsumen.

Memberikan edukasi menggunakan cara yang lucu dan menyenangkan tentunya akan mudah diterima oleh konsumen anda dibandingkan dengan cara serius yang akhirnya terlihat membosankan.

Pastikan juga anda menggunakan konten foto dan video dengan kualitas terbaik sehingga mengggugah perasan pengikut anda untuk melihat berbagai konten instagram yang anda sajikan.

Penggunaan konten cerita yang mudah dipahami dan menyentuh hati banyak orang ini juga digunakan oleh influencer instagram @annisast yang membagikan pandangannya mengenai suatu masalah yang dihadapi oleh pengikutnya sehingga mudah dimengerti sembari memasukkan berbagai sumber dan teori yang berkaitan.

Di sisi lain, dalam membuat konten cerita, anda juga perlu memastikan gaya bahasa yang anda gunakan mudah dipahami orang lain, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahama bagi pembacanya.

fMv3XK0qTYWPEUTwJn4W

Instagram Reels

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, konten video pendek menjadi salah satu postingan yang disukai oleh pengguna social media berkat kemudahan dalam memahami isi konten dalam sekali menonton.

Melihat antusiasme dalam menggunakan konten video pendek di berbagai platform, akhirnya Instagram merilis fitur baru bernama Instagram reels, dimana anda bisa mengunggah konten video pendek dengan berbagai ide postingan yang menarik.

Tidak hanya itu, agar hasil video yang anda unggah semakin menarik, maka anda bisa mengiringinya dengan lagu-lagu yang sedang naik daun dan tentunya sesuai dengan tema video yang akan anda unggah.

Keuntungan lainnya dari menggunakan konten instagram reels adalah jangkauan postingan yang luas, sehingga anda bisa menjangkau pengguna instagram yang memiliki minat yang sama dengan topik yang anda angkat.

Sehingga membuka kemungkinan untuk mendapatkan konsumen baru dari konten reels viral.

Selain itu, Instagram reels juga memiliki kolom sendiri sama seperti konten story atau feed, sehingga pengguna instagram dapat melihat berbagai konten dengan mudah dan cepat.

Instagram reels sendiri juga efektif untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna instagram serta mendekatkan diri dengan pengikut yang dimiliki, dimana anda bisa menjawab berbagai pertanyaan melalui stiker yang terdapat di Instagram reels.

Hal ini tentunya memudahkan anda untuk membuat variasi konten reels yang lebih unik serta dibutuhkan oleh konsumen anda.

Konten Instagram reels yang beragam juga dimanfaatkan oleh berbagai akun instagram untuk berbagai kebutuhan, salah satunya yang dilakukan oleh akun @paddy.id yang membagikan promosi produk tas yang dimiliki dengan menampilkan detail barang di video pendek tersebut.

Pa4RIfc0QKaJWDYQU4i6

Instagram Fundraising

Di tahun 2020, Instagram meluncurkan fitur dimana anda bisa mengadakan event pengumpulan dana untuk kegiaan social tertentu.

Peluncuran layanan ini dimulai sejak adanya wabah yang menyebar di seluruh dunia yang akhirnya melumpuhkan berbagai sendiri kehidupan dan ekonomi seseorang.

Instagram pun memahami hal tersebut dan akhirnya meluncurkan layanan Instagram fundraising dimana sebuah akun instagram brand atau kreator dapat melakukan sesi pengumpulan dana untuk berbagai kegiatan kemanusiaan.

Lama kelamaan layanan Instagram fundraising ini juga digunakan untuk pengumpulan dana dalam membantu kegiatan kemanusiaan dimana anda mengajak pengikut yang dimiliki untuk menyumbang dengan jumlah tertentu dan hasilnya akan diberikan ke komunitas yang membutuhkan.

Kegiatan sosial ini juga bisa dilakukan oleh akun instagram brand dengan melakukan kolaborasi dengan influencer yang memiliki fokus yang sama, sehingga semakin banyak orang yang berpartisipasi pada acara yang anda lakukan.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kerjasama dengan komunitas tertentu yang memiliki kepedulian mengenai masalah yang akan anda angkat di khalayak luas.

instagram live streaming

Instagram Live Streaming

Layanan live streaming merupakan fitur yang banyak ditemukan di berbagai social media, dimana anda bisa melakukan siaran langsung dengan pengikut yang anda miliki untuk membahas topik tertentu yang berkaitan dengan produk anda atau masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Di sisi lain, influencer instagram juga kerap kali menggunakan layanan ini untuk mendekatkan diri dengan pengikutnya melalui obrolan dua arah yang menyenangkan dan akrab.

Dengan melakukan sesi siaran langsung secara rutin juga dapat menaikkan brand awareness pada produk yang anda miliki serta membangun komunitas yang kuat dengan melakukan interaksi dua arah.

Tidak hanya itu, Instagram live streaming yang telah terhubung dengan fitur shopping juga memungkinkan anda untuk melakukan transaksi secara langsung sehingga konsumen bisa melihat detail barang sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Di Indonesia sendiri, layanan live streaming biasanya digunakan untuk mengajak pengikutnya untuk membahas topik tertentu yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Hal ini dilakukan oleh akun Instagram brand @kalbefarma yang melakukan sesi siaran langsung membahas penyakit tertentu untuk membuat pengikutnya merasa tenang dan aman.

Agar sesi siaran langsung berlangsung meriah dengan banyaknya orang yang bergabung pada instagram live tersebut, maka anda bisa membuat konten promosi sebelumnya untuk mengingatkan pengikut anda mengenai topik yang akan disampaikan serta jadwal siaran langsung.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/instagram-marketing-trends/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.