pexels format 1029757

10 Tips Meningkatkan Traffic Website dari Instagram

Berbagai strategi berikut akan membantu meningkatkan kunjungan ke website anda melalui Instagram.

Meskipun saat ini keberadaan marketplace dan social commerce banyak digunakan oleh konsumen untuk proses jual beli, namun keberadaan website bisnis masih dibutuhkan.

Hal ini dilakukan karena website brand akan memberikan variasi produk yang lebih beragam serta potongan harga yang membuat konsumen tertarik untuk membeli.

website sociolla

Salah satunya yang dilakukan oleh website yang menjual produk kecantikan dan perawaran tubuh, Sociolla yang tetap mengandalkan proses jual beli dari website yang dimiliki.

Keuntungan lainnya menggunakan website sebagai media promosi adalah konsumen akan mendapatkan berbagai informasi yang membuat mereka tergugah untuk membeli meskipun pada awalnya hanya melihat berbagai artikel yang diberikan.

Karenanya jika anda ingin mengembangkan website brand yang anda miliki maka strategi menggunakan instagram sebagai media promosi untuk menaikkan traffic website bisa menjadi pilihan pertama.

alasan menggunakan instagram untuk promosi traffic website

Cara Menaikkan Traffic Website dari Instagram

Instagram telah menjadi social media yang banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Instagram yang mencapai 300 juta pengguna aktif setiap harinya dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Jumlah pengguna aktif tersebut bisa anda manfatkan untuk menjadi pengunjung halaman website anda tentunya dengan strategi pemasaran yang tepat, sehingga mereka tertarik untuk emngunjugi website anda tanpa ada paksaan sekalipun.

Apalagi jika website anda menyajikan berbagai konten yang menarik dan bisa dipromosikan dengan baik di Instagram.

Karenanya berikut strategi meningkatkan kunjungan traffic website melalui promosi dari Instagram.

Masukkan Link Website ke Instagram Reels

Instagram reels menjadi salah satu fitur andalan dari Instagram dimana pengguna bisa mengunggah konten video pendek dengan berbagai layanan yang menarik.

Dengan mengunggah konten instagram reels yang menarik, maka anda mampu memikat konsumen untuk menyukai postingan yang telah anda unggah sebelumnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah konten promosi untuk meningkatkan traffic website dengan cara menyantumkan link website anda ke instagram reels tersebut sehingga apabila penonton tertarik maka mereka bisa mengunjungi link website dengan mudah dan cepat.

Beberapa ide konten instagram reels yang bisa anda buat untuk promosi link website adalah membuat postingan ulasan produk secara singkat dan padat, kemudian pada bagian caption anda bisa mencantumkan link website yang bisa dikunjungi oleh penonton.

EGOe56flQPeR2eqrAfp4

Promosi website melalui instagram reels ini dilakukan oleh akun instagram brand perangkat elektronik @asus_id yang mempromosikan produknya melalui iklan reels yang juga dapat menyematkan link website yang bisa diakses dengan mudah sehingga dapat meningkatkan traffic website yang stabil.

Promosi Melalui Direct Message

Salah satu keuntungan membuka akun instagram brand adalah kemudahan bagi konsumen untuk memberikan keluhan atau saran apabila produk yang dibeli tidak sesuai.

Sehingga layanan konsumen dapat meresponnya dengan cepat dan mudah melalui pesan tersebut.

Bandingkan jika anda harus menelfon layanan konsumen yang tentunya akan menghabiskan banyak waktu dan pulsa untuk mengeluhkan layanan atau produk yang di dapatkan.

Tidak hanya itu, layanan direct message juga bisa menjadi jalan yang ampuh untuk promosi halaman website.

Dimana di akhir komunikasi dengan konsumen maka anda bisa menyelipkan link website yang bisa dikunjungi untuk melihat berbagai produk dan layanan yang anda tawarkan.

Namun, sebaiknya anda membagikan link website tersebut apabila konsumen sudah merasa puas dengan layanan yang diberikan serta masalah yang dihadapi sudah selesai.

Penggunaan direct message juga bisa dimanfaatkan apabila konsumen menanyakan kepada anda mengenai link website yang anda promosikan beberapa hari lalu.

Dimana anda bisa menjawabnya dengan full link website yang bisa langsung dikunjungi dengan mudah dan cepat.

Sematkan Link di Konten Instagram Story

Konten instagram story menjadi salah satu fitur yang banyak dikunjungi oleh pengguna instagram saat pertama kali membuka aplikasi tersebut.

Hal ini dikarenakan letak instagram story yang berada di bagian atas sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai konten terbaru yang diunggah oleh pengguna instagram lainnya.

Guna menunjang interaksi dan promosi di kalangan pengguna instagram lainnya maka Instagram juga memiliki fitur stiker yang bisa digunakan untuk mempromosikan link social media, marketplace, atau website yang anda miliki.

Namun, agar konsumen tertarik untuk mengunjungi link website yang disematkan maka anda bisa membuat konten yang menarik mereka untuk mengunjungi website tersebut.

konten instagram story @Sociolla

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @Sociolla yang membagikan konten promosi produk tertentu yang bisa dibeli melalui website yang dimiliki.

Promosi satu ini tentunya mampu membuat konsumen mengetahui promo yang berlangsung hari ini dan memutuskan untuk membeli apabila tertarik pada produk yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, kemudahan melhat konten story terkadang membuat kreator mengunggah berbagai postingan secara bersamaan yang bisa dilihat satu persatu-satu hanya dengan melakukan klik pada konten tersebut.

Kemudahan ini juga dimanfaatkan kreator untuk membuat konten storytelling dimana anda bisa membagikan pengalaman konsumen menggunakan produk anda atau mengulas produk yang baru saja dirilis atau sedang naik daun.

Di akhir konten instagram story tersebut, anda bisa menyelipkan link website yang bisa dikunjungi untuk memahami lebih dalam mengenai layanan yang ditawarkan.

konten instagram story @biasalahanakmuda

Strategi promosi ini juga dilakukan oleh akun instagram @biasalahanakmuda yang mengulas produk dari brand hotel kapsul yang kemudian menyelipkan link promosi di akhir highlight instagram story.

Cara ini dilakukan agar konsumen yang tertarik membaca postingan tersebut bisa langsung melakukan pemesanan melalui website yang dicantumkan sehingga menaikkan traffic website dengan cepat. 

Tambahkan Link Website di Bio Instagram

Apabila anda mengubah akun instagram pribadi menjadi akun business maka anda akan menemukan berbagai perbedaan besar.

Salah satunya adalah menemukan identitas di kolom profil instagram yang lebih lengkap, yakni pencantuman kolom link yang bisa diisi untuk berbagai kebutuhan.

Contohnya menyelipkan link social media atau website agar bisa dikunjungi oleh pengguna instagram lainnya yang penasaran pada produk dan layanan yang ditawarkan.

Namun, agar jumlah traffic website meningkat hanya dari bio instagram maka anda bisa memberikan penawaran yang menarik di kolom profil instagram.

Misalnya membagikan ebook gratis atau voucher belanja bagi pengguna baru yang bisa diakses melalui website tersebut.

Sehingga pengguna instagram atau calon konsumen yang mulai berminat untuk membeli produk anda bisa masuk ke link tersebut sehingga meningkatkan traffic website secara drastis.

profil instagram @diricare

Penyematan link website di profil instagram juga dilakukan oleh akun instagram brand konsultasi kesehatan @diricare yang menaruh link website di kolom bio agar bisa diakses oleh konsumen sewaktu-waktu.

Agar link tersebut bisa mencantumkan berbagai akun social media dan website yang anda miliki, maka menggunakan bantuan website pihak ketiga untuk membuat link pribadi bisa menjadi pilihan yang efektif.

Manfaatkan Instagram Hashtag

Salah satu fitur yang dapat ditemukan di hampir seluruh social media adalah hashtag yang dapat membantu pengguna untuk mencari konten dengan kata kunci tertentu.

Bagi kreator sendiri, penggunaan tagar ini dapat membantu untuk mengklasifikasikan postingannya ke dalam jenis tertentu.

Sehingga memudahkan bagi konsumen untuk mencari konten yang sesuai dengan tagar yang digunakan.

Penggunaan hashtag juga berguna bagi pengguna instagram dimana anda akan menemukan berbagai macam foto, ide konten, serta caption yang belum pernah mereka temui sebelumnya hanya dengan menggunakan instagram hashtag tertentu.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan tagar yang tepat juga akan membantu anda dalam meningkatkan traffic website dari pengikut baru yang dikumpulkan melalui hashtag yang relevan.

Berikut beberapa tips memanfaatkan instagram hashtag untuk meningkatkan traffic website :

  • Gunakan jumlah hashtag yang sedikit namun relevan di setiap postingannya, penggunaan tagar yang terlalu banyak juga akan membuat pembaca sulit fokus untuk membaca caption yang disajikan, anda cukup menggunakan 5-7 instagram hashtag yang relevan dan sesuai dengan topik yang anda bahas.
  • Penggunaan instagram hashtag yang relevan juga akan membantu bagi pengguna instagram yang mencari postingan dan topik menggunakan kata kunci tertentu, sehingga pastikan anda menggunakan tagar dengan bijak agar postingan promosi website tidak tersesat ke topik lainnya.
  • Anda bisa menggunakan instagam hashtag baru yang jarang digunakan oleh kompetitor namun sering digunakan oleh pengguna instagram, namun anda perlu melakukan analisa hashtag terlebih dahulu untuk mengetahui tagar yang relevan.

Bagikan Informasi Event Terbaru

Salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness secara efektif adalah melakukan event yang melibatkan pengikut atau konsumen yang tertarik pada industri yang anda jalankan.

Misalnya adalah membuat kontes foto produk dimana konsumen bisa mengikuti event tersebut dengan merebutkan hadiah yang menarik.

Namun, banyaknya persyaratan yang perlu dijalani oleh peserta tentunya memerlukan penjelasan yang lebih lengkap, sehingga tidak cukup untuk dijelaskan di Instagram.

Sehingga penggunaan website bisa menjadi solusi untuk menampung berbagai informasi yang tidak disebutkan di Instagram.

Pemberian informasi di website juga akan membuat peserta mengunjungi halaman website anda sehingga meningkatkan jumlah traffic website secara signifikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan lomba tersebut melalui konten instagram sehingga lebih banyak orang yang tertarik untuk ikut berpartisipasi pada lomba yang anda adakan.

Bagikan Konten dari Blog

Bingung dengan ide konten yang bisa disuguhkan di Instagram? jika anda bosan dengan ide konten yang berulang setiap harinya, maka membagikan artikel dari website bisa menajdi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan pengikut instagram mungkin tidak mengetahui website yang anda miliki sehingga anda bisa mengambil konten dari halaman tersebut serta mempromosikan link website yang anda miliki.

Anda bisa memulai dengan memilih artikel yang memiliki banyak pengunjung dan interaksi berkat topik yang relevan dan sedang naik daun akhir-akhir ini.

Kemudian anda bisa mengambil poin-poin dari artikel tersebut ke dalam rangkuman yang mudah dipahami.

Setelah itu anda bisa mengubah inti dari isi artikel ke dalam bentuk postingan social media yang mudah dipahami oleh pengikut anda.

Di bagian caption, anda bisa memasukkan kalimat promosi website sehingga pengikut anda bisa membaca lebih dalam mengenai artikel tersebut.

Strategi ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @buffer yang membagikan konten reels mengenai masalah yang dihadapi oleh pemilik usaha kecil.

Di bagian caption, Buffer berusaha membantu memberikan solusi dengan caption instagram yang menarik serta menyelipkan promosi blog yang bisa dikunjungi oleh pengikut instagram.

Lakukan Instagram Live Secara Rutin

Memiliki kedekatan dengan konsumen menjadi salah satu hal yang penting agar konsumen setia pada produk dan layanan yang anda tawarkan.

Beberapa cara bisa kreator lakukan untuk membangun kedekatan tersebut, misalnya membuat konten yang membahas masalah yang dihadapi konsumen serta melakukan sesi tanya jawab untuk membangun kedekatan yang lebih erat.

Sesi tersebut bisa anda lakukan dengan berbagai cara misalnya memanfaatkan stiker tanya jawab di konten instagram story, dimana konsumen bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang dapat anda jawab melalui postingan instagram story.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan interaksi secara langsung melalui layanan instagram story, dimana konsumen bisa menanyakan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan produk anda yang bsia anda jawab secara langsung.

Di sela-sela sesi tanya jawab tersebut anda juga bisa menyelipkan promosi potongan harga atau gratis ongkir pada website yang anda miliki, sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi website anda sehingga meningkatkan kunjungan traffic website secara drastis.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengadakan sesi tanya jawab secara rutin menggunakan topik tertentu sehingga konsumen bisa menyiapkan pertanyaan sebelum acara berlangsung.

Promosi siaran langsung ini juga bisa diunggah di konten instagram, sehingga konsumen bisa mengajukan pertanyaan yang bisa anda bahas selama instagram liver berlangsung.

Beberapa brand juga memanfaatkan layanan siaran langsung untuk mempromosikan produknya agar penonton bisa membelinya dengan mengakses akun marketplace, social commerce, atau website untuk meningkatkan jumlah kunjungan selama atau setelah sesi siaran langsung berakhir.

Promosi Melalui Instagram Ads

Promosi melalui konten organik terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan target yang diinginkan, apalagi jika anda belum memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Sehingga menggunakan promosi iklan berbayar bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjangkau target konsumen yang diinginkan.

Dimana anda bisa menargetkan konsumen melalui gender, usia, serta lokasi yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengatur budget yang dikeluarkan sehingga tidak melebihi pengeluaran yang telah anda tetapka sebelumnya.

Penggunaan instagram ads ini juga bisa anda gunakan untuk mempromosikan website yang anda miliki.

Strategi promosi website ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @deona_essentials yang mempromosikan websitenya melalui instagram reels ads sehingga mudah diakses oleh penonton setelah melihat konten promosi yang disuguhkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah konten iklan berbayar di berbagai fitur lainnya, misalnya instagram story atau instagram feed, dimana kedua fitur ini juga banyak diakses oleh pengguna social media.

Kedua fitur tersebut memiliki perbedaan tampilan konten sehingga bisa anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan promosi.

Misalnya apabila anda ingin mempromosikan produk yang anda jual di website, maka menggunakan fitur instagram feed lebih disarankan dibandingkan story dan reels.

Hal ini dikarenakan kreator dapat menggunakan fitur carousel dimana anda bisa mengunggah beberapa postingan sekaligus sehingga memudahkan pengguna instagram untuk melihat berbagai produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, caption di instagram feed juga lebih mudah dibaca dibandingkan layanan lainnya, sehingga memudahkan untuk promosi produk yang lebih efektif.

Namun, apabila anda ingin mempromosikan event tertentu yang mudah dibaca oleh penonton, maka instagram story ads bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan konten story menjadi salah satu layanan yang sering dikunjungi oleh pengguna Instagram, sehingga memudahkan anda untuk menjangkau penonton yang lebih banyak.

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @efadults yang mempromosikan event belajar gratis menggunakan konten instagram story sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Agar konten iklan anda menjadi lebih menarik untuk dipajang maka anda bisa membuat tampilan yang memikat mata sehingga konsumen berhenti sebentar untuk melihat iklan yang anda promosikan.

Penggunaan iringan lagu di konten iklan story dan reels juga bisa menjadi daya tarik tersendiri agar penonton lebih menikmati iklan yang anda buat sebelumnya.

Kolaborasi Promosi dengan Influencer Instagram

Bagi pengguna instagram, biasanya ada tiga jenis akun yang diikuti dan mengisi beranda instagram anda.

Pertama adalah akun instagram teman atau kenalan anda yang diikuti agar tetap terhubung satu sama lain.

Kedua adalah akun instagram brand yang membahas mengenai produk tertentu yang disukai dan diikuti agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai barang yang dijual.

Ketiga adalah akun instagram business yang biasanya dikembangkan oleh influencer instagram.

Akun instagram influencer sendiri memiliki tempat di hati banyak orang karena membahas berbagai topik yang relevan dengan minat yang disukai sehingga bisa menambah wawasan baru serta menyampaikan opini yang dimiliki.

Pengaruh yang dimiliki oleh akun instagram influencers ini menjadikan semua postingannya mendapatkan perhatian lebih dari pengikutnya, sehingga tidak jarang berbagai produk yang dikenakan dan dipromosikan menjadi perhatian lebih.

Sehingag anda juga bisa mengajak influencers instagram untuk melakukan kolaborasi promosi salah satunya adalah memasarkan website yang anda miliki.

Dimana influencer instagram tersebut akan diberikan kebebasan untuk membuat konten promosi berdasarkan narasi sendiri atau script yang telah dibuat sebelumnya yang tentunya akan menghasilkan penyampaian yang berbeda.

Dalam pemilihan akun instagram yang tepat maka anda bisa memilih influencer yang memiliki minat yang sama dengen industri yang anda miliki.

Misalnya apabila anda mengembangkan produk kecantikan maka anda bisa memilih influencer yang membahas topik yang serupa, sehingga dapat menyasar konsumen yang berminat pada produk yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memerhatikan konten instagram yang memiliki perhatian lebih banyak, sehingga bisa anda gunakan untuk media promosi yang efektif.

Bagikan Konten Testimoni 

Salah satu cara untuk membangun kepercayaan konsumen adalah menyajikan ulasa produk dari konsumen yang telah mencoba produk anda sebelumnya.

Dengan mengumpulkan ulasan produk yang berisi cerita dari konsumen serta hasil yang didapatkan setelah  menggunakan produk anda, nantinya akan membangun minat calon konsumen untuk membeli produk anda.

Biasanya konten ulasan konsumen ini dibagikan di postingan instagram story atau feed sehingga memudahkan untuk dibaca oleh pengikut yang anda miliki.

Namun, jumlah ulasan yang banyak dan muncul setiap hari, mungkin saja akan membuat ulasa tersebut tenggelam diantara konten lainnya.

Padahal berbagai cerita yang dibagikan memberikan inspirasi yang positif dan memikat konsumen untuk membeli produk anda.

Sehingga anda bisa mendaur ulang testimoni tersebut ke dalam bentuk artikel yang diunggah di website yang anda miliki dan dimasukkan pada kolom khusus.

Kalsifikasi ini akan membantu konsumen untuk melihat ulasan konsumen yang pernah menggunakan produk anda sebelumnya.

Di sisi lain, untuk menaikkan traffic website dari konten testimoni, maka anda bisa mengunggah ulasan konsumen ke Instagram secara singkat dan kemudian diarahkan ke website untuk cerita selengkapnya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *