instagram full screen

Tips Tingkatkan Instagram Likes Secara Organik

Konten yang menarik serta jumlah instagram likes yang besar secara organik tentunya akan membantu akun instagram jangkau konsumen yang lebih luas dan terkenal di instagram,

Meskipun kehadiran instagram likes menimbulkan pro kontra di antara pengguna instagram yang meyakini adanya likes dapat membuat pengguna instagram merasa tidak percaya diri namun instagram likes tetap menjadi indikator bagi penghitungan engagement instagram.

Tidak jarang banyak akun instagram yang baru menetas membeli instagram likes atau followers berbayar guna meningkatkan engagement instagram secara instan.

Sayangnya, cara ini ditentang habis-habisan oleh instagram hingga platform ini memberikan ancaman suspend akun instagram apabila kreator masih terus menerus menggunakan layanan engagement berbayar meski sudah diberi peringatan berkali-kali.

Hal ini dilakukan, karena instagram berfokus pada pengembangan akun instagram yang memiliki kualitas konten yang menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi akun instagram tersebut dan memberikan engagement secara cuma-cuma tanpa adanya paksaan.

Terlebih instagram berfokus pada memunculkan akun instagram menampilkan sisi konten terbaik sehingga dihargai oleh pengguna instagram lain.

Meskipun hal ini memakan waktu yang lama namun akun instagram anda akan mendapatkan dampak yang sangat besar apabila sudah mendapatkan perhatian dari pengguna instagram.

Karenanya sebelum mencapai tujuan tersebut, ketahui dulu tips meningkatkan instagram likes secara organik yang tentunya di dukung strategi instagram marketing yang tepat.

cara naikkan instagram likes

Cara Meningkatkan Instagram Likes Secara Organik

Bukan menjadi rahasia lagi apabila instagram bisa menjadi platform yang dapat menambah penghasilan serta promosi produk yang efektif.

Namun jika kreator telah menghabiskan banyak waktu di instagram dengan mengunggah konten tanpa rencana yang tepat maka bisa saja instagram likes yang di dapatkan tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk menjadi terkenal di instagram, kreator tidak hanya mengunggah konten yang estetik dan mengunggahnya dengan caption yang menarik.

Namun harus dibekali juga dengan strategi instagram marketing yang tepat sesuai dengan konsumen yang dituju.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah instagram likes untuk berbagai konten instagram yang anda unggah.

photo1651068340

Gunakan Instagram Hastag

Saat mencari suatu campaign atau akun instagram biasanya pengguna akan menggunakan fitur pencarian guna menemukan akun atau campaign yang diinginkan.

Keberadaan instagram hastag sendiri juga menjadi kunci penting bagi kreator guna memperluas jangkauan audience instagram anda.

Penggunaan instagram hastag baik di konten instagram feed, reels, hingga story dapat membantu konten anda muncul di halaman instagram hastag sehingga memudahkan pengguna instagram menemukan konten yang sesuai dengan tagar tersebut.

Tidak hanya itu, pengguna instagram juga diberikan keleluasan dalam mengikuti instagram hastag tertentu sehingga membuka peluang bagi kreator untuk memunculkan konten yang anda buat.

Dalam penggunaan instagram hastag, kreator sebaiknya memilih tagar yang sesuai dengan kata kunci yang sesuai dengan konten anda sehingga mudah ditemukan oleh konsumen anda.

Tidak hanya itu, pastikan juga menggunakan instagram hastag yang banyak dicari oleh pengguna instagram lain serta memasukkan tagar yang jarang dipakai oleh orang lain guna menguasai halaman tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan pembaruan instagram hastag apabila tagar yang digunakan sudah tidak digunakan oleh orang lain serta guna optimasi penggunaan tagar yang sesuai.

Penggunaan instagram hastag juga sebaiknya hanya mengandung 11 tagar pilihan sehingga konten anda bisa lebih optimal di instagram

Tag Pada Akun Influencer Tertentu

Salah satu strategi promosi yang efektif di social media adalah melakukan kerjasama dengan influencer guna mengenalkan produk anda ke instagram follower yang dimiliki.

Dengan memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan konsuen yang anda pilih maka akun instagram anda menjadi lebih viral dan dikenal oleh pengguna instagram.

Saat melakukan kerja sama tersebut maka kreator tidak hanya meminta influencer untuk mengunggah foto produk anda namun bisa melakukan tag akun influencer saat anda mengunggah konten yang berisi tampilan influencer dengan produk yang anda miliki.

Apalagi jika anda melakukan tag ke akun influencer setelah melakukan berbagai macam kolaborasi yang tentunya menarik perhatian konsumen atau penggemar yang dimiliki maka instagram likes pada konten anda akan meningkat pesat.

Tidak hanya itu, kreator juga mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menggaet instagram followers yang lebih banyak dari penggemar influencer tersebut atau pengguna instagram yang melihat kolaborasi anda.

photo1651069785 2

Kreasikan Caption yang Menarik

Apakah anda tipe orang yang menyukai caption yang panjang namun menjelaskan secara rinci isi konten atau hanya mengunggah satu paragraf caption yang membuat konsumen penasaran.

Panjang pendeknya sebuah caption tentunya menjadi formula yang penting dalam membuat konten yang menarik dan mampu menjadikan konten anda sukes mendapatkan banyak instagram likes.

Sebuah instagram caption yang sukses tentunya mengandung konteks personal yang membuat konsumen merasa dekat dengan brand anda sehingga tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengetahui gaya dan tata bahasa yang biasanya digunakan oleh konsumen serta mudah dipahami oleh pengguna instagram sehingga arahan anda bisa ditangkap oleh pembeli.

Tidak perlu ragu untuk mengubah dan memperbaiki isi caption sebelum mengunggah konten hingga kreator menemukan gaya bahasa yang tepat dan mudah dimengerti oleh konsumen anda.

photo1651069935 1

Tag Lokasi Usaha Anda

Bagi pelaku usaha yang memiliki bisnis di bidang makanan tentunya memiliki stand makanan di tempat tertentu yang terhubung dengan Google Maps.

Adanya alamat ini tidak hanya bisa digunakan untuk jasa antar barang sehingga memudahkan pengirim jasa untuk mengantarkan makanan anda kepada konsumen.

Lebih dari itu, kreator bisa menarik konsumen untuk berkunjung ke tempat usaha anda setelah melihat konten promosi anda di instagram.

Hal ini dikarenakan konten instagram yang anda unggah bisa menautkan alamat usaha anda sehingga membuat konsumen yang tertarik pada produk anda untuk datang dan mencicipi berbagai pilihan menu makanan yang disediakan.

photo1651070441 1

Cara penambahan lokasi di instagram caption pun mudah yakni dengan melakukan klik pada ikon tambahkan lokasi maka instagram akan otomatis mengidentifikasi alamat anda saat ini atau memilih lokasi lain dimana toko anda berada.

Masuk Ke Instagram Explore

Saat bosan dengan suguhan konten di instagram timeline maka pengguna instagram bisa mendapatkan alternatif lain untuk menemukan konten lain yang sesuai dengan selera anda.

Salah satunya adalah dengan masuk ke instagram explore dimana kreator bisa menemukan berbagai konten instagram sesuai dengan topik yang anda sukai dari akun instagram yang belum pernah anda ikuti sebelumnya.

Pengguna juga dapat menemukan referensi akun instagram yang sesuai dengan keinginan anda sehingga bisa diikuti.

Kehadiran instagram explore ini tentunya menguntungkan bagi kreator karena sebuah konten yang berhasil masuk ke instagram explore memiliki peluang besar untuk mendapatkan engagement yang lebih banyak, seperti comment, share, atau instagram likes.

Namun bagaimana cara agar konten instagram anda masuk ke instagram explore dan menempati posisi teratas di halaman tersebut?

Caranya adalah kreator harus memiliki engagement rate yang bagus dan komunitas yang solid dan jangan lupa juga menggunakan fitur baru dari instagram yang tentunya dapat menaikkan mempengaruhi algoritma di akun instagram anda.

Unggah Konten di Waktu yang Tepat

Kesibukan yang tidak kunjung berhenti serta kegiatan yang harus diselesaikan dalam satu hari menjadikan pengguna instagram membuka akun instagram pada waktu-waktu tertentu.

Seperti pagi hari saat bangun tidur dan sarapan, siang hari di kala menikmati santapan siang, atau di malam hari yang menjadi waktu istirahat sebelum akhirnya bersiap untu tidur.

Meskipun terdengan sepele, namun waktu-waktu tersebut sangat penting bagi kreator untung menentukan waktu unggah konten agar akun instagram anda dapat dilihat oleh konsumen yang mengikuti akun anda.

Instagram sendiri tidak menampilkan konten berdasarkan kronologi waktu melainkan pembaruan konten sehingga jika konten instagram anda ingin dilihat oleh konsumen tertentu maka kreator sebaiknya mengetahui waktu aktif konsumen.

Apabila kreator mencoba mengunggah konten di saat konsumen sedang sibuk bekerja maka potensi konten anda dilihat oleh konsumen semakin sedikit sehingga menurunkan engagement rate khususnya instagam likes yang dimiliki.

Semakin sedikit instagram likes yang dimiliki maka potensi akun anda untuk menjangkau konsumen yang dituju akan semakin kecil, tentunya anda tidak ingin mengalami hal ini bukan?

Karenanya kreator sebaiknya mengetahui waktu aktif konsumen dengan melihatnya di kolom insight yang berada di fitur pengaturan instagram.

Lakukan Konten Give Away

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah? apalagi jika kado tersebut berasal dari brand yang disukai dan anda mengincar produk tersebut sejak lama.

Beberapa pengguna instagram bahkan mencari konten giveaway agar bisa mendapatkan berbagai produk dengan gratis hanya dengan mengikuti berbagai peraturan.

Tidak heran apabila banyak akun instagram brand yang melakukan giveaway secara rutin untuk menyenangkan hari konsumen serta mendapatkan jangkauan instagram yang lebih besar.

Banyaknya peminat pada sesi giveaway ini menjadikan konten bagi-bagi hadiah ini mendapatkan engagement yang besar dilihat dari banyaknya instagram likes yang di dapatkan.

Namun agar sesi giveaway mendapatkan lebih banyak konsumen maka kreator bisa memberikan hadiah yang menarik serta sedang diincar oleh banyak konsumen sehingga peminat sesi giveaway anda lebih banyak.

Jangan lupa untuk memberikan durasi penayangan giveaway agar anda mudah dalam memilih pemenang serta konsumen anda bisa berkeasi dalam membuat persyaratan giveaway dalam waktu yang sedikit.

Unggah Konten yang Menarik

Instagram sendiri terkenal oleh gudangnya konten estetik sehingga tidak heran penggunanya berlomba-lomba dalam membuat konten dengan tampilan yang menarik sehingga mengundang banyak orang untuk berkunjung ke akun instagram yang dibuat.

Namun tidak hanya memasang konten foto estetik namun kreator juga bisa berkreasi dengan mengunggah konten yang menarik yang dapat membuat konsumen tertarik untuk terus berkunjung ke akun instagram anda.

Unggahan konten yang berbeda dari akun instagram lain tentunya akan membuat pengguna instagram memberikan apresiasi berupa pemberian instagram likes yang dapat membantu menaikkan engagement rate akun instagram yang dimiliki.

Merasa kurang memiliki keahlian dan tools untuk membuat konten foto yang menarik?

Kreator tidak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan fitur edit foto yang tersedia di instagram yang dapat mengatur kecerahan foto bahkan penambahan filter yang membuat konten kita menjadi lebih estetik.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto dan video yang mudah digunakan serta fitur yang bisa diakses secara gratis untuk hasil konten yang lebih menarik.

Jangan lupa juga untuk meningkatkan kemampuan mengedit foto serta mengambil gambar yang tepat dengan terus berlatih serta mempelajari berbagai aplikasi edit foto yang dimiliki.

Interaksi dengan Akun Instagram Lain

Meskipun interaksi dengan konsumen yang dimiliki sangat penting untuk meningkatkan engagement rate di akun instagram anda namun penting bagi kreator untuk berinteraksi dengan akun instagram lain diluar konsumen anda.

Hal ini dilakukan karena instagram akan mempromosikan akun instagram yang dirasa memiliki persamaan dengan akun instagram lain baik berupa topik dan konten yang diunggah ke pengguna instagram lainnya.

Karenanya penting bagi kreator untuk berinteraksi dengan akun instagram yang memiliki topik yang sama agar akun instagram anda juga dilirik oleh konsumen tersebut.

Salah satu cara interaksi yang tepat adalah dengan memberikan instagram likes atau berkomentar di postingan akun instagram tersebut yang membuat konsumen anda lama kelamaan mengenal akun instagram anda.

Meskipun terlihat panjat sosial namun cara ini ampuh untuk membawa akun dan konten anda untuk masuk ke instagram explore atau rekomendasi akun yang diberikan oleh instagram.

Repost Konten dari Konsumen Anda

Sebuah brand yang sudah memiliki banyak konsumen tidak jarang mendapatkan tag konten dari pembeli yang baru mencoba produk anda atau pelanggan yang sudah memakai produk anda dalam jangka waktu lama.

Kehadiran content tag ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja melainkan bisa dijadika ide konten yang membantu menaikkan kepercayaan konsumen.

Hal ini dikarenakan banyaknya konsumen yang memberikan testimoni terhadap produk anda menjadikan instagram followers anda tertarik untuk mencoba produk anda karena banyaknya ulasan yang bagus.

Dengan melakukan repost konten dari konsumen maka akan mengeratkan hubungan anda dengan konsumen sehingga kreator tidak perlu susah payah dalam melakukan promosi karena konsumen setia akan sukarela dalam mempromosikan produk anda.

Kegiatan repost konten ini juga menjadi tanda terima kasih bagi pelaku usaha untuk konsumen yang telah mencoba produk anda sehingga ke depannya bisa lebih mengeksplorasi berbagai produk yang disedikan.

Unggah Konten Behind The Scene

Bagi konsumen yang sudah merasa akrab dengan produk anda terkadang ingin mengetahui proses pembuatan produk yang disukai.

Salah satu keinginan konsumen tersebut bisa anda lakukan dengan cara membuat konten behind the scene.

Pada konten tersebut, kreator dapat menunjukkan proses pembuatan sebuah produk atau proses pembuatan campaign yang viral di instagram.

Kehadiran konten behind the scene juga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda sehingga akan merekomendasikan barang jualan anda ke konsumen lain.

Ajak Konsumen Untuk Mengambil Keputusan

Salah satu proses interaksi yang manjur dan juga membuat konsumen senang adalah dengan melibatkan opini konsumen dalam setiap pengembangan produk dan packaging.

Strategi ini sudah sering dilakuan oleh berbagai brand besar guna mengetahui keinginan konsumen serta trend yang saat ini diikuti oleh konsumen.

Untungnya, Instagram juga melihat peluang ini dengan memberikan fitur Ask Me Question yang terdapat di Iayanan instagram story.

Pada kolom ini, kreator bisa meminta saran mengenai produk yang telah dirilis serta kualitas layanan yang dimiliki agar bisa ditingkatkan ke depannya.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengunggah konten instagram khusus yang bisa diisi oleh saran dan kritik dari konsumen sehingga bisa menjadi evaluasi layanan ke depannya.

Ajak Influencer Untuk Berinteraksi di Akun Instagram

Memiliki brand ambassador yang memiliki banyak pengikut setia tentunya akan sia-sia jika hanya diminta untuk mempromosikan produk dan juga mengunggah postingan promosi di akun instagram yang dimiliki.

Agar kolaborasi lebih seru serta dapat mengajak lebih banyak pengguna instagram berinteraksi maka kreator bisa mengajak brand ambassador anda untuk berkegiatan dengan akun instagram anda.

Salah satu caranya adalah dengan mengajak ambassador anda untuk melakukan instagram live yang berisi bincang-bincang mengenai produk tertentu.

Interaksi dua arah ini tentunya akan disukai oleh penggemar ambassador tersebut yang ingin ikut berpartisipasi agar mendapatkan perhatian dari artis yang disukai.

Kolaborasi dua arah yang dilakukan secara sering ini akan menjadikan akun instagram anda menjadi lebih terkenal dengan peningkatan instagram likes yang meningkat drastis setiap anda mengunggah konten kolaborasi dengan artis tersebut.

Analisa Juga Kegiatan Kompetitor

Kegiatan mata-mata tidak hanya bisa ditemukan di film action yang sering anda tonton di bioskop namun cara ini juga dilakukan oleh kreator di social media.

Kegiatan analisa kompetitor ini dilakukan kreator untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya mengenai jenis konten yang diunggah di social media serta tipe interaksi yang dilakukan dengan konsumen.

Hal ini dilakukan agar kreator dapat mengetahui jenis konten dan interaksi yang bekerja untuk konsumen di bidang yang sama sehingga bisa diterapkan di akun instagram anda.

Kreator juga bisa melihat celah mengenai jenis konten dan interaksi yang jarang dilakukan oleh kompetitor tersebut sehingga bisa diguankan di konten instagram anda.

Namun ini tidak berarti kreator dapat meniru mentah-mentah konten dari kompetitor lain namun kreator bisa memberikan ciri khas khusus pada akun instagram anda sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi akun anda dan memberikan instagram likes pada unggahan konten yang dimiliki.

Ajak Pengikut Mengenalkan Produk Anda

Meskipun strategi tag friend di setiap konten instagram terkesan kuno dan mulai ditinggalkan oleh orang lain namun cara ini bagus sebagai bagian dari strategi marketing.

Hal ini dikarenakan, pengguna instagram yang belum mengetahui akun anda akan mengenal produk dan brand anda dan bila tertarik akan mengikuti akun instagram anda.

Strategi ini tentunya jitu untuk menambah followers secara cepat dan mudah tanpa perlu melakukan promosi yang heboh.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mendapatkan instagram likes dari pengguna instagram yang menyukai isi dari konten anda sehingga jumlah engagement rates pun meningkat serta menjangkau lebih banyak orang.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajak pengikut instagram anda guna melakukan tag friend adalah dengan memberikan call to action di beberapa konten instagram anda sehingga pengikut anda dapat melakukan kegiatan tersebut.

Menyebarkan konten edukasi yang mudah dipahami dan dibutuhkan oleh pengguna instagram tentunya akan membuat pengikut anda melakukan tag friend pada konten tersebut.

Beberapa konten giveaway juga memberikan syarat bagi pengikutnya untuk melakukan tag friend agar semakin banyak orang yang mengetahui sayembara yang anda lakukan dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Gunakan Konten Komedi

Disaat suntuk setelah mengerjakan berbagai kegiatan dalam satu hari penuh tentunya pengguna instagram perlu mendapatkan hiburan untuk mengembalikan mood yang hilang.

Salah satu caranya adalah dengan melihat konten komedi berupa video lucu, gambar yang kocak, serta meme yang mengocok perut.

Karenanya dalam mengembangkan akun instagram maka kreator tidak hanya mengunggah konten promosi dan edukasi namun juga konten komedi yang mampu menarik perhatian konsumen serta meningkatkan engagement rate serta instagram likes secara cepat dan organik.

Guna membuat konten komedi yang relevan maka kreator bisa mengambil kejadian dan event yang sedang diperbincangkan oleh orang lain.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengambil konten komedi dari akun lain namun jangan lupa memberikan credit untuk kreatornya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.