promosi di instagram

Cara Promosi di Instagram Efektif, Pemula Wajib Tahu!

Memiliki konten yang menarik tentu tidak cukup untuk promosi di instagram, strategi yang tepat juga dibutuhkan agar konten dapat menyasar konsumen yang tepat dan mendapatkan engagement yang tinggi.

Apakah anda memiliki konten instagram yang menarik dan ingin banyak orang yang mengunjungi akun anda berkat konten yang dibuat? atau anda sedang mencari cara untuk meningkatkan engagement di konten yang anda buat?

Jika dua pertanyaan tersebut menjadi permasalahan utama dalam membuat konten di instagram maka inilah saatnya bagi kreator untuk mempromosikan konten instagram guna menjangkau lebih banyak pengguna instagram serta meningkatkan engagement di konten yang telah diunggah.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan guna mempromosikan konten di instagram guna menjangkau lebih banyak pengguna instagram serta memberikan dampak yang besar bagi akun instagram yang tengah anda kembangkan.

mengapa harus promosi konten instagram

Mengapa Konten Instagram Harus Dipromosikan?

Konten menarik tentu saja tidak cukup namun diperlukan strategi yang tepat agar unggahan yang dibuat dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Apalagi bagi kreator yang baru mengembangkan akun instagram tentunya masih mencari lebih banyak pengikut dan juga meraba-raba konsumen yang tepat.

Karenanya mempromosikan konten instagram tentu sangatlah membantu guna membantu promosi di instagram yang sesuai dengan target yang diinginkan.

Salah satu cara yang dilakukan dalam promosi konten di instagram adalah dengan menggunakan iklan berbayar yang bisa ditemukan di konten instagram story atau instagram explore bahkan beberapa konten iklan juga bisa ditemukan di instagram feed.

Promosi konten instagram melalui iklan berbayar juga berguna untuk menjangkau konsumen melalui pilihan kesukaan, range usia, lokasi, dan lain sebagainya.

Menyebarkan konten instagram ke jangkauan yang lebih luas tentunya dapat memberikan bagi kreator untuk melihat seberapa baik performa konten yang anda unggah serta respon dari pengguna instagram yang melihat konten yang anda promosikan.

keuntungan promosi di instagram

Keuntungan Promosi di Instagram

Instagram menjadi salah satu social media yang ramai dikunjungi oleh pengguna internet setiap harinya, hal ini dibutktikan dengan jumlah pengguna instagram yang mencapai 1 miliar dan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Sebagian besar akun instagram sendiri terdiri dari akun bisnis yang digunakan untuk promosi bisnis atau sekedar membagikan ide kreatifnya sehingga melakukan promosi di instagram.

Banyaknya pengguna aktif instagram juga menjadikan platform ini memiliki tingkat engagement yang cukup tinggi sebesar 1.94% dibandingkan platform lainnya seperti Facebook dan Twitter yang hanya memiliki tingkat interaksi sebesar 0.07% dan 0.18%.

Promosi di instagram menggunakan konten yang menarik tentunya membantu kreator untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, interaksi yang lebih banyak, serta membuat pengguna instagram tertarik untuk membeli produk yang anda promosikan.

Tidak hanya itu, kreator tentunya akan mendapatkan keuntungan lain saat melakuka promosi di instagram menggunakan konten yang sesuai.

Promosi di Instagram Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu tujuan untuk melakukan promosi di instagram adalah meningkatkan brand awareness suatu produk sehingga membantu kenaikan penjualan.

Guna menarik minat pengguna instagram untuk melirik produk yang anda jual tentunya kreator perlu membuat konten yang tidak hanya menarik namun juga efektif untuk mengenalkan produk yang dikenalkan di instagram.

Dalam pembuatan konten promosi di instagram, kreator tidak hanya melulu membuat konten mengenai isi produk namun juga edukasi mengenai manfaat dan kandungan produk sehingga memberikan konsumen alasan untuk membeli barang yang anda promosikan.

Disaat brand awareness sudah meningkatkan sehingga nama brand anda lebih mudah dikenal maka produk yang dipromosikan bisa lebih mudah dikenal sehingga membantu meningkatkan penjualan.

Promosi di Instagaram Membantu Engagement Konten

Bagi kreator yang baru saja mengembangkan akun instagram mungkin saja akan mengalami kesulitan dalam menambah pengikut akun instagram dari konsumen yang dituju.

Tidak jarang beberapa orang akhirnya mencari jalan pintas untuk menambah followers instagram secara instan salah satunya adalah dengan membeli followers instagram yang mudah dicari internet dan juga market place.

Meskipun cara ini mampu meningkatkan instagram followers serta menaikkan jumlah engagegement berupa likes dan comment namun cara ini tidak direkomendasikan untuk menambah pengikut dalam jangka waktu lama.

Hal ini dikarenakan penggunaan followers instagram dapat merusak algoritma akun instagram serta membuat kreator dicurigai oleh platform instagram.

Apabila kegiatan membeli followers dan instagram ini berlangsung dalam jangka waktu lama maka akan mengakibatkan akun anda terkena instagram shadowband.

Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi kepada anda?

Karenanya agar akun instagram anda tetap sehat serta bebas dari pengawasan instagram maka lebih baik kreator mempromosikan konten instagramnya dengan menggunakan layanan iklan berbayar.

Kegiatan ini dilakukan agar konten yang anda unggah dapat menjangkau konsumen yang sesuai tentunya dengan budget yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, kreator juga diberikan insight performa iklan yang dapat digunakan untuk menganalisa kefektifan iklan promosi di instagram yang dibuat.

Konten yang menarik serta menjangkau konsumen yang tepat tentunya akan membantu meningkatkan jumlah pengikut instagram dan engagement yang nantinya akan membawa akun anda ke kenaikan organic reach.

Promosi di Instagram Menaikkan Pengunjung Website

Sebagian besar kreator instagram tentunya membuat akun instagram guna mengenalkan brand produk yang dikembankan sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan barang yang dilakukan.

Sebagian besar lainnya membuat akun instagram sebagai sarana ekspresi dengan membuat konten yang berisi unggahan kreativitasnya di bidang yang diminati.

Disisi lain ada juga kreator yang mengembangkan akun instagram guna menarik pengguna instagram agar mengunjungi website bisnis yang dimiliki.

Strategi ini biasanya dilakukan oleh brand yang bergerak di bidang jasa serta memiliki platform tersendiri guna melayani konsumennya.

Karenanya agar semakin banyak pengguna instagram yang tertarik untuk mengunjungi akun website yang dimiliki maka kreator bisa mempromsikan konten di instagram baik berupa unggahan instagram story atau instagram explore.

Hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang mengunjungi akun website anda dan juga melakukan pendafatran akun guna mengambil benefit dari website anda.

Promosi di Instagram Jangkau Audience Secara Efektif

Banyaknya pengguna aktif instagram terkadang membuat kreator bingung untuk menentukan target konsumen yang tepat dan bisa di sasar di instagram.

Hal ini terkadang membuat kreator membuat konten tanpa mengetahui selera konsumen dan waktu aktifnya sehingga menjadikan konten yang diunggah kurang efektif dan memiliki engagement yang rendah.

Karenanya agar konten yang anda buat dapat menjangkau audience lebih efektif maka kreator bsia melakukan promosi di instagram melalui berbagai pilihan konten yang diberikan.

Agar promosi di instagram semakin banyak dilihat oleh pengguna instagram maka kreator bisa melihat dulu jenis konten yang disukai oleh pengikut anda dengan melihatnya di layanan insight.

Promosi di Instagram Bantu Kumpulkan Data Konsumen

Setiap konten yang diunggah di instagram tentunya akan membawa data penting bagi kreator yang dapat digunakan untuk menyusun startegi marketing di instagram.

Beberapa data yang bisa dikumpulkan dari konten yang terdapat di instagram adalah jumlah engagement, waktu aktif konsumen, serta jenis konten yang disukai oleh konsumen dan berpotensi viral di instagram.

Beberapa data tersebut tentunya bisa di dapatkan secara mudah dengan melihat di fitur insight yang terdapat di instagram business.

Unggahan konten yang berbeda setiap harinya tentunya akan membuat data engagement berubah sehingga kreator sebaiknya memeriksa performa konten instagram secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

jenis konten instagram

Ide Konten Untuk Promosi di Instagram

Sebagai social media yang memiliki banyak pengikut aktif tentunya instagram memberikan berbagai jenis konten yang bisa diakses secara gratis bersamaan dengan fitur yang dapat membantu konten yang diunggah semakin menarik.

Berbagai konten tersebut juga bisa digunakan untuk promosi di instagram sehingga dapat menjangkau kosnumen yang diinginkan.

Karenanya agar kreator dapat melakukan promosi di instagram secara gratis berikut beberapa jenis konten dan fitur yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan.

Foto yang Estetik Untuk Tarik Perhatian Konsumen

Salah satu daya tarik utama dari instagram adalah konten foto estetik yang bisa diedit menggunakan fitur edit yang ada di instagram.

Konten foto yang estetik tentunya menjadi daya tarik utama bagi pengguna instagram untuk melihat konten anda atau memutuskan untuk mengikuti akun anda.

Sebelum membuat konten foto yang dapat menarik perhatian konsumen maka kreator bisa mempelajari lebih dahulu konten foto yang sekiranya disukai oleh konsumen atau membuat sendiri model konten foto yang diinginkan sehingga menjadi ciri khas tersendiri bagi akun instagram anda.

Kreator juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto yang bisa di dapatkan secara gratis di internet atau menggunakan layanan berlangganan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.

Anda juga bisa mendengarkan saran dari pengikut yang dimiliki guna menentukan jenis konten yang sesuai denagn akun instagram.

Reels Bantu Jangkau Konsumen yang Lebih Luas

Disaat suntuk atau merasa bosan dengan rutinitas yang ada, menonton video yang tersedia di internet menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa penat yang muncul setelah seharian beraktivitas.

Konten video yang berisi adegan lucu dan mengocok perut tentunya akan membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal sehingga meningkatkan rasa bahagia dan senang di dalam hati.

Pengguna internet saat ini tidak hanya bisa melihat konten video melalui platform youtube namun kini berbagai social media seperti facebook atau instagram juga meluncurkan layanan vieo

Kemunculan instagram reels beberapa tahun ke belakang tentunya disambut baik oleh pengguna instagram karena pengguna bisa membuat konten video yang lucu atau curahan hati.

Jangkauan instagram reels yang sangat luas tentunya menguntungkan bagi kreator karena dapat menjangkau konsumen yang lebih sesuai serta membantu menaikkan pengikut instagram yang dimiliki.

Karenanya kreator juga bisa membuat konten promosi di instagram yang menarik menggunakan konten instagram reels sehingga membantu meningkatkan engagement dan juga pengikut instagram.

Berikan Informasi Terbaru dengan Story

Siapa disini yang suka menonton konten instagram story? yup, durasi yang pendek dan juga jangka waktu tayang konten yang singkat malah bisa menarik perhatian pengikut anda yang tidak ingin kehilangan momen penting yang dibagikan.

Tidak hanya itu, kreator juga diuntungkan dengan membuat konten yang dapat diperbarui setiap harinya serta mudah diedit melalui layanan edit di instagram story.

Instagram story juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu interaksi dengan konsumen yang dimiliki, diantaranya adalah fitur QnA dan juga polling yang dapat digunakan kreator untuk mengumpulkan data mengenai keinginan konsumen.

Banyaknya pengguna instagram yang senang melihat konten story menjadikan layanan ini juga bisa digunakan sebagai media promosi di instagram yang efektif dan dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Namun agar konsumen tidak bosan melihat konten story yang anda unggah setiap hari maka kreator bisa membuat berbagai jenis konten story, seperti mengunggah topik tanya jawab atau memberikan edukasi pendek mengenai cara penggunaan produk yang tepat.

Unggah Konten dengan Product Tags

Platform instagram saat ini tidak hanya bisa digunakan sebagai media promosi namun juga berguna untuk melakukan layanan jual beli dengan pengguna instagram dan pengikut yang dimiliki.

Agar proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat maka konsumen bisa melakukan pembelian melalui akun instagram shop yang dimiliki oleh akun instagram business tertentu.

Disisi lain, agar proses promosi di instagram melalui instagram shop menjadi lebih efektif maka kreator bisa menggunakan fitur product tags yang tersedia.

Dengan menggunakan produk ini maka kreator dapat memberitahukan berbagai informasi mengenai produk yang dijual, seperti harga, nama produk, ukuran, dan warna produk secara mudah tanpa perlu menulisnya di caption instgram.

Penggunaan product tags sebagai tempat promosi tentunya membantu kreator dalam pemberian informasi produk sehingga tidak perlu bekerja dua kali untuk menuliskannya di caption instagram.

Bagi konsumen yang telah melihat product tags tersebut dan tertarik untuk membelinya maka bisa langsung melakukan pembelian melalui akun instagram shop yang dimiliki sehingga tidak perlu pergi ke akun market place untuk membeli produk yang diinginkan.

Bila beruntung maka konsumen bisa saja menamukan harga barang yang lebih murah dibandingkan tempat lainnya.

Edukasi Produk dengan Photo Carousel

Melihat foto produk yang berulang kali bisa saja membuat konsumen bosan dengan konten anda hingga akhirnya memutuskan untuk tidak mengikuti akun instagram anda.

Disisi lain, mengunggah konten foto produk secara terus menerus tanpa memberi tahu kelebihan produk tentunya akan membuat konsumen kesulitan dalam mencari kelebihan produk anda dibandingkan brand lain yang memiliki barang jualan yang sama.

Karenanya dalam membuat konten promosi di instagram maka kreator sebaiknya tidak hanya mengunggah foto produk namun juga kelebihan barang yang dijual.

Hal ini dilakukan untuk memberi tahukan kelebihan produk anda kepada pengguna instagram sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli barang yang anda promosikan.

Beberapa jenis konten edukasi yang bisa disajikan oleh kreator adalah masalah yang bisa diatasi oleh produk anda, contohnya produk skincare yang dapat merawat wajah yang bermasalah.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengenalkan kandungan bahan yang ada di produk anda sehingga membuat konsumen lebih paham mengenai produk anda dan tertarik untuk membeli.

Dalam menjalankan akun instagram, tak jarang kreator menemukan berbagai curhatan mengenai masalah yang dihadapi dan juga meminta solusi yang sekiranya dapat membantu masalah yang dihadapi.

Curahan hati konsumen ini juga bisa dijadikan konten carousel sehingga membantu menjawab pertanyaan pengikut anda lainnya yang mungkin mengalami masalah yang sama.

Namun sebelum membuat konten dari curahan hati pembeli sebaiknya kreator bertanya dulu ketersediaan konsumen untuk mengangkat ceritanya untuk menjadi bagian dari konten di instagram.

cara promosi di instagram

Cara Promosi di Instagram

Berbagai fitur yang disediakan oleh instagram tentunya akan memudahkan kreator dalam promosi di instagram.

Penggunaan fitur di instagram ini tentunya bisa digunakan untuk promosi di instagram secara berbayar atau gratis dengan penggunaan strategi marketing yang tepat.

Karenanya berikut cara promosi di instagram yang bisa digunakan untuk mengembangkan akun instagram yang dimiliki.

Promosi di Instagram Melalui Iklan Berbayar

Saat mengunggah konten di instagram biasanya kreator akan menemukan ikon boost post yang berada di bagian bawah unggahan konten anda.

Ikon anda bisa digunakan untuk promosi di instagram sehingga konten anda bisa menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Apabila kreator ingin menggunakan layanan boost post satu ini, berikut tata cara mudah menggunakannya :

  • Pertama, Masuk ke akun instagram yang dimiliki kemudian masuk ke akun profile maka kreator akan menemukan berbagai konten yang telah diunggah sebelumnya, sebelum menggunakan layanan boost post maka pastikan dulu konten instagram anda memiliki kualitas gambar atau video yang baik dan memiliki ukuran kurang dari 8 Mb
  • Kedua, klik ikon boost post kemudian isi informasi mengenai tujuan, audience, biaya yang dikeluarkan, serta durasi konten akan beredar.
  • Ketiga, setelah selesai mengisi informasi yang diminta kemudian klik next dan pastikan akun instagram anda sudah tersambung ke akun facebook yang telah anda miliki sebelumna,
  • Keempat, klik pada ikon boost yang berada di ikon review
  • Kelima, setelah berbagai data sudah diisi maka kreator tinggal menunggu konten anda diterima oleh instagram yang kemudian dapat beredar di instagram.

Manfaatkan Berbagai Fitur di Instagram

Guna meningkatkan pengalaman pengguna instagram dalam menggunakan berbagai layanan di instagram maka platform ini terus mengembangkan inovasi untuk membuat fitur yang disukai oleh penggunanya.

Hadirnya berbagai fitur seperti reels atau carousel tidak hanya berguna sebagai sarana ekspresi diri namun juga bisa digunakan untuk promosi produk yang diinginkan.

Namun agar penggunaan fitur instagram bisa semakin maksimal maka rkreator bisa mengimbanginya dengan strategi marketing yang tepat serta kemampuan mengedit konten agar unggahan instagram yang dibuat bisa semakin estetik dan disukai oleh pengguna instagram.

Tidak hanya itu, berbagai tambahan fitur di konten instagram juga dapat membantu kreator untuk membuat konten yang sesuai dengan keinginan serta meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Ketahui Target Konsumen yang DItuju

Banyaknya pengguna aktif di instagram tentunya memiliki berbagai selera yang berbeda, hal ini tentunya menjadi peluang bagus bagi kreator instagram.

Salah satu keuntungan dari menggunakan layanan instagram boost post adalah kreator dapat dengan mudah membangun audience dari pengguna instagram yang tersebar secara luas.

Meskipun begitu, kreator tidak bisa hanya mempromosikan konten tanpa mengetahui konsumen yang dituju, karenanya sebelum menyebarkan konten ke khalayak luas maka kreator sebaiknya bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut terlebih dahulu :

  • Siapa konsumen yang anda tuju?
  • Apa kesukaan mereka?
  • Jenis konten apa yang disukai?

Apabila kreator masih ragu dalam menjawab berbagai pertanyaan tersebut maka anda bisa mencari data dan informasi yang tepat menggunakan layanan insight yang terdapat di kolom pengaturan.

Selain itu, jika kreator menggunakan layanan website social media management tools maka bisa menggunakan layanan tersebut untuk menganalisa performa konten dan juga mendapatkan data untuk melakukan strategi marketing yang tepat.

Promosi Melalui Konten Instagram Carousel

Sebuah eksperimen menyatakan bahwa konten carousell dapat menjangkau pengguna instagram lebih luas dibandingkan konten lainnya.

Konten carousel diketahui dapat meningkatkan engagement hingga 5% apalagi jika ditambah dengan video di tengah-tengah konten tentu engagement akan meningkat sampai 17%,

Guna memaksimalkan kemampuan konten carousel untuk menjangkau pengguna instagram yang lebih luas, maka kreator bisa menggunakan strategi berikut :

  • Buat konten carousel dengan 8-10 postingan
  • Slide 1 : berikan pertanyaan kepada konsumen atau call to action yang menarik perhatian
  • Konsumen akan penasaran sehingga melihat isi dari konten carousel sampai habis

Penggunaan slide foto yang terlalu panjang akan membuat konsumen merasa bosan dan berhenti di tengah jalan sebelum membaca call to action yang diminta,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.