cara dapatkan lebih banyak viewers tiktok

Tips Sukses Menaikkan Engagement Tiktok

Ketahui cara untuk menaikkan performa engagement tiktok dengan tips khusus yang pastinya efektif.

Dengan lebih dari satu juga pengguna tiktok aktif setiap bulannya, Tiktok dengan cepat menjadi social media yang memiliki tingkat engagement besar di dunia.

Bagi kreator sendiri, kehadiran tiktok sendiri membuka gerbang baru untuk meraih lebih banyak konsumen yang tidak hanya aktif namun mampu mengenalkan produk anda ke pengguna tiktok yang lebih banyak.

Namun, apakah hanya dengan mengunggah konten dapat membantu menarik konsumen? Sayangnya tidak.

Menjadi akun tiktok yang sukses tentunya memerlukan engagement tiktok yang organik seperti jumlah likes, share, comments, dan juga duet.

Jenis engagement tiktok ini tentunya dapat membantu menaikkan akun tiktok anda sehingga dapat menjangkau pengguna tiktok yang lebih banyak bahkan yang sebelumnya belum menjadi konsumen anda.

Berikut beberapa langkah mudah yang dapat dilalukan untuk menaikkan engagement tiktok serta cara menghitung engagement tiktok yang sesuai dengan akun tiktok yang anda kembangkan.

apa itu engagement tiktok

Apa Itu Engagement Tiktok

Saat menonton video di tiktok tentunya pengguna akan menemukan berbagai macam konten mulai dari konten komedi yang membawa tawa hingga konten tutorial yang mengajarkan berbagai ilmu baru.

Konten-konten menarik tersebut tentunya membuat pengguna tiktok memberikan apresiasi berupa likes, comment, atau bahkan membagikan konten tersebut ke orang lain agar bisa dibahas bersama-sama.

Kegiatan memberikan likes, comment, atau share tersebut memberikan engagement tiktok kepada akun yang anda sukai atau tonton berulang-ulang.

Engagement tiktok yang tinggi tentunya akan memberikan manfaat bagi akun tiktok, seperti jangkauan yang semakin luas serta tayangan video yang semakin banyak.

Berikut beberapa jenis engagement tiktok yang sebaiknya kreator ketahui sebelum mengembangkan akun tiktok :

  • Comment : Berbagai macam respon terhadap video yang anda unggah bisa anda temukan di kolom komentar, tidak jarang anda akan menemukan komentar mengenai curahan hati pengguna tiktok yang sesuai dengan isi konten tersebut. Beberapa kreator terkadang membuat konten yang berisi pertanyaan yang kemudian akan dijawab oleh pengguna tiktok yang menonton video anda.
  • Shares : Konten yang anda lihat di tiktok terlihat menarik dan anda ingin orang lain mengetahuinya? Cukup bagikan konten tiktok melalui fitur share yang bisa dibagikan melalui direct message atau akun social media lainnya. Beberapa jenis konten yang biasanya dibagikan ke orang lain adalah konten komedi atau konten tutorial.
  • Likes :Konten tiktok yang anda lihat memberikan banyak informasi baru atau mengundang tawa? Saatnya memberikan apresiasi berupa likes agar semakin banyak konten yang similiar muncul ke akun tiktok anda.
  • Views : Semakin luas jangkauan video yang anda buat maka akan membantu menaikkan views video anda. Banyaknya viewers tiktok juga bisa menjadi ukuran dalam menghitung engagement tiktok.
  • Total Playtime : Durasi video tiktok yang panjang tentunya tidak akan menjadi masalah apabila konten yang anda lihat merupakan selera konten anda. Disisi lain, banyak pengguna tiktok yang mengalihkan video pada durasi video tertentu karena dirasa sudah mengerti isi dari video tersebut. Rata-rata durasi video yang dilihat oleh konsumen anda bisa menjadi standar pengukuran durasi video yang sebaiknya anda buat di tiktok.

Karenanya bagi kreator yang akan atau sedang mengembangkan akun tiktok tentunya penting untuk mengetahui cara meningkatkan engagement tiktok agar akun tiktok yang dimiliki dikenal oleh lebih banyak pengguna tiktok.

Sebelum meningkatkan engagement tiktok, ketahui dulu cara menghitung engagement tiktok di akun yang sedang anda kembangkan.

cara menghitung engagement tiktok

Cara Menghitung Engagement Tiktok

Sebelum merencanakan strategi tiktok marketing di akun tiktok anda, maka mengukur tiktok engagement menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur seberapa banyak engagement tiktok yang sebaiknya anda dapatkan di akun tiktok anda.

Di internet sendiri terdapat beberapa cara untuk menghitung engagement tiktok namun terdapat dua formula yang bisa kreator gunakan, diantaranya :

((Jumlah likes + Jumlah comments)) / Jumlah Followers)) * 100 atau

((Jumlah likes + Jumlah comments + Jumlah share) / Jumlah followers) * 100

Guna mendapatkan data yang lengkap mengenai jumlah engagement tiktok yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu maka kreator bisa menggunakan data di fitur analytics yang terdapat di akun tiktok business.

tiktok engagement 1.png 1
tiktok

Tips Menaikkan Engagement Tiktok

Menaikkan engagement tiktok memang memerlukan strategi khusus agar konten yang diunggah dapat menjangkau lebih banyak pengguna tiktok serta membantu untuk meningkatkan engagement tiktok.

Ditambah lagi engagement tiktok berkaitan dengan algoritma tiktok yang dapat membantu konten anda ke pengguna tiktok yang tepat dan menyukai jenis konten anda.

Dengan bantuan engagement tiktok maka kreator bisa meminta apapun ke pengikut anda mulai dari membeli produk yang anda tawarkan dan juga mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu naikkan engagement tiktok secara cepat dan efektif.

Gunakan Fitur QnA

Pada bulan amret 2021, Tiktok merilis fitur QnA dimana kreator bisa menjawab pertanyaan dari pengguna tiktok atau pengikut yang dimiliki di kolom komentar.

Fitur QnA ini bisa digunakan oleh semua pengguna tiktok dan berada di bagian bawah kolom bio di profil tiktok anda.

Pertanyaan untuk kreator sendiri bisa dimasukkan di kolom submission yang kemudian akan muncul di halaman kreator. Pengguna tiktok juga bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar yang kemudian akan dijawab oleh kreator.

Sekali anda mengajukan pertanyaan maka kreator bisa membalasnya dengan sebuah video. Cara ini tentunya bagus untuk membuat konten kualitas tinggi untuk pengikut anda serta membantu untuk meningkatkan engagement tiktok anda.

Guna meningkatkan engagement tiktok melalui fitur QnA maka kreator bisa membalas pertanyaan dengan cepat sembari membuat konten yang biasa anda unggah di tiktok.

Berikut tutorial menggunakan layanan QnA di Tiktok :

  1. Masuk ke akun tiktok terlebih dahulu dan pastikan anda sudah melakukan sign in
  2. Masuk ke profile tiktok anda dengan melakukan klik pada ikon garis tiga di bagian pojok kanan atas
  3. Klik Fitur Creator Tools
tiktok engagement rate 2 620x1267.jpg 1
4. Klik ikon QnA
tiktok engagement rate 3 620x1269.jpg
4. Jawab pertanyaan pengguna tiktok atau kreator bisa menjawab rekomendasi pertanyaan yang tersedia di tiktok.
tiktok engagement rate 4 620x1278.jpg

Fitur QnA ini juga berguna apabila kreator ingin menjawab pertanyaan pengguna tiktok yang sudah diunggah lama namun kreator baru melihatnya atau pertanyaan tersebut baru sesuai dengan kondisi saat ini

Apabila kreator ingin menjawab pertanyaan dari pengguna tiktok melalui kolom komentar maka kreator bisa melakukan klik pada komentar tertentu dan membalasnya menggunakan video baru.

Balas Komentar dengan Video Baru

Saat membuka akun tiktok terkadang anda menemukan konten yang berasal dari komentar orang lain yang justru mendapatkan engagement tiktok lebih banyak berupa komentar,likes, dan bahkan share.

Jenis konten satu ini justru banyak digunakan oleh banyak kreator tiktok guna mengomentari berbagai pertanyaan pengguna tiktok dan tentunya membantu untuk meningkatkan engagement tiktok.

Kreator tiktok pastinya tahu bahwa melakukan interaksi dengan pengguna tiktok atau dengan pengikut anda melalui komentar atau pesan langsung menjadi bagian penting untuk membantu meningkatkan engagement tiktok.

Tiktok sendiri telah merilis layanan reply video guna membantu kreator membalasa komentar pengguna tiktok dengan mudah serta lebih cepat.

Membalas komentar melalui reply video juga bisa menjadi cara seru untuk mengejutkan konsumen sehingga pengguna tiktok merasa diperhatikan dengan brand yang anda ikuti.

Anda juga pasti senang kan diberikan balasan oleh brand yang anda sukai?

Tidak hanya itu, konten reply video juga memberikan peluang besar untuk menjadi konten komedi yang tentunya disukai oleh pengguna tiktok.

Berikut beberapa cara mudah menggunakan layanan reply video :

  1. Masuk ke kolom komentar di salah satu konten video anda dan klik pada komentar yang ingin anda balas
  2. Klik pada ikon kamera warna merah yang berada di bagian kiri layar tiktok anda.
  3. Pilih Record atau Upload dan tambahkan video tersebut.

Melakukan konten tanya jawab disela-sela konten promosi dan edukasi tentunya akan membantu meningkatkan engagement tiktok anda serta meningkatkan interaksi anda dengan pengikut tiktok yang anda miliki.

Gunakan Tiktok Analytics

Setelah mengunggah berbagai konten tiktok serta melakukan interaksi dengan pengguna tiktok guna meningkatkan engagement tiktok maka inilah saatnya untuk menganalisa performa akun tiktok yang anda kembangkan.

Platform tiktok sendiri menyediakan layanan tiktok analytics dimana kreator dapat melihat insight mengenai siapa saja yang melihat konten anda dan dengan siapa saja anda melakukan interaksi dua arah.

Berbagai informasi dari tiktok analytics dapat membantu kreator untuk membuat konten baru dan unik yang tentunya disukai oleh konsumen anda.

Kreator bisa memulai menggunakan tiktok analytics dengan membaca demografi penonton yang anda miliki, seperti usia, gender, dan juga lokasi.

Beberapa informasi ini nantinya akan membantu anda untuk membuat konten yang relevan serta sesuai selera konsumen yang anda miliki.

Selain itu, kreator juga bisa melihat konten apa saja yang sedang naik daun dan disukai oleh pengguna tiktok lainnya yang tentunya dapat membantu meningkatkan engagement tiktok anda.

Berbagai informasi konten ini tentunya akan membantu anda untuk membuat jenis konten yang sama atau berkesperimen dengan genre atau gaya konten tersebut.

Sekali anda mengetahui konten kesukaan konsumen maka anda dapat melakukan interaksi dengan konsumen lebih mudah yang nantinya akan membantu menaikkan engagement tiktok yang anda miliki.

Salah satu strategi lain yang dapat membantu akun tiktok anda lebih dikenal konsumen adalah dengan memberikan likes dan komen, membalas komentar. serta mengikuti akun yang sesuai dengan topik yang anda bahas.

Cara ini bisa dilakukan untuk mengangkat akun anda ke audience yang lebih besar dan konsumen yang memiliki minat yang sama juga akan ikut berinteraksi dengan akun dan konten tiktok anda.

Manfaatkan Fitur Stitch dan Duet

Fitur stitch dan duet menjadi salah satu layanan yang hanya tersedia di tiktok. Dua fitur ini dapat membantu meningkatkan engagement tiktok anda serta mudah digunakan di tiktok.

Fitur stitch memungkinkan kreator untuk menambahkan bagian orang lain ke video anda, durasi video yang panjang juga bisa dipangkas dan direkam pada konten yang ingin anda tambahkan.

Salah satu cara mudah untuk membuat konten anda di rekam kembali oleh banyak orang adalah dengan mengunggah konten yang berisi pertanyaan yang nantinya akan membuat pengguna tiktok tertarik untuk membalas konten anda dengan video baru.

Disisi lain, fitur duet mengizinkan anda untuk menambahkan konten disisi video lain. Fitur duet sering digunakan di konten karaoke atau dance chanllange yang banyak tersebar di tiktok.

Di fitur duet, kedua video akan dimainkan bersebelahan di layar tiktok sehingga pengguna tiktok dapat melihat dua video dalam waktu bersamaan.

Pengguna tiktok juga dapat melihat konten reaction video, imitation video, dan juga candaan yang dibalas melalui fitur duet.

Konten duet yang saling sambung menyambung tengah menjadi konten yang mampu meningkatkan engagement tiktok secara cepat.

Semakin banyak kreator yang bergabung dalam konten duet anda maka semakin besar popularitas yang anda dapatkan serta engagement tiktok yang semakin meningkat.

Interaksi dengan Kreator Lain

Dilansir dari platform tiktok, sebesar 21% pengguna tiktok lebih menyukai tiktok brand yang banyak berinteraksi di konten tiktok orang lain.

Pengguna tiktok lainnya lebih menyukai akun tiktok brand yang mengikuti tiktok trend yang sedang naik daun.

Sehingga jika kreator ingin meningkatkan engagement tiktok maka bisa mulai dengan berinteraksi dengan pengguna tiktok lain seperti memberikan komentar, likes, atau membalas menggunakan fitur stitch dan duet yang tersedia.

Interaksi satu ini nantinya akan membawa anda membangun hubungan yang erat dengan komunitas tiktok yang anda miliki yang dapat diarahkan menjadi konsumen untuk ke depannya.

Perbanyak Unggah Konten Tiktok

Konsistensi dan frekuensi dalam mengunggah konten menjadi faktor yang signifikan untuk meningkatkan level engagement tiktok anda dan menjadikan akun anda terkenal di tiktok.

Tidak hanya, unggahan konten tiktok yang sering nantinya akan menarik perhatian konsumen anda dan berinteraksi dengan pengguna tiktok yang menonton video anda.

Disaat anda mengunggah konten tiktok dengan sering maka akan memperbesar peluang anda untuk mendapatkan lebih banyak likes dan menerima engagement tiktok di akun anda.

Waktu yang padat dalam membuat konten tiktok dan merencanakan ide konten tiktok terkadang menjadi kendala kreator untung mengunggah konten tiktok sesering mungkin.

Karenanya pengguna tiktok dapat memanfaatkan layanan tiktok schedule calendar guna menghemat waktu dan meningkatkan engagement tiktok anda.

Kreator juga dapat mengajak pengguna tiktok untuk mengunjungi akun anda dan berinteraksi dengan konten tiktok anda dengan membuat berbagai video dengan topik yang berbeda.

Tidak hanya itu, menggunakan konten dan lagu tiktok yang sedang viral juga dapat membantu meningkatkan engagement tiktok anda.

Salah satu cara untuk mengetahui trend tiktok yang sedang naik daun adalah dengan melihat berbagai konten yang tersedia di halaman FYP Recommend.

Bagikan Konten Behind the Scene

Bagi penggemar akun tiktok anda mungkin saja penasaran dengan behind the scene konten tiktok yang anda buat.

Apalagi jika konten video yang anda buat terkesan unik dan viral sheingga mengundang rasa penasaran pengguna tiktok untuk mengetahui behind the scene konten yang kreator buat.

Guna menampung rasa penasaran penonton video anda dan juga meningkatkan engagement tiktok anda maka kreator bisa membuat konten behind the scene.

Kreator bisa menampilkan persiapan saat anda membuat konten tersebut serta eksekusinya saat konten akan direkam dan diunggah di akun tiktok anda.

Tidak hanya itu, kreator bisa mengunggah konten behind the scene yang menceritakan kegiatan brand anda seperti konten keseharian di perusahaan anda dan kebiasaan unik yang jarang ditemykan di perusahaan lain.

Penggunaan daily vlog keseharian di kantor ini akan membantu meningkatkan brand exposure, menaikkan level engagement tiktok, serta menaikkan social proof di mata konsumen.

Manfaatkan Halaman FYP Recommend

Pada platform tiktok sendiri terdapat dua halaman khusus yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan, yakni halaman Following Tiktok dan juga For Your Page.

Pada halaman following tiktok, anda dapat melihat konten dari akun tiktok yang anda ikuti sehingga pengguna tiktok tidak akan ketinggalan video terbaru dari akun tiktok yang disukai.

Namun jika kreator merasa bosan pada konten dari kreator yang anda ikuti maka kreator bisa membuka halaman for your page.

Pada halaman ini maka kreator dapat menemukan konten yang sesuai dengan selera anda meskpun anda tidak mengikuti akun tersebut sebelumnya.

Jika anda merasa cocok dengan akun tiktok yang sering lewat di halaman for your page anda maka pengguna tiktok bisa mengikutinya agar tidak ketinggalan berbagai konten terbaru.

Adanya halaman for your page ini tentunya menguntungkan bagi kreator karena jika konten anda masuk ke halaman tersebut maka jumlah engagement tiktok anda menjadi lebih besar sehingga memungkinkan anda menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas lagi.

Buat Ciri Khas Konten Tersendiri

Tiktok sendiri menyediakan berbagai jenis konten yang bisa ditonton sesuai dengan keinginan konsumen. Munculnya berbagai macam konten ini tentunya bisa ditiru dan di daur ulang oleh kreator tiktok lain.

Sayangnya, Tiktok sendiri lebih menyukai konten asli dan original sehingga menjadi ciri khas tersendiri di akun tiktok anda sehingga membuat konsumen betah untuk mengunjungi akun tiktok anda.

Tidak hanya itu, pengguna tiktok juga lebih menyukai konten tiktok yang original dan belum pernah dilihat sebelumnya di tiktok.

Karenanya agar akun tiktok anda lebih disukai oleh pengguna tiktok lain maka sebaiknya membuat konten tiktok original yang berbeda dari biasanya.

Unggah Konten dengan Resolusi Tinggi

Saat membuka akun tiktok, jenis konten mana yang lebih anda sukai? Konten video dengan resolusi yang tinggi atau konten video yang menarik namun dengan resolusi video yang rendah namun dengan isi konten video yang menarik.

Tentunya pengguna tiktok lebih menyukai konten video dengan resolusi tinggi sehingga video tiktok lebih enak ditonton lebih lama.

Apalagi jika kreator menambahkan thumbnail di depan video serta berbagai efek video yang akan membuat konten video semakin unik.

Mengunggah konten video dengan resolusi yang tinggi menjadi salah satu strategi yang efektif di tiktok untuk meningkatkan kesempatan video anda dilihat oleh lebih banyak pengguna tiktok.

Tiga detik pertama dari video tiktok yang anda unggah menjadi penenti konsumen untuk melihat video tiktok dalam jangka waktu yang lama.

Untungnya kreator tidak perlu mempermasalahkan resolusi video di tiktok karena sebagian besar kamera handphone saat ini memiliki resolusi kamera yang tinggi sehingga akan menghasilkan konten video tiktok yang bagus.

Namun jika kreator ingin menghasilkan konten tiktok yang lebih bagus lagi maka kreator bisa menggunakan properti tambahan seperti ringlight yang tentunya akan membuat hasil video menjadi lebih bagus.

Kreator juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto yang tersedia secara gratis di internet dengan berbagai fitur edit yang tersedia.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan layanan edit foto yang ada di tiktok yang bisa digunakan secara gratis dan dengan hasil yang lebih bagus.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.