pexels suzy hazelwood 1226398 1

Strategi Content Plan Instagram Untuk Akun Kreator dan Brand

Optimasi akun instagram brand anda dengan content plan instagram yang efektif.

Memiliki akun instagram dengan jumlah pengikut yang banyak dan aktif tentunya menjadi dambaan setiap kreator.

Namun, dengan banyaknya pengikut yang dimiliki tentunya akan menjadi beban sendiri bagi kreator untuk membuat strategi konten instagram.

Di sisi lain, seorang kreator mungkin saja pernah kebingungan dalam merancang content plan instagram, agar konten yang diunggah dapat menyasar konsumen yang diinginkan.

Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi apabila anda telah membuat strategi content plan instagram yang tepat dan sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Karenanya berikut beberapa tips dalam membuat content plan instagram untuk mengembangkan akun instagram brand yang anda miliki.

fPrPM9R7R2SKj1IvIAfX

Lakukan Audit Instagram Profile 

Saat pertama kali mengunjungi sebuah akun instagram, tentunya halaman profile akan mencuri perhatian pengunjung, dimana anda akan melihat berbagai informasi relevan yang berkaitan mengenai akun instagram brand tersebut.

Contohnya adalah brand value yang diberikan, produk yang dijual, serta akses untuk membeli produk yang ditawarkan di Instagram.

Semakin lengkap sebuah halaman instagram profile maka akan memancing minat pengguna instagram untuk mengikuti akun instagram anda serta membeli produk yang anda jual.

Berbanding terbalik apabila informasi di halaman instagram profile anda belum lengkap dan membuat pengguna instagram ragu pada produk yang anda jual.

Karenanya sebelum membuat content plan instagram maka penting bagi anda untuk melengkapi berbagai informasi yang tersedia di halaman instagram profile.

Bio Instagram

Bagian profile menjadi salah satu kolom yang biasa diamati oleh pengguna instagram saat berkunjung ke sebuah akun instagram business.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa akun yang mereka kunjungi sudah sesuai dengan pencarian yang dilakukan.

Seseorang juga bisa menilai apakah foto profil yang disajikan sudah bagus dan memikat hati pengikutnya.

Setelahnya seseorang akan menilai informasi yang disajikan di halaman profile instagram dan memastikan data yang disampaikan sudah sesuai.

Dalam mengecek instagram profile sendiri, anda bisa memastikan sudah memasukkan contact person serta website yang bisa dikunjungi oleh konsumen anda untuk membeli barang yang diinginkan.

Kreator biasanya menggunakan platform  Linktree untuk menampung berbagai link social media dan marketplace yang dimiliki agar bisa diakses dengan mudah oleh konsumen.

Kemudian anda bisa melihat pada bagian instagram bio dan mempertimbangkan apakah bio yang anda berikan sudah cukup lengkap dan menarik minat target konsumen ideal dan memberikan alasan untuk mengikuti akun instagram anda.

Ldv62H4MSaq3pjSpr8pc

Salah satu contoh instagram profile dari influencer yang bisa anda tiru adalah akun instagram miliki @bynikojulius, yang secara lengkap mengisi berbagai kolom instagram profile dengan tepat, dan melengkapinya dengan bio instagram yang memikat hati pengunjung untuk mengikuti akun instagramnya dan mengikuti konten yang diunggah.

Namun, apabila anda memiliki akun instagram business brand, maka anda juga sebaiknya memberikan informasi yang lengkap mengenai brand value yang anda berikan serta produk yang dijual.

G4EEQDSSO1qKjkC0t1MA

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram brand skincare @envygreen.skincare yang mencantumkan informasi mengenai produk yang dijual, jaminan kualitas, serta brand value mengena skincare yang cocok untuk kulit remaja.

Sehingga konsumen lebih percaya pada akun instagram brand tersebut dan akhirnya melihat berbagai konten instagram yang disajikan.

Konten Instagram 

Setelah melakukan analisa singkat mengenai halaman profile instagram, maka pengguna instagram yang tertarik pada produk anda akan berlanjut pada melihat berbagai konten yang telah diunggah.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa konten instagram yang diunggah sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi, sehingga menjadi nilai lebih untuk mengikuti akun instagram anda.

Setiap pengguna instagram memiliki kesukaan konten yang berbeda-beda, ada yang lebih menyukai akun yang rajin mengunggah konten edukasi dan interaksi, namun ada juga yang menyukai akun yang hanya mengunggah foto produk saja.

Perbedaan selera ini juga sebaiknya dipahami oleh kreator instagram untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh target konsumen, sehingga setiap postingan anda mendapatkan poin engagement yang tinggi.

Namun, bagi kreator yang baru membuat akun instagram business, maka penting bagi anda untuk mengunggah konten yang berisi pengenalan produk anda.

Strategi ini dilakukan agar konsumen mengetahui produk yang anda jual serta kelebihannya dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

rpqiu5kuR8GcQG5iNgaz

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand skincare @moriganic yang membagikan variasi konten yang berbeda, seperti konten edukasi dan testimoni untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Serta konten meme yang dapat membantu untuk menaikkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki di Instagram.

Di sisi lain, penggunaan akun instagram business juga biasanya digunakan oleh influencer atau kreator yang membagikan jenis konten berbeda.

Pada akun influencer instagram ada beberapa yang menampilkan konten gaya hidup, seperti memperlihatkan foto dan video saat berliburan di tempat wisata tertentu atau membagikan momen saat berkumpul dengan teman-temannya.

Meskipun begitu, akun instagram influencer tersebut tetap memiliki banyak pengikut yang tertarik pada gaya hidup yang dijalani.

Salah satunya adalah akun instagram influencer @celinewijaya.md yang membagika kesehariannya sebagai mahasiswa master kedokteran di Harvard University yang tentunya membuat kagum banyak orang.

Di sisi lain, akun instagram creator biasanya fokus pada konten instagram yang sesuai dengan minat yang disukai.

77BhaTo1QSaegczk1tnX

Contohnya yang dilakukan oleh akun instagram kreator @soya_jp yang membagikan tips dan trik menggunakan platform planning notion agar mudah digunakan oleh pengguna lainnya.

Dalam pengembangan strategi content plan instagram, anda sebaiknya membuat tampilan instagram feed layaknya majalah yang penuh dengan informasi dan diselipkan dengan berbagai cerita yang relevan dengan brand atau produk yang anda jalankan.

Mengunggah berbagai konten produk mungkin akan disukai oleh penggemar anda, namun akan membuat konsumen baru anda berhenti untuk mengikuti akun instagram anda, apabila konten yang disajikan kurang relevan dengan minat yang disukai.

bs967dU5QIzwBT0wXmzQ

Rencanakan Tujuan Akun Instagram 

Setelah memperbaiki halaman profil instagram maka inilah saatnya untuk merencanakan untuk membawa akun instagram anda.

Apakah anda akan membuat akun instagram anda untuk meningkatkan brand awareness dengan konten edukasi, membangun hubungan yang erat dengan konten interaksi, atau membuat hanya memasarkan produk dengan mengunggah foto produk dan testimoni.

Di sisi lain, dalam mengembangkan akun instagram dengan sempurna, maka dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menentukan konten yang diminati oleh konsumen anda.

Berikut beberapa tujuan akun instagram serta cara meraihnya :

  • Meningkatkan audience : Anda bisa mengunggah konten interaktif sambil menambahkan instagram hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan konten instagram serta menaikkan jumlah pengikut.
  • Membangun komunitas : Ketahui target audience dengan mengunggah konten testimoni yang dapat membangun kepercayaan konsumen.
  • Naikkan Jumlah Interaksi : Lakukan interaksi dengan konsumen anda dengan memberikan pertanyaan yang menarik sehingga memancing mereka untuk memberikan reaksi dengan jawaban yang relevan.
  • Menambahkan Jumlah Kunjungan Website : Bagikan konten edukasi gratis yang bisa mereka dapatkan dengan mengakses halaman website yang anda miliki, anda juga bisa memasangnya link tersebut di kolom profil Instagram.
  • Naikkan Penjualan : Bagikan link akun market place di kolom bio instagram serta aktifkan layanan Instagram shopping sehingga konsumen anda bisa melihat produk yang anda jual atau melakukan transaksi langsung di Instagram.
content plan instagram

Bangun Content Plan Instagram

Instagram merupakan social media yang mengandalkan visual, sehingga untuk memaksimalkan penggunaan akun instagram brand anda, maka berikut beberapa strategi content plan instagram yang bisa anda gunakan.

Tema Konten 

Banyak orang berfikir bahwa membuat content plan instagram hanya membutuhkan pemilihan warna yang sesuai ciri khas brand anda serta pemilihan font tulisan yang sesuai agar membuat konten instagram menjadi lebih estetik.

Namun, tidak seperti pemasaran tradisional yang telah dilakukan sebelumnya, promosi di Instagram berputar secara sosial, sehingga anda juga membutuhkan tema warna konten yang sesuai dengan akun instagram anda.

Sehingga anda sebaiknya memastikan untuk membuat rancangan identitas visual untuk membantu anda merancang konten instagram yang lebih baik, dengan membuat rencana konten yang mampu memancing interaksi dengan target audience yang anda tuju.

Tujuan dari penggunaan rancangan identitas visual ini membantu dalam membuat referensi ketika anda membuat rencana konten instagram yang selaras.

Guna membuat rencana konten instagram yang efektif maka anda bisa menggunakan platform Pinterest untuk membuat rancangan instagram feed yang keren.

Setelah anda membuat rancangan instagram feed yang selaras dengan ciri khas warna brand anda, maka konsumen akan semakin tertarik melakukan interaksi dengan konten instagram yang telah anda unggah, membagikannya ke orang lain, atau mengunjungi website yang tercantum di kolom profil Instagram.

Namun, dalam menentukan tema dari instagram profil maka anda bisa mencari inspirasi dari akun instagram kompetitor lain yang bergerak di industri yang sama.

Kemudian anda bisa menganalisa jenis konten dan warna yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan interaksi dengan akun instagram anda.

JlfYKykFQYeGwszjcu3y

Penggunaan rancangan warna yang selaras di Instagram feed juga digunakan oleh akun instagram brand aromaterapi @pureliving.essential yang menggunakan perpaduan warna kuning, coklat, dan putih sebagai tema halaman instagram yang dimiliki.

Dengan menggunakan warna yang seragam maka akan membuat pengguna instagram tertarik untuk melakukan interaksi pada konten yang diunggah dan mengikuti akun brand tersebut.

Penggunaan instagram feed dengan tema yang sama juga digunakan oleh influencer @sukaskincarean yang membagikan hasil ulasan produknya menggunakan latar belakang warna putih di semua konten yang diunggah.

Hal ini akan menghasilkan ciri khas sendiri yang membedakan akun instagramnya dengan influencer atau kreator lainnya.

Tidak hanya itu, terkadang pengguna instagram menyukai satu jenis konten instagram saja, seperti carousel atau reel.

Perbedaan selera ini bisa saja muncul dari kebiasaan pengguna instagram yang membuka instagram saat bersantai sehingga mampu membaca informasi yang diberikan secara lengkap.

Namun, ada juga pengguna yang membuka akun instagram saat perjalanan pulang atau menanti pesanan makanan datang, sehingga membutuhkan konten yang mudah dipahami dalam waktu cepat.

Perbedaan kebiasaan ini perlu anda pertimbangkan agar dapat memilih jenis konten instagram yang disukai oleh konsumen anda.

Anda juga bisa menentukan tipe konten instagram yang disukai oleh konsumen anda dengan melihat hasil instagram insight yang akan menampilkan hasil engagement pada masing-masing konten instagram.

Pilihlah konten instagram yang memiliki hasil insight paling tinggi untuk digunakan sebagai patokan dalam menentukan jenis konten yang akan anda gunakan sehari-hari.

QlA5tgISLSGIee4riSAf

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand sepatu @pvnshoes yang mengunggah konten promosi produk dalam bentuk reels agar mudah diamati oleh konsumen serta menjangkau target pembeli yang lebih luas.

Konten reels dengan tema yang sama ini juga membantu konsumen untuk lebih betah dalam mengulik berbagai postingan yang disajikan.

Agar hasil konten instagram menjadi lebih keren dan estetik, anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi edit video yang tersedia secara gratis di internet.

Pilar Konten 

Sama seperti blog yang membutuhkan artikel pilar yang dapat membimbing berbagai konten lainnya, social media seperti Instagram juga membutuhkan pilar konten.

Keberadaa pilar ini dibutuhkan untuk menentukan konten yang akan anda unggah di waktu yang telah ditentukan.

Di sisi lain, penggunaan pilar ini juga membantu untuk membimbing konsumen dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi dan bisa anda selesaikan dengan produk yang anda miliki.

Sehingga konten yang anda sajikan haruslah menghibur, memberikan edukasi, menginspirasi, tergantung dari buyer journey yang mereka hadapi :

  • Awareness : di bagian awal ini, anda akan membangun kesadaran dan kepercayaan konsumen dengan memberikan konten hiburan seperti kuis, edukasi, serta freebies.
  • Consideration : setelah melewati fase awareness, maka konsumen mulai mengenal produk anda, sehingga anda perlu membuat mereka selalu memikirkan dan mengingat brand dan produk yang anda jual. sehingga anda bisa mengunggah konten behind the scene, atau tanya jawab yang menjawab berbagai pertanyaan konsumen.
  • Decision : pada kuartal waktu tertentu, sebuah brand akan meluncurkan berbagai produk terbaru yang sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen, maka anda perlu mempromosikannya secara masif agar konsumen tertarik untuk mencoba produk yang anda jual dibandingkan barang yang sama dari kompetitor lain.
YdttsKRQ5KckdnAKQhcg

Manfaatkan Kalender Konten 

Setelah menentukan tujuan promosi di Instagram, maka inilah saatnya menjadwalkan konten yang akan anda unggah di Instagram.

Guna membantu rencana tersebut maka penggunaan kalender konten bisa dimanfaatkan untuk mengunggah konten instagram yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Namun, dalam penentuan kalender konten, anda harus melakukan penandaan pada hari-hari khusus, diantaranya adalah :

  • Tanggal peluncuran produk atau layanan terbaru.
  • Tanggal pelaksanaan event pribadi atau kolaborasi.
  • Diskon di waktu tertentu.
  • Jadwal unggah konten.

Dalam penulisan di kalender konten instagram, anda sebaiknya mengusulkan beberapa ide konten instagram yang berfokus pada tujuan promosi anda.

Anda juga perlu bersiap-siap untuk meluangkan waktu apabila diminta untuk memposting berbagai jenis konten saat mengadakan atau mengikuti acara besar.

Contohnya adalah anda mungkin akan membuat konten reminder secara terus menerus untuk mengingatkan konsumen mengenai acara yang akan anda buat.

Tidak hanya itu, anda juga akan diminta membuat postingan yang mampu meningkatkan minat konsumen untuk mengunjungi event tersebut.

Di hari event tersebut berlangsung, maka anda akan diminta untuk mengunggah konten story secara konstan agar konsumen mengetahui setiap jalannya acara yang berlangsung.

Penggunaan template konten juga dapat membantu agar anda tidak perlu susah payah mengedit dan hanya perlu menempelkannya pada template yang telah anda buat sebelumnya.

Tidak berhenti sampai situ saja, dalam membuat content plan instagram, maka anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantanya adalah :

  • Frekuensi mengunggah konten yang disesuaikan dengan waktu aktif konsumen agar postingan anda tetap berada di bagian atas halaman instagram.
  • Anda juga bisa melihat waktu aktif konsumen dengan melihat pada instagram insight atau memperkirakan kapan waktu konsumen membuka akun instagram.
  • Gunakan juga instagram schedule tools yang akan mengunggah konten anda secara otomatis di waktu yang telah ditentukan. Anda bisa menggunakan layanan gratis dari Creator studio atau menggunakan website social media manager dengan membayar biaya berlangganan dalam jangka waktu tertentu.
Djw2Yj2QSr6L94nEAeJm

Ketahui Target Konsumen

Bagian paling penting dalam melakukan content plan instagram adalah mengetahui siapa yang akan anda ajak bicara dan menjadi target konsumen.

Hal ini dilakukan mengingat Instagram memiliki jutaan pengguna yang tentunya memiliki keinginan, kebiasaan, serta latar belakang berbeda yang tentunya akan memengaruhi pilihan dalam mengikuti sebuah akun instagram brand atau kreator.

Guna mengetahui target konsumen yang akan anda tuju, maka kreator bisa masuk ke kolom followers dan melihat siapa saja yang mengikuti akun anda, apakah sebagian besar terdiri dari laki-laki atau berasal dari kalangan anak muda?

Anda bisa melakukan analisa dengan melakukan klik pada instagram bio mereka secara acak, dan melihat kegaitan yang mereka lakukan atau minat yang disukai dengan melihat deskripsi di bio instagram.

Guna menghemat lebih banyak waktu, anda juga bisa menelusurinya dengan masuk ke halaman instagram insight, dimana anda dapat melakukan analisa konsumen melalui berbagai data yang disajikan, seperti : rata-rata usia, gender, serta lokasi yang akan membantu anda mengetahui jenis konten yang sesuai.

Pada halaman tersebut, anda bisa melakukan analisa audience dan melihat siapa saja yang melakukan interaksi dengan akun instagram anda.

92M1jsyPQDyKA28IaHuf

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengakses halaman Facebook Business Manager dimana anda bisa menganalisa konsumen sekaligus melakukan penjadwalan konten melalui creator studio.

Selain itu, anda juga bisa melakukan interaksi yang lebih menyenangkan dengan pengikut anda sekaligus menambah konsumen baru dengan melakukan kolaborasi bersama Instagram influencer yang memiliki minat yang sama.

Dimana anda bisa mengadakan challenge tertentu yang berkaitan dengan produk anda, misalnya melakukan tantangan menggunakan masker wajah setiap hari untuk memperoleh kulit wajah yang cerah maksimal.

Agar tantangan tersebut semakin seru, maka anda bisa menggunakan instagram branded hashtag khusus dimana pengikut anda bisa mengunggah kegiatan menggunakan masker wajah setiap hari menggunakan tagar tertentu.

Anda juga bisa memberikan hadiah bagi pengikut yang rajin melakukan challenge tersebut dan mendapatkan interaksi tertinggi dengan hadiah yang menarik hati.

Melakukan promosi yang maksimal menggunakan Instagram ads juga bisa anda lakukan agar semakin banyak orang yang mengikuti challenge tersebut dengan menargetkan konsumen yang sesuai.

Pantau Kinerja Konten Instagram 

Bagian paling penting dalam membuat content plan instagram adalah memastikan bahwa setiap strategi yang anda lakukan sudah tepat guna dan sudah sesuai dengan tujuan yang anda inginkan.

Pemantauan yang tepat tentunya akan menjadi tolak ukur kesuksesan content plan instagram, dimana instagram insight akan memperlihatkan konten yang memikat konsumen anda, sehingga mereka tertarik untuk melakukan interaksi serta optimasi konten instagram.

Beberapa pengukuran dalam instagram insight yang perlu anda ketahui diantaranya adalah : pertumbuhan jumlah pengikut, lokasi pengikut, engagement rate, CTR rate, instagram feed rate, serta instagram story rate.

Sumber :

How to Create an Instagram Content Plan for Your Business : Social Media Examiner

How to Plan Instagram Content: 8 Tips for Captions, Stories, & More! (later.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.